Promosi Sumbar di Hotel Borobudur, Mahyeldi Yakinkan Mandeh Lebih Indah dari Raja Ampat

  • Bagikan

GUBERNUR Sumbar H Mahyeldi Ansharullah didampingi direktur eksekutif Hotel Borobudur I Nyoman Sudimantra sedang memberikan penjelasan kepada wartawan saat Talk Show usai meresmikan Program Discover West Sumatera kerjasama dengan Hotel Borobudur, Sabtu (7/10/2023). (Foto : Awe/HI)

JAKARTA,Harianindonesia.id

Kolaborasi Pemerintah Propinsi Sumatera Barat melalui kantor penghubung di Jakarta bersama sejumlah OPD dengan Hotel Borobudur Jakarta, menghasilkan satu paket promosi berstandar internasional bernama Discover West Sumatera.

Program promosi potensi dan investasi daerah Sumbar di Hotel Borobudur selama satu bulan penuh dari tanggal 1 hingga 31 Desember 2023 itu diresmikan oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, Sabtu (7/10/2023).

“Ini adalah event promosi investasi, pariwisata, perdagangan, UMKM dan kesenian daerah Sumatera Barat hasil kolaborasi sejumlah OPD di Propinsi Sumatera Barat,” ujar Kepala Badan Penghubung Propinsi Sumbar di Jakarta, Aschari Cahyaditama dalam laporannya di depan Gubernur Mahyeldi saat peresmian Discover West Sumatera di Hotel Borobudur.

Peresmian Discover West Sumatera di Hotel Borobudur dihadiri langsung oleh Kepala Dinas terkait kolaborasi acara yakni Kadis Pariwisata Luhur Budianda, Kadis Koperasi dan UMKM Endrizal, Kadis Perindag Novrial dan Kadis Kebudayaan Syaifullah.

Turut hadir Kepala Biro Adpim Mursalin dan Ketua Kadin Sumbar Ir Buchari Bachter M, Ketua PHRI Sumbar Rina Pangeran, WKU OKK Kadin Sumbar Arlin, dan segenap tokoh organisasi perantau Minang di Jakarta.

Ada sejumlah aktifitas yang dilakukan dalam program promosi di hotel tertua berbintang lima di kawasan Jakarta ini. Diantaranya adalah pembukaan stand Pengusaha UMKM dari berbagai jenis usaha, penyajian kuliner asal Sumbar di restoran hotel setiap harinya, pertunjukan kesenian tradisional Minang di setiap akhir pekan, dan bisnis matching antara pengusaha dengan pihak Pemprop Sumbar.

“Intinya, adalah satu bulan penuh ini Hotel Borobudur adalah milik Pemprop Sumbar. Silahkan datang untuk melihat sajian makanan, kesenian dan produk UMKM asal Sumbar,” timpal Gubernur Sumbar H Mahyeldi Ansharullah saat menyampaikan sambutan peresmian Discover West Sumatera.

Ditegaskan Gubernur Mahyeldi, bahwa program promosi daerah Sumbar di Hotel Borobudur merupakan rangkaian dari usaha mempromosikan potensi daerah Sumbar, termasuk sektor pariwisata kepada pihak luar.

“Untuk mendorong promosi pariwisata Sumbar kami telah meluncurkan program West Sumatera Beautiful Visit pada awal tahun ini. Dan alhamdulillah arus kunjungan wisatawan nasional dan internasional ke Sumbar sudah meningkat,” ujar Mahyeldi.

Dinas Pariwisata Sumatera Barat melalui program West Sumatera Beautiful Visit menargetkan kunjungan wisatawan ke Sumbar sebanyak 8 juta orang. Sampai akhir September 2023 sudah terealisasi sebanyak 6,2 juta orang wisatawan.

“Kami optimis target kunjungan wisatawan ke Sumbar sebanyak 8,2 juta orang akan tercapai. Sebab kecenderungan kunjungan wisatawan menjelang Desember mendatang akan meningkat tajam,” papar Mahyeldi yakin.

Pada kesempatan momentum diliput oleh sejumlah media dan televisi nasional Mahyeldi yang didampingi sejumlah asisten dan OPD Pemprop Sumbar, serta Ketua Kadin Sumbar Ir Buchari Bachter MT, untuk pertama kali Mahyeldi menyebut bahwa objek wisata Sumbar jauh lebih bagus dibandingkan Raja Ampat di Papua sekalipun.

“Sulit bagi saya untuk menyampaikan dengan kata kata. Tapi yang pasti, dibandingkan dengan objek wisata Raja Ampat di Papua, objek wisata Mandeh dan Desa Terindah Pariangan, masih jauh lebih indah. Kalau tidak percaya silahkan datang dan saksikan sendiri,” ujar mantan Walikota Padang yang baru satu periode menjadi Gubernur Sumbar ini.

SIMAK JUGA :  Di Istana Semua Orang Memikirkan Bangsa, Ali Mochtar Ngabalin : Subhanallah

Menurut Mahyeldi kedua objek wisata andalan Sumbar itu kini menjadi sasaran tujuan dari turis mancanegara terutama dari Singapura dan Malaysia. Di kawasan ini sudah tersedia fasilitas inapan dari berbagai kelas dan segmen inapan.

“Turis asal Australia lebih banyak berkunjung ke Mentawai. Sebab disitu terdapat arena surfing berstandar internasional,” jelas Ketua PKS Sumbar ini.

Dalam kaitan menunjang pengembangan fasilitas transportasi udara ke Pulau Mentawai, papar Mahyeldi, dalam waktu dekat akan diresmikan pengoperasian Bandara Rokot setelah menjalani peningkatan kapasitas.

“Dengan penambahan panjang landasan pacu dan peningkatan sarana Bandara Rokot, Mentawai akan mampu melayani pesawat berbadan lebar atau dengan kapasitas penumpang sampai 80-an dari sebelumnya hanya jenis pesawat berpenumpang 20 orang,” ujar Mahyeldi.

Diluar itu, sebut Mahyeldi, dari 902 Nagari di Sumatera Barat terdapat sebanyak 540 Nagari yang telah memiliki objek wisata sendiri, sesuai dengan potensi nagari masing masing, yang bisa juga dijelajahi para wisatawan saat berkunjung ke Sumbar.

Dengan mengungkapkan potensi objek wisata di ratusan nagari itu menjadikan daerah Sumbar sebagai salah satu propinsi di Indonesia yang memiliki alternatif dan tujuan wisata terbanyak di Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama, Gubernur Mahyeldi juga memandang penting dan strategis penyelenggaraan event promosi Sumbar di Hotel Borobudur selama satu bulan penuh itu.

“Dengan event promosi investasi, pariwisata dan seni budaya ini memberikan kesempatan bagi warga perantau Minang untuk datang mencicipi aneka kuliner dan penampilan kesenian tradisional Minang di Hotel Borobudur,” papar Mahyeldi.

Kaban Penghubung Pemprop Sumbar Aschari Cahyaditama menambahkan bawa pagelaran kesenian Minang dapat disaksikan setiap akhir pekan di Hotel Borobudur hingga minggu terakhir Oktober 2023 ini.

Sementara itu, promosi produk UMKM asal Sumbar dapat dikunjungi setiap hari di Hotel Borobudur mulai dari lobby utama hingga pintu belakang dekat parkir Hotel Borobudur.

Promosi produk UMKM ini dibagi habis untuk semua UMKM dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar. Masing masing UMKM mendapatkan jatah waktu berpromosi masing masing selama tiga hari di Hotel Borobudur.

Tak lupa, Gubernur Sumbar Mahyeldi mengucapkan terimakasih kepada pihak Hotel Borobudur yang telah menyediakan waktu sangat panjang selama satu bulan penuh untuk mempromosikan semua potensi daerah Sumbar.

Direktur Eksekutif Hotel Borobudur I Nyoman Sudimantra menambahkan bahwa program Discover bagi daerah merupakan apreasiasi Hotel Borobudur yang pada tahun 2023 ini genap berusia 50 tahun.

“Sebagai salah satu hotel bintang 5 tertua di Jakarta, dalam peringatan HUT ke 50 ini memberikan sumbangsihnya untuk pengembangan promosi dan pertunjukan kesenian dan budaya nasional yang ada di daerah, termasuk dari Sumbar,” ujar Sudimantra.

Dia berharap paket Discover West Sumatera di Hotel Borobudur juga berdampak terhadap kunjungan para pejabat Pemprop Sumbar ke depannya, selain bentuk kegiatan di hotel lainnya. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *