Joe Biden Bawa Berkah Rp38 Triliun ke Indonesia

  • Bagikan

Delegasi pengusaha Indonesia yang dipimpin Ketua Umum Kadin Indonesia Arsyad Rasyid di forum B20 KTT G20 di Bali. Hadir juga Ketua Umum Kadin Sumbar Buchari Bachter (paling kanan). (Foto : kredit BB)

BALI (Harianindonesia) : Kedatangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden dalam pertemuan tingkat tinggi kepala negara G20 di Bali, 14-15 Nopember membawa berkah bagi Indonesia.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dilaporkan membawa investasi senilai US$2,5 miliar atau setara Rp38,82 triliun yang merupakan perjanjian antara exxonmobil dengan pihak Pertamina.

Pengumuman rencana investasi Amerika di Indonesia ini, bertepatan dengan kehadiran Joe Biden di KTT G20 di Bali.

Investasi yang dilakukan AS berbentuk kesepakatan antara ExxonMobil dengan Pertamina. Kerja sama akan menilai lebih lanjut pengembangan pusat penangkapan dan penyerapan karbon regional di Indonesia.

Berdasarkan laporan kantor berita Reuters, kerja sama ini bakal membuat sektor-sektor di industri utama melakukan dekarbonisasi. Beberapa sektor tersebut antara lain, penyulingan, bahan kimia, semen, dan baja.

Penurunan emisi karbon dalam investasi AS ini juga diklaim bakal memastikan peluang ekonomi bagi para pekerja Indonesia serta membantu cita-cita RI mencapai net-zero emisi pada 2060 atau bahkan lebih cepat.

Studi bersama yang dilakukan Pertamina dan ExxonMobil ini dilaporkan telah menemukan potensi kapasitas penyimpanan karbon sebesar 1 miliar ton di ladang minyak dan gas milik Pertamina. Kawasan itu disebut bisa menyimpan emisi RI secara permanen selama 16 tahun ke depan.

Selain itu, AS dan Indonesia juga sepakat untuk meluncurkan program Millennium Challenge Corporation (MCC) senilai US$698 juta untuk membantu mendukung pengembangan infrastruktur transportasi sadar iklim di lima provinsi RI serta tujuan pengembangan lainnya.

Rincian dana dalam kerja sama program MCC tersebut adalah US$649 juta disumbang oleh AS dan US$49 juta sisanya dikucurkan oleh Pemerintah Indonesia. (*)

SIMAK JUGA :  Pabrik Aqua di Cicurug Sukabumi Terendam Banjir, Aqua Berhenti Produksi

Sumber : Reuters, CNBC Indonesia
Editor : Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *