Pembangunan Sport Centre Padang Panjang Dimulai, Satu Lagi Program Unggulan Wako Fadly Amran Jalan

  • Bagikan

INILAH Maket Sport Centre Padang Panjang yang akan dibangun. Selain dipersiapkan untuk Porprov 2023, Sport Centre juga dijadikan pusat pembinaan atlit sekaligus mendukung wisata olahraga. (Foto : kredit kominfo Padang Panjang)

PADANG PANJANG – Satu program unggulan Walikota Panjang yakni pembangunan fasilitas olahraga terpadu (Sport Centre) yang lokasinya berada dibelakang Kantor Dinas Pendidikan, Nagari Gunung, akhirnya terwujud juga.

 

Proses pelelangan proyek sarana olahraga terpadu ini akhirnya selesai juga dilaksanakan, dan tidak akan lama lagi akan dimulai pengerjaan fisiknya.

 

Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (PPO) sebagai pengguna jasa proyek, dikabarkan telah menandatangani kontrak kerja proyek senilai Rp70 miliar tersebut.

“Alhamdulillah, panitia lelang sudah menetapkan pemenang lelang sport centre yakni PT Tureloto Batta Indah (TBI) dan kami sudah melakukan penandatangan kontrak dengan perusahaan yang bersangkutan. Dengan demikian pelaksanaan pembangunan SC sudah bisa dimulai,” ujar Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Padang Panjang Drs. Maiharman sebagaimana dikutip dari situs berita Dinas Kominfo Padang Panjang, Senin (3/10/2022).

Menurut penjelasan Maiharman, pembangunan Sport Centre sudah akan dimulai 10 Oktober 2022 dan diperkirakan selesai 4 Oktober 2023 atau memakan waktu 330 hari kerja.

Pekerjaan fisik meliputi land clearing, Pembangunan satu gedung serbaguna dan venue skateboard, lapangan volley, basket, dan panjat tebing.

“Skema pembiayaan pembangunan Sport Centre multiyears atau tahun jamak dengan total areal keseluruhan 5,7 hektar,” jelas Mai, panggilan akrab Maiharman.

Pembangunan fasilitas olahraga terbesar dan termahal di Padang Panjang ini, selain merupakan program unggulan Walikota Padang Panjang, juga merupakan sarana pendukung Pekan Olahraga Propinsi (Poprop) Sumbar 2023.

Awalnya Kota Padang Panjang menjadi tuan rumah bersama Kabupaten Tanah Datar, tetapi karena mundur, Padang Panjang akhirnya tandem dengan Kota Padang Panjang.

Semula pembangunan Sport Centre sudah bisa diproses pada tahun 2021 dengan pertimbangan selesai 2022. Namun karena banyak persoalan diseputar lahan dan penganggaran, maka lelang terundur pada 2022 dan diperkirakan selesai 2023 mendatang.

Pengunduran jadual pembangunan membawa implikasi terhadap penyiapan venue olahraga yang menjadi tanggungjawab Pemko Padang Panjang.

SIMAK JUGA :  Bawaslu Kekurangan Tim Pengawasan, Pers Diminta Berpartisipasi Aktif

Jadual Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) sudah diputuskan 29 Juli-8 Agustus 2023. Sementara kontrak pembangunan sport centre baru tuntas 330 hari sejak 10 Oktober 2022.

Tetapi Maiharman optimis pembangunan venue panjat tebing dan gedung serbaguna untuk cabang beladiri pada event itu bisa diburukan selesai sebelum Poprov dimulai.

“Sarana untuk Porprov 2023 diprioritaskan bisa selesai menjelang event akbar itu,” tegas Mai.

Jadi Icon Padang Panjang

Pembangunan sarana olahraga terpadu Padang Panjang selain merupakan kebutuhan mendesak bagi penyiapan venue Poprop, sekaligus juga merupakan penyiapan fasilitas dan sarana bagi pembinaan atlit asal kota Padang Panjang dan kota tetangganya.

Selain itu, ke depan, Sport Centre akan menjadi Icon baru bagi daerah kota Padang Panjang, seperti jamaknya Islamic Centre yang kini menjadi pusat kegiatan bernuansa keagamaan.

Sport Centre nantinya akan diramaikan oleh warga masyarakat Padang Panjang dan warga asal kabupaten kota lain di Sumbar sebagai daerah tujuan week end olahraga.

Boleh jadi nantinya, fasilitas yang dimiliki oleh Sport Centre Padang Panjang ini akan menjadi pusat kumpulan kegiatan dari berbagai lapisan masyarakat di Sumbar.

Oleh sebab itu, pengelola Sport Centre ke depannya harus menerapkan manajemen kegiatan internal dan eksternal sehingga akan terus ramai setiap hari dan setiap hari pekannya.

Perkembangan Sport Centre yang terletak di Kenagarian Gunuang ini akan membawa implikasi positif terhadap peningkatan pendapatan masyarakat setempat, terutama dari usaha kuliner dan lain sebagainya.

Sport Centre juga menjadi kado terindah yang ditinggalkan Walikota Fadly Amran dan wakilnya Asrul yang akan mengakhiri masa jabatannya Oktober 2023 mendatang.

“Saya berharap pembangunan Sport Centre akan dapat membantu peningkatan kualitas atlit dan pencapaian posisi lebih baik pembinaan olahraga semua cabang di semua tingkatan pertandingan, baik skala daerah maupun nasional,” ujar Walikota Padang Panjang Fadly Amran.

Fadly juga berharap Sport Centre akan menjadi motor pendorong perkembangan wisata olahraga di Padang Panjang yang sudah dapat dipastikan akan memberi pengaruh terhadap peningkatan PDRB Padang Panjang ke depannya. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *