Di Padang Panjang Ada Pasar Gentar, Penjual dan Pembeli “Bertetanggaan”

  • Bagikan

Walikota Fadly Amran bersama forkopimda dan Kacab Bank Nagari, Zulhendri, SE, sedang memotong pita tanda dibukanya Pasar Gentar Pasar Usang, Padang Panjang, Selasa (13/4/2021)

PADANGPANJANG – Sebuah terobosan ekonomi di bulan puasa dilakukan oleh Lembaga Pembangunan Masyarakat (LPM) Kelurahan Pasar Usang, Padang Panjang yakni membuat pasar dimana penjual dan pembelinya adalah mereka yang bertetanggan di kawasan itu.

Pasar yang diberi nama GENTAR atau singkatan dari Gerakan Belanja antar Tetangga ini dibuka secara resmi oleh Walikota Padang Panjang H. Fadly Amran, BBA Datuak Faduko Malano, Selasa (13/4/2021).

Usai meresmikan pasar Gentar, Wako Fadly Amran sempat berdialog dengan para pedagang

Pasar milik Kelurahan Pasar Usang yang berlokasi di Pasar Inpres Globe akan beroperasi selama sebulan penuh pada bulan suci Ramadhan dengan menghadirkan segala menu pabukoan untuk warga kota maupun masyarakat luar Kota Padang Panjang.

Wako Fadly Amran dalam sambutannya, mengapresiasi program LPM Pasar Usang bekerja sama dengan Kenagarian Bukit Surungan yang telah menyiapkan tempat untuk warganya yang ingin berjualan pabukoan ini.

“Melalui program seperti ini, esensi pemulihan ekonomi betul-betul terasa, bukan hanya melalui program program pemerintahnya saja tapi juga disongsong dari semangat masyarakat itu sendiri,” katanya.

Kepada pedagang, Fadly mendoakan supaya dagangannya bisa laris manis terjual. “Walaupun pada masa sulit seperti ini, tetapi melihat semangat bapak ibu semua, saya doakan dagangannya bisa laris manis dan dapat dipermudah di bulan yang berkah ini,” ucapnya.

Pengurus LMP Pasar Usang Foto Bareng dengan Wako Fadly Amran, usai peresmian Pasar Gentar.

Fadly menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan beberapa tenda untuk mensupport aktivitas jual beli (kuliner) masyarakat. Tenda tenda tersebut dibeli melalui dana DID (bantuan recovery ekonomi) dari pemerintah pusat.

SIMAK JUGA :  Orang LMAN Menolak Memberi Penjelasan Tentang Dana Lahan Sicincin Padang

“Jumlahnya ada sekitar 98 buah tenda yang tersebar di beberapa titik di Kota Padang Panjang. Di antaranya, Pasar Pusat, Pasar Kuliner, Pasar Usang ini, Islamic Center, Masjid Taqwa dan di beberapa tempat lainnya. Mudah-mudahan dengan hal ini, dapat men-support ekonomi lokal,” pungkasnya

Ketua LPM Pasar Usang, Muhammad Zico mengucapkan terima kasih kepada pemerintah kota melalui Dinas Perdagangan Koperasi UKM yang telah meminjamkan fasilitas tenda untuk masyarakat berjualan pabukoan di Kelurahan Pasar Usang ini.

“Tujuan pasar ini kami buat, salah satunya untuk meningkatkan perekonomian warga kami yang terdampak Covid-19. Insyaa Allah dengan program inisiatif dari LPM Pasar usang ini, dapat meningkatkan ekonomi warga,” ujarnya.

Turun hadir pada kesempatan tersebut, Kapolres yang diwakili Kapolsek, AKP. Pamuji, Kepala Cabang Bank Nagari Padang Panjang Zulhendri, SE, Ketua KAN Busur, Angku Datuak Bagindo Marajo dan kepala OPD terkait serta camat Padang Panjang Barat. (Rel/rifki)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *