OSO Dilantik Jadi Ketum Gebu Minang Kedua Kalinya di Hotel Mulia, Hadir 1000 Tokoh Minang dari Bakor dan IK se Jabodetabek

  • Bagikan

OESMAN SAPTA ODANG

JAKARTA – Pelantikan DPP Gebu Minang masa kepemimpinan kedua
Dr. H. Oesman Sapta Odang Datuk Bandaro Sutan Nan Kayo dilaksanakan di Hotel Mulia Jakarta, 18 September 2022 dihadiri 1000 tokoh Minang dari seluruh Bakor bakor dan IK IK se Jabodetabek.

“Selain itu pelantikan juga dihadiri Gubernur, Kapolda, Bupati, Walikota, dan LKAAM Se Sumbar. Hal ini menunjukan bahwa pelantikan ini sebagai bukti kebersatuan orang Minang di Gebu Minang,” jelas Syafrizal, Ketua Pelaksana Pelantikan Pengurus DPP Gebu Minang periode 2022-2027 via telepon selulernya, Kamis (15/9).

Menurut Syafrizal, pelantikan akan dimulai pagi hari sampai selesai siang dengan diisi dengan berbagai kegiatan, termasuk penyampaian sambutan dari Ketua Umum DPP Gebu Minang terpilih, Gubernur Sumbar dan tokoh Minang lainnya.

Pelantikan, lanjut Syafrizal, juga akan dihadiri oleh Ketua ketua DPW Gebu Minang dari 27 Propinsi dari 34 Propinsi yang ada.

“Kita harapkan setelah pelantikan sisa DPW Gebu Minang yang belum terbentuk dapat kita realisasikan. InsyaAllah ini sudah menjadi target pengurus yang akan dilantik,” ujar purnawan Jenderal Polisi ini meyakinkan.

Selain itu, tambah Syafrizal, pelantikan juga dihadiri oleh tokoh tokoh non Minang sebagai menunjukan sinergi antara Gebu Minang dengan tokoh entis non Minang.

Syafrizal menyebutkan bahwa momen pelantikan DPP Gebu Minang ini juga sebagai penyatuan semua elemen organisasi orang Minang yang ada di Jakarta.

“Saya sebutkan semua kelompok dan organisasi orang Minang yang ada di Jakarta sudah menyatu ke dalam Gebu Minang, sehingga saya sebutkan pelantikan ini sebagai kebangkitan orang Minang di rantau,” papar Syafrizal.

Gebu Minang juga akan eksis sebagai payung panji orang Minang di rantau dan ranah dengan menjalankan program aksi yang mudah untuk diwujudkan.

Selain itu, Gebu Minang juga menjadi entitas orang Minang dalam membangun sinergi dengan organisasi warga lain yang ada di Indonesia.

SIMAK JUGA :  Inikah Tiga Tokoh , yang Merancang Pertemuan Jokowi - Prabowo?

Data Profil OSO

Dr. H. Oesman Sapta Odang gelar adat Datuk Bandaro Sutan Nan Kayo., Karaeng I Mannuntungngi Daeng Marewa adalah seorang pengusaha dan politisi Indonesia asal Minangkabau, Sumatera Barat.

Menurut Wikipedia, politisi dan pengusaha nasional ini kelahiran 18 Agustus 1950 (72 tahun), Kecamatan Sukadana.

Dipanggil dengan nama singkatan OSO, memiliki istri bernama Serviati Oesman (m. 1972). Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat ini memiliki anak yakni Raja Sapta Oktohari, Putri Selaras Oesman, Raja Sapta Sermando.

Di susunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI tahun 2014-2019 ini, nama Oesman Sapta Odang terpilih untuk mendampingi Zulkifli Hasan. Pria asal Kalimantan Barat ini secara resmi dipilih sebagai Wakil Ketua MPR RI sejak tanggal 8 Oktober 2014.

Dilahirkan di Kalimantan Barat pada 18 Agustus 1950, Oesman adalah putra dari pasangan Odang dan Asnah Hamid yang merupakan pemilik jaringan OSO Group yang bergerak di bidang percetakan, pertambangan , air mineral, properti, perkebunan, perikanan, transportasi, komunikasi, dan perhotelan. Itulah sebabnya Oesman memiliki nama besar di dunia bisnis dan usaha Indonesia.

Tidak hanya itu saja, Oesman pun mulai tertarik untuk melirik dunia politik. Sehingga beliau mendirikan Partai Persatuan Daerah di tahun 2002. Selain itu, Oesman juga menjadi Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) tahun 2010 hingga ini.

Oesman pernah menjadi wakil ketua MPR RI periode 1999-2004 dan kemudian terpilih lagi untuk menduduki jabatan ini pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Karir

Wakil Ketua MPR RI (2014-2019)
Ketua Umum Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) (2010-Sekarang)
Ketua Umum Asosiasi Koperasi Kelapa Indonesia (2002-Sekarang)
Ketua Umum Pengurus Pusat KKI (2002-2011)
Ketua Umum DPP Partai Persatuan Daerah (2002-2004)
Wakil Ketua MPR RI (1999-2004)
Ketua Kadin Daerah Provinsi Kalimantan Barat (1998-2004)
Komisaris Lion Air (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *