Wako Fadly Amran Terima Penghargaan Nirwasita Tantra 2020

  • Bagikan

PADANG PANJANG — Wali Kota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano menerima penghargaan Green Leadership “Nirwasita Tantra 2020” kategori Pemerintah Daerah Kota Kecil dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia.

Sekretaris Jenderal KLHK, Dr. Ir. Bambang Hendroyono, MM dalam sambutannya mengatakan, pemberian penghargaan “Nirwasita Tantra 2020” ini, merupakan rangkaian kegiatan memperingati hari Lingkungan Hidup se-Dunia yang jatuh pada 5 Juni lalu.

“Nirwasita Tantra merupakan penghargaan untuk kepala daerah yang berhasil merumuskan dan menerapkan kebijakan sesuai metodologi pembangunan berkelanjutan, guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya,” kata Bambang.

Bambang melanjutkan, melalui pemberian penghargaan Nirwasita Tantra, KLHK berharap akan terwujud pengelolaan lingkungan hidup yang semakin baik di daerah, sehingga kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

“Dasar pemberian penghargaan ini, dinilai dari Dokumen Informasi Kinerja Pengelolaan Lingkungan Hidup Daerah (DIKPLHD) yang disusun setiap tahun oleh provinsi, kabupaten/kota. DIKPLHD disusun tim yang dibentuk kepala daerah, yang keanggotaannya melibatkan unsur-unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, perguruan tinggi, dan lembaga masyarakat,” sebutnya.

Penyerahan penghargaan bergengsi tersebut, dilakukan secara virtual melalui Zoom Meeting yang diikuti Wako Fadly Amran didampingi Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Ir. Iriansyah Tanjung, Staf Ahli Bidang SDM dan Kemasyarakatan, Yas Edizarwin, SH, dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH), Wita Desi Susanti, ST di ruang VIP Balaikota, Selasa (15/6).

“Alhamdulillah. Berdasarkan penilaiaan KLHK kita kembali diberi penghargaan Nirwasita Tantra. Penghargaan ini berkat kerja nyata kita bersama dalam memperbaiki kualitas lingkungan hidup di Kota Padang Panjang,” ungkap Fadly.

Fadly mengungkapkan, penghargaan yang diterima tersebut berkat sejumlah inovasi yang dilakukan Disperkim LH dalam pengelolaan lingkungan sejauh ini.

SIMAK JUGA :  Kata-Kata Tan Malaka yang Mengguncang Dunia

“Kata kunci penerimaan penghargaan ini adalah inovasi yang kita lakukan. Alhamdulillah cukup banyak inovasi yang telah dilakukan Disperkim LH. Di antaranya, inovasi terkait prioritas lemahnya penegakan hukum, inovasi terkait isu prioritas pengelolaan sampah, inovasi isu prioritas pembangunan tidak ramah lingkungan,” tutur Fadly.

Fadly menambahkan, penghargaan yang diterima juga tidak lepas dari kerja sama yang telah terjalin, baik antara Pemko dengan DPRD selama ini. Serta dukungan anggaran kegiatan yang meningkat setiap tahunnya.

“Di samping itu, dukungan dari OPD dan stakeholder terkait, juga sangat berperan penting dalam meraih penghargaan Nirwasita Tantra 2020 ini,” katanya.

Terpisah, Wita Desi Susanti mengatakan, penerimaan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra ini, merupakan yang kedua kalinya diterima wali kota untuk kategori kota kecil. Hanya ada tiga kota di Indonesia yang masuk dalam kategori ini yakni, Kota Padang Panjang, Kota Bontang dan Kota Pariaman.

“Alhamdulillah, tahun ini meski ditengah pandemi Covid-19 Padang Panjang terus dibanjiri prestasi. Ini tidak lepas dari upaya dan dukungan kita bersama dalam membangun Kota Padang Panjang,” sebut Wita Desi Susanti. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *