Sumbar Gelar Promosi, Festival Kuliner dan Pagelaran Seni Budaya Minang di Hotel Borobudur Satu Bulan Penuh

  • Bagikan

JAKARTA (Harianindonesia.id)

Pemerintah Propinsi Sumatera Barat menggelar festival kuliner dan pagelaran seni budaya Minang di Hotel Borobudur Jakarta selama satu bulan penuh di bulan Oktober mendatang.

Bagi masyarakat Minang yang berada di Jakarta ini merupakan kesempatan terpanjang untuk mendapatkan dan mencicipi masakan khas tradisional asal Minang, sekaligus menyaksikan penampilan sejumlah kesenian tradisi seperti Saluang dan kesenian Minang tradisi lainnya.

“Acara akan kita mulai pada tanggal 1 Oktober sampai akhir bulan Oktober. Setiap pekannya kita menampilkan kuliner dan kesenian tradisi Minang. Silahkan warga Minang di Jabodetabek datang. Sebab terbuka untuk umum,” ujar Kepala Badan Penghubung Pemprop Sumbar di Jalarta, Aschari Cahyaditama kepada wartawan di Jakarta, Jumat (15/9/2023).

Selama satu bulan penuh itu, kata Ari panggilan akrab Kaban Penghubung Pemprop Sumbar ini, setiap hari akan ada even promosi pariwisata, investasi, UMKM dan Ekraf Sumbar di beberapa titik dalam kawasan hotel.

Sementara festival kuliner dan kesenian tradisional Minangnya akan ditampilkan setiap pekan atau hari Sabtu mulai tanggal 7 Oktober hingga 14, 21 dan 29 Oktober 2023 dengan menggunakan sejumlah tempat di dalam dan luar kawasan hotel.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah setelah penandatanganan MoU promosi Sumbar dengan manajemen hotel Borobudur, Kamis (14/9/2023), sempat dibawa oleh Karina, direktur komunikasi Hotel Borobudur untuk melihat langsung tempat festival kuliner UMKM dan pentas seni Sumbar tersebut.

Pada prinsipnya, kata Karina, pagelaran festival kuliner dan kesenian tradisional Minang selama satu bulan penuh itu akan ditempatkan pada titik kumpul para tamu hotel Borobudur.

“Jadi mereka yang bukan orang Minang pun bisa menikmati kelezatan kuliner Minang dan menyaksikan penampilan kesenian tradisional Minang tersebut,” papar Karina.

SIMAK JUGA :  Masuk Usia 50 Tahun, Hotel Borobudur Sediakan Fasilitas Promosi dan Kesenian Daerah Selama Satu Bulah Penuh

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Hotel Borobudur I Nyoman Sudimantra sebelum penandatangan MoU kepada Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah mengatakan bahwa bulan promosi Sumbar ini juga akan dimanfaatkan manajemen hotel untuk menggaet tamu asal perantau Minang.

“Ya semacam multiflier effect lah pak Gubernur. Para perantau Minang yang datang pada acara Discover Sumbar ini akan kami gaet untuk menjadi tamu hotel, termasuk tentunya dari para pejabat Sumbar yang berdinas ke Jakarta, tentu juga kami gaet akan menginap disini,” papar I Nyoman Sudimantra.

Ari menambahkan performance kuliner UMKM dan kesenian tradisional Minang yang akan ditampilkan selama empat pekan di Hotel Borobudur masih disusun oleh tim Pemprop Sumbar.

“Tetapi intinya, semua masakan khas Minang akan kita tampilkan, termasuk kesenian tradisi. Untuk bocoran saja, kita juga akan tampilkan Saluang pada satu pekan pagelaran kesenian itu. Sisanya nanti kami jelaskan pada saat pembukaan tanggal 1 Oktober 2023 nanti,” pungkas Sumando orang Pariaman ini. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *