Siapa Sangka Pejudo Putri Titania Aurel Oktafiona Anak Pisang Ughang Piaman?

  • Bagikan

Titania Aurel Oktafiona (foto : kredit Novendri Yusdi)

JAKARTA – (Harianindonesia.id) : Penggemar Judo di Tanah Air kembali dikejutkan oleh penampilan Pejudo Putri Titania Aurel Oktafiona yang berhasil mengalahkan Rasya Savira Nur Fitriani dari Unitex Judo Club Bogor pada iven Jakarta International Judo Championship (JIJC) 2022 di GOR Remaja Kelapa Gading Jakarta Utara, 2 Desember 2022.

Aurel, demikian nama panggilan Pejudo asal Surabaya ini dipanggil berhasil membanting lawannya dua kali pada saat partai semi final.

Atas keberhasilannya itu, Aurel lalu masuk dalam babak final yang akan diselenggarakan Ahad, 2 Desember 2022 ini.

Siapa sebenarnya Aurel yang telah menempa dirinya sebagai Pejudo dari Judo Pucang Surabaya ini?

Ternyata Aurel ini adalah Anak Pisang orang Pariaman. Sebab Ayahnya adalah asli orang Pariaman dan ibunya asal Jawa Timur.

Menurut Silsilah Orang Pariaman, jika ayah berasal dari Pariaman maka dia disebut Anak Pisang atau Mambako ke Pariaman. Tapi kalau ibunya berasal dari Pariaman maka dia disebut orang Pariaman. Pariaman bersama 18 Kabupaten kota di Sumbar menganut azas matriachat dalam silsilah keturunan, atau keturunan berasal dari ibu.

Ayah Aurel adalah Novendri Yusdi, salah satu perantau Pariaman yang sukses di Surabaya. Selain menjadi seorang Pengacara, Novendri yang lebih dikenal dengan panggilan Larry adalah Ketua Umum DPW PKDP Jawa Timur, kumpulan/Ormas/Organisasi para Perantau asal Pariaman.

Sementara ibunya Mistri Ferdian adalah asli kelahiran Jawa Timur.

Latihan Sejak Kelas 3 SD

Keberhasilan Aurel memenangkan pertandingan spektekuler di arena Jakarta International Judo Championship 2022, bukan datang seketika saja.

Ternyata hal ini buah dari hasil latihan keras Aurel selama ini. Aurel mengaku bahwa dirinya sudah mulai mengenal Judo sejak kelas 3 SD hingga sekarang sudah menjadi Siswi SMP 12 Surabaya.

SIMAK JUGA :  Sore Ini Penentuan Siapa Jawara Baru Minangkabau Cup II

Selain rutin menjalani latihan, anak empat bersaudara ini, mengaku selalu termotivasi oleh semangat yang diberikan ayahnya Novendri Yusdi dan ibunya Mistri Ferdian.

Satu kalimat yang tak pernah hilang dari kepala Aurel adalah moto yang diiberikan ayahnya yakni “Pelajari Satu Jurus dengan Baik, Lakukan dengan Cepat.”.

Sementara Ibunya selalu memberikan semangat dengan meneriakkan kata kata semangat dari tempat duduknya. Hal itu terdengar pada saat Aurel bertanding melawan Rasya Savira. Suara ibunya paling keras terdengar di dalam GOR Kelapa Gading.

Pejudo Titania Aurel Oktafiona yang lahir pada 7 Oktober 2007 bukan kali ini saja menjuarai lomba Judo. Dia memiliki segudang pengalaman bertanding dan sebagian besar menjadi juara, seperti dilihat dibawah ini :

1. Juara 3 Kejurprov Jawa Timur (Surabaya, 8-04-2018)

2. Juara 1 Piala Walikota Surabaya (Surabaya, 12-08-2018)

3. Juara 1 Kejurprov Jawa Timur (Bojonegoro, 01-05-2019)

4. Juara 3 Jakarta Open Judo Championship (Jakarta, 15-11-2019)

5. Juara 1 Kejurprov Jawa Timur (Surabaya, 27-11-2021)

6. Juara 1 Kejurprov Jawa Timur (Surabaya, 05-03-2022)

7. Juara 1 Kejurnas KASAD CUP XIII (Cilodong, 25-03-2022)

8. Pejudo Terbaik Cadet Putri KASAD CUP XIII 2022

Aurel berharap Vabang Olah Raga Judo yang dilakoninya saat ini dapat menghantarkan dirinya ke jalur prestasi menuju masa depan, Aamiin. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *