Mengenal Lebih Dekat Sosok Dr. H. Rustian, S.Si, Spt,MKes : Ambo Bialah Maantaan Mubes Sajo

  • Bagikan

Dr. H. RUSTIAN, S.Si., Spt., M.Kes

JAKARTA (HARIANINDONESIA.ID) : Salah satu tokoh DPP PKDP Indonesia adalah Dr. H. Rustian, S.Si., Spt., M.Kes yang sehari hari menjabat Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat.

Dalam kegiatan DPP PKDP Indonesia saat ini, Putra Piaman asal Sungai Limau ini adalah Ketua Pelaksana Mubes VI di Padang, 1-3 Maret 2023. Tetapi Pra mubes sudah mulai akan dilakukan dari 25 Februari 2023 dengan menggelar acara Baralek Gadang Ughang Piaman se Dunia. Kegiatan Baralek Gadang ini dipusatkan di Padang Pariaman dan kota Pariaman.

Selain menjabat sebagai Ketua Alumni Universitas Andalas Padang, Rustian juga Presedium Himpunan Alumni Perguruan Tinggi Negeri se Indonesia (HIMPUNI). Jumlah PTN yang tergabung di dalam HIMPUNI dari Aceh ke Papua sekitar 300 PTN.

Rustian menjadi Presedium HIMPUNI dalam status sebagai Ketua Alumni Unand. Dalam presedium HIMPUNI terdapat delapan Ketua Alumni lain yakni dari Universitas Padjajaran, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Surakarta, Institut Teknologi Surabaya, Institut Pertanian Bogor, Universitas Mulawarman, Universitas Mataram, dan Universitas Sriwijaya.

Rustian saat ini juga menjadi Ketua Alumni Farmasi Unand. Rustian maju ke pencalonan Ketua Umum Alumni Unand adalah pada saat menjabat sebagai Ketua Alumni Farmasi Unand.

Sebagai pimpinan alumni, Rustian dikenal sebagai tokoh bertangan dingin dan memiliki program kerja konkret. Bayangkan, satu satunya organisasi alumni Fakultas di Unand yang berhasil membangun mesjid dengan biaya Rp3 miliar di Kampus Limau Manis Padang adalah Alumni Farmasi Unand.

Dengan rendah hati Rustian menyebut pembangunan mesjid tersebut adalah ikhtiar bersama dengan seluruh alumni Farmasi Unand. “Itu bukan hasil pekerjaan individu saya. Itu hasil sumbangan bersama kawan kawan dari alumni Farmasi Unand,” papar Rustian.

Rustian berhasil membangun relasi di kalangan alumni Unand, bukan hasil pekerjaan lima, 10 tahun belakangan. Tetapi merupakan hasil kegiatannya sebagai aktivis di Unand sejak 30 tahun lalu.

SIMAK JUGA :  Mengenal Caketum DPP PKDP Indonesia, Arisal Aziz : Target Ambo PKDP Dicintai Ughang Piaman Dulu

Sejak menjadi mahasiswa, Rustian dikenal sebagai aktivis yang berjuang untuk kemaslahatan mahasiswa. Jadi kalau kemudian dirinya dipercaya menjadi Ketua Alumni Fakultas, Alumni Unand dan kemudian menjadi anggota Presedium HIMPUNI, semuanya berkat kegiatan keaktivisannya sejak masa kuliah dulu sampai kemudian menamatkan kuliah.

Cukup Menyukseskan Mubes PKDP

Tetapi saat ditemui di ruangan kerjanya di Graha BNPB di Jakarta, berkaitan dengan peluang dirinya untuk mencalonkan diri sebagai Ketua Umum DPP PKDP Indonesia, Rustian secara halus mengatakan bahwa biarlah dirinya mengambil peran menyukseskan saja pelaksanaan Mubes. Soal siapa akan dipilih menjadi Ketua Umum, biarlah menjadi keputusan dari para peserta Mubes.

Rustian menyadari kesibukannya sebagai pejabat di BNPB dan mengelola organisasi alumni sudah cukup merepotkan dirinya. Dia mengkuatirkan terlalu banyak mengelola organisasi akan membawa efek kurang bagus terhadap organisasi yang telah dipimpinnya.

Namun sebagai pribadi, Rustian mengaku tidak akan meninggalkan PKDP. Dirinya tetap akan berada di PKDP bersama sama dengan tokoh lainnya. “Saya pasti akan tetap memberikan kontribusi terhadap perjalanan PKDP ke depannya,” ujar Rustian.

Dan dia sepakat bahwa organisasi PKDP yang memiliki potensi keanggotaan sangat besar dari Aceh ke Papua, harus dikelola secara modern menjadi organisasi berpengaruh di tingkat nasional dan dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan di tingkat nasional.

Rustian juga mengemukakan bahwa PKDP perlu mengembangkan program kerja yang konkret ke depannya supaya keberadaannya dapat dirasakan oleh anggota, masyarakat dan negara.

“Saya kira gagasan membesarkan PKDP dengan cara cara lazim dilakukan organisasi nasional, sangat patut dilakukan di PKDP tanpa menghilangkan peran tradisionalnya dalam membuhul hubungan ranah dan rantau,” katanya lagi.

Rustian juga berikhtiar pelaksanaan Mubes VI DPP PKDP Indonesia di Padang berhasil menetapkan program kerja yang bagus, sekaligus berhasil pula memilihkan Ketua Umum yang bisa membesarkan PKDP ke depannya.

Aamiin, mudah mudahan terkabul. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *