Mengintip Ketatnya Pengawalan dan Keunggulan The Beast, Mobil Dinas Joe Biden di KTT G20 Bali

  • Bagikan

The Beast merupakan mobil pengamanan Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk KTT G20 yang dirancang dari sasis truk dan beratnya sekitar 9 ton. (Foto: kredit Getty Images via AFP/CHRIS GRAYTHEN)

HARIANINDONESIA.ID : Sebuah video yang dirilis sebuah akun lokal di Bali sempat memperlihatkan besar dan ketatnya pengawalan terhadap mobil The Beast yang ditumpangi Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan rombongan.

Rombongan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sempat terekam kamera ketika melintas di salah satu persimpangan jalan di Bali.

Iring-iringan dalam acara KTT G20 ini terdiri dari puluhan mobil dan sejumlah sepeda motor sebagai pengawalan.

Video yang memperlihatkan rombongan Biden ini diunggah pada akun Youtube bernama Dunianya Bali. Tertulis pada postingan bahwa Biden akan bertolak ke titik penginapannya, yaitu Hotel Kempinski Bali.

Limosin The Beast Pengawal Biden di Bali Antibom dan Bawa Kode Nuklir
Rombongan Biden ini terdiri dari beragam rangkaian kendaraan mulai dari mobil pengawalan inti berupa SUV besar berkelir hitam yang kemungkinan dibawa langsung dari AS.

Lalu ada sejumlah mobil listrik ikut dalam pawai tersebut, di antaranya Hyundai Ioniq 5, Genesis G80 dan Lexus UX300e.

Kemudian terdapat beberapa mobil lain yang turut serta pada rombongan seperti Toyota Land Cruiser, Toyota Hiace, Toyota Fortuner, dan Mitsubishi Pajero Sport.

The Beast, limosin kepresidenan Biden dengan spesifikasi antipeluru dan antibom terlihat berada di tengah rombongan itu. Ada dua unit The Beast yang terlihat dalam video itu.

The beast diketahui merupakan limosin kelas berat yang sudah cukup dikenal sebagai kendaraan utama bagi orang nomor satu di negeri Paman Sam. Mobil ini dibangun menggunakan spesifikasi pesanan Secret Service dan kodenya Stagecoach.

Jika ditotal, mobil yang hadir dalam rombongan Biden ini mencapai 40 unit, dan itu belum termasuk pengawal yang menggunakan motor listrik Energica EsseEsse 9+ dan Zero DSR Police.

Biden menjadi salah satu pemimpin negara yang membawa sendiri mobil dari negara asal sebagai perlindungan tambahan pada acara KTT G20.

Mobil ini tiba di Bali lebih dulu dan menyambut kedatangan Biden usai turun dari Pesawat Air Force One di Terminal VVIP Bandara I Gusti Ngurah Rai sekitar pukul 22.14 WITA.

Penggunaan The Beast dipahami sebagai perlindungan tambahan Biden selama wara-wiri di Pulau Dewata pada perhelatan G20 yang digelar 15-16 November 2022.

SIMAK JUGA :  Pembebasan PPnBM 100 Persen Mobil diperpanjang hingga Agustus 2021

Sekretariat Negara sebelumnya mengatakan pemerintah menyediakan mobil antipeluru buat pengawalan kepala negara selama KTT G20, tetapi disebut jumlahnya terbatas. Negara yang memesan mobil antipeluru lebih cepat dikatakan bisa mendapatkan lebih dulu, sedangkan lainnya direkomendasi membawa mobil antipeluru sendiri.

Walau begitu AS nampaknya terlalu pusing untuk urusan itu lantaran The Beast memang kerap dibawa dan menjadi protokoler presiden AS ketika berkunjung ke berbagai negara.

Spesifikasi The Beast

Berbicara soal The Beast, limosin kelas berat ini memang sudah cukup dikenal sebagai kendaraan utama bagi orang nomor satu di negeri Paman Sam. Mobil ini dibangun menggunakan spesifikasi pesanan Secret Service dan kodenya Stagecoach.

The Beast versi terkini tidak lagi menggunakan basis produk komersial yang ada di AS. Terakhir kali kendaraan lapis baja Presiden berbasis mobil yang bisa dibeli di dealer pada 2001.

Ketika itu Presiden Bill Clinton menggunakan Cadillac Fleetwood yang dimodifikasi penuh.

Sedangkan The Beast berlogo Cadillac yang digunakan Biden dibangun menggunakan sasis truk GMC Top Kick.

Majalah otomotif Road and Track menyebutkan mobil ini sangat berat, yakni 20 ribu pound atau setara sekitar 9 ton.

Hal ini masuk akal sebab mobil sudah dilengkapi kaca 5 inci yang tidak bisa dibuka dan pintu 8 inci. Pintu ini beratnya dikatakan sama seperti pintu pesawat penerbangan komersial.

Detail fitur mobil ini tak pernah diungkap Secret Service dengan alasan keselamatan, namun ada beberapa hal umum yang lumrah diketahui khalayak.

Misalnya mobil memiliki kemampuan penglihatan malam, dapat mengeluarkan asap dan minyak untuk mengacaukan pihak yang ingin mengejarnya.

Lalu ada terapan titanium, keramik, dan pelat antibom yang dipasang di bagian bawah.

Mesin untuk The Beast diduga diesel 5.000 cc. Ini dipilih lantaran bahan bakar diesel tak mudah terbakar meski pada situasi kondisi sedang baku tembak.

Selain itu The Beast menyimpan suplai darah sesuai golongan darah presiden, lengkap dengan defibrilator dan perlengkapan darurat lainnya. Mobil ini juga sangat kedap dan tertutup rapat. Namun di kabin terdapat speaker sehingga penumpang dapat mendengar apa yang terjadi di luar. (*)

Sumber : Cnn Indonesia
Editor : Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *