NAH, Ini dia Hongqi. Limusin Pakaian Presiden China Xi Jinping di Bali, Beratnya 3.150 Kg

  • Bagikan

HARIANINDONESIA.ID ‐ Sama seperti Presiden Amerika Serikat Joe Biden, Presiden China Xi Jinping juga membawa mobil kepresidenan sendiri selama kunjungannya ke Bali untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Mobil itu diduga Hongqi N701, limosin khusus yang dibuat di China.

Hongqi merupakan merek mobil mewah China yang dimiliki produsen otomotif FAW Car Company, anak perusahaan FAW Group. Hongqi diluncurkan pada 1959, menjadikannya merek mobil penumpang tertua di Tiongkok.

Secara desain, N701 berbeda dari sedan besar Hongqi L5 yang punya tampilan lebih lawas karena mengadopsi lampu utama berbentuk bulat.

L5 sebelumnya sempat ditumpangi Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke China beberapa waktu lalu.

Dari tampilan depan, N701 ini mempunyai grill besar berbentuk kotak yang diapit lampu utama dengan ujung melancip. Aksen krom terpasang pada mobil ini yang tentunya memberikan kesan mewah.

Mobil ini tampaknya memiliki panjang lebih dari lima meter.
Sebagai perbandingan, L5 panjangnya 5,55 meter, lebarnya lebih dari dua meter, tinggi 1,5 meter, dan jarak sumbu roda 3,4 meter. Nampaknya ukuran antara L5 dan N701 tak jauh berbeda.

Sebagai gambaran Mercedes-Maybach S600 yang saat ini digunakan sebagai mobil dinas Jokowi di Indonesia hanya memiliki panjang 5,2 meter.

Mobil ini juga sangat berat, bahkan dalam bentuk sipil tanpa lapis baja. Beratnya 3.150 kilogram, sementara S600 hanya 2.390 kilogram.

Sementara pada kapnya N701 tersemat ornamen Hongqi (Bendera Merah), begitu juga di fender bagian depan.

N701 merupakan nama kode. Nama sebenarnya belum diketahui, dan mungkin tidak akan pernah diungkap secara rinci.

Hongqi hanya akan membangun 50 unit selama 10 tahun ke depan bakal N701 dan spesifikasinya jelas dirahasiakan. Tapi di bawah kap mesin ada dugaan menggunakan dapur pacu V12 atau V8 dengan sistem turbo.

SIMAK JUGA :  Presiden China Ingatkan Joe Biden Jangan Kelewat Batas Soal Taiwan, Xi Jinping : Ini Batas Pertama Bilateral Kita!

Lalu belakang mobil ini dilengkapi dengan dua pipa knalpot, dan ada antena sirip hiu di atap, dan jendela dengan ukuran besar.

Karena ini digunakan oleh pimpinan negara, dugaan kuat jelas jika mobil ini telah menggunakan bodi lapis baja serta kaca anti peluru. Bisa jadi pelindung lain khas mobil kenegaraan juga digunakan pada Hongqi N701. (*)

Sumber : CNN Indonesia

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *