MSI Sawahlunto Laporkan Seminar Adinegoro Jadi Pahlawan Nasional ke Gubernur

  • Bagikan

Gubernur Sumbar H Mahyeldi berfoto bersama Pengurus Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Sumbar yang dipimpin Dr Wannofri Samry, M.Hum didampingi sekretarisnya, Dr Sudarman, M.A beserta para pengurus lainnya, di Rumah Dinas Gubernur Sumbar, pada Sabtu (19/6/2021) di Kota Padang. (Foto : Humas MSI Sumbar)

PADANG – Komisariat Masyarat Sejarawan Indonesia (MSI) Kota Sawahlunto sedang menyiapkan seminar tingkat Kota/Kabupaten se Sumbar di Sawahlunto untuk pengusulan Adinegoro sebagai Pahlawan Nasional.

Adinegoro adalah tokoh perintis Pers nasional dan budaya kelahiran Talawi Kota Sawahlunto (dulunya, Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung), Provinsi Sumbar.

Rencana seminar ini disampaikan Ketua Komisariat MSI Sawahlunto, Adrial, saat bersama Pengurus DPD MSI Sumbar bertemu dengan Gubernur Sumbar, H. Mahyeldi di Rumah Dinas Gubernur Sumbar, Sabtu (19/6/2021) malam di Jalan Jenderal Sudirman, Padang.

Pertemuan ini sebagai tukar pikiran dan silaturrahmi Jajaran Pengurus Masyarakat Sejarawan Indonesia (MSI) Cabang Sumbar dengan Gubernur Sumbar.

Audiensi dan silaturrahmi bersama Gubernur Mahyeldi berlangsung sekitar satu jam lebih dan penuh keakraban. 

Pada kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga mengulas tentang arti Perang Kamang, Kabupaten Agam, Provinsi Sumbar pada awal 1900-an. 

Menurutnya, catatan sejarah perjuangan anak bangsa itu patut untuk diajarkan di sekolah agar generasi penerus bangsa mengenang jasa para pahlawan sendiri.

“Jangan sampai generasi penerus bangsa ini melupakan nilai-nila bela negara sekaligus patriotisme dan jiwa nasionalisme dari para pahlawan mempertahankan kedaulatan negaranya,” ujarnya.

Kunjungan jajaran pengurus MSI Cabang Sumbar dipimpin oleh Dr Wannofri Samry M.Hum, yang didampingi Sekretaris Dr Sudarman, MA beserta pengurus harian Bendahara Dra Hj Witra Dewi, M.Pd dan pengurus lainnnya, Dr Dahniel, Dr Azmi Fitrisia, M.Hum, Kiswati, SS, MPA, Undri, S.S, M.Si, para Ketua Komisariat Kota Padang, Dr Lukmanul Hakim, Ketua Komisariat Kota Sawahlunto, Adrial, SS, termasuk Humas H Emil Mahmud, SS dan anggota lainnya.

SIMAK JUGA :  Dukung Pemko Payakumbuh, Pansus Aset DPRD Payakumbuh Gelar Rapat Internal Sebelum Bertemu Pemkab 50 Kota

Sementara itu, Ketua MSI Cabang Sumbar, Wannofri Samry mengulas bahwa program kerja kepengurusan yang dipimpinnya untuk periode kedua dirinya jadi ketua adalah seminar PDRI serta menyusun ensiklopedi Minangkabau modern nantinya.

Agenda yang disusun kepengurusan MSI Cabang Sumbar juga bakal didukung stakeholder lainnya, termasuk Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Sumatera Barat.

Terakhir, Gubernur Mahyeldi berpesan kepada segenap stakeholder,termasuk MSI Cabang Sumbar agar  lebih fokus dalammendokumentasikan catatan sejarah di daerah Provinsi Sumbar.(*)

Rilis
Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *