Mahyeldi Ingatkan Segala Kebutuhan Atlet PON XX Harus jadi Prioritas Utama

  • Bagikan

Gubernur Mahyeldi menyampaikan pesannya kepada rombongan Tim PON Sumbar yang akan berangkat ke Papua, Senin (27/9/2021. (Foto : Kominfo Sumbar)

PADANG – Gubernur Sumbar Mahyeldi dan Wakilnya Audy Joinaldy melepas keberangkatan 188 Atlet ke PON XX di Papua dan mengingatkan semua kebutuhan atlet harus jadi prioritas utama.

Gubernur Mahyeldi dan Wagub Audy Joinaldy melepas keberangkatan Kontingen Sumatera Barat untuk Pekan Olahraga Nasional XX Papua di Auditorium Kompleks Gubernur, Padang (27/9/21).

Wagub Sumbar Audy Joinaldy memegang Pataka Tuah Sakato Sumbar saat berfoto bersama Gubernur Mahyeldi dan para ofisial Tim PON Sumbar ke Papua. (Foto : Kominfo Sumbar)

Saat menyampaikan pesannya kepada rombongan atlet dan pelatih yang akan berangkat, Mahyeldi meminta agar memberikan perhatian serius terhadap segala kebutuhan atlet.

“Atlet harus dibebaskan dari segala bentuk beban atas kebutuhannya, sehingga bisa fokus menghadapi pertandingan,” kata Mahyeldi.

Dia juga meminta pihak terkait dalam pembinaan dan pengawasan atlit selama berada di Papua, juga tidak menimbulkan kondisi tidak kondusif yang bisa menggangu konsentrasi atlit selama bertanding.

Pihak yang dimaksud oleh Gubernur Mahyeldi itu adalah pelatih, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta kalangan KONI sendiri.

Mahyeldi menyebutkan segala bentuk proteksi dan perlindungan dari segala bentuk hal tidak kondusif itu, sangat dibutuhkan atlit selama dalam masa pertandingan.

“Saya harapkan pelatih, Dispora maupun KONI mampu menjaga kondusivitas para atlet, agar mereka fokus bagaimana bisa tampil dengan prima, berkompetisi dengan kemampuan terbaiknya,” ucap Mahyeldi.

Dia juga berpesan kepada atlit agar fokus menghadapi kompetisi, mengeluarkan seluruh potensi dan berusaha dengan penampilan terbaiknya.

Ketika atlet mampu memperoleh prestasi terbaik, sebut Mahyeldi, maka akan memberikan semangat kepada atlet muda yang tengah berlatih mempersiapkan diri menuju kompetisi yang akan datang.

SIMAK JUGA :  Dancesport Sulut Raih Medal Emas di Pra Pon XX Bali

Gubernur juga menyampaikan bahwa posisi atlit yang bertanding pada PON di Papua ini bukan membawa nama diri sendiri, tetapi nama besar dan marwah Sumatera Barat.

188 Atlit dan 29 Cabang

Rombongan Sumbar yang akan berangkat ke PON XX di Papua berkekuatan 188 atlet dan dari 29 Cabang Olahraga. Rombongan juga didampingi 58 pelatih dan 58 ofesial.

Tim Sumbar berada di Papua dan mengikuti pertandingan mulai dari tanggal 2 Oktober hingga 15 Oktober mendatang.

Sebelum ini, satu tim berkekuatan 71 atlet dari 10 Cabor berbeda sudah lebih dulu mendarat dan berlaga di arena PON XX di Papua.

Tim awal ini malah sudah berhasil menyumbangkan satu emas, dua perak dan satu perunggu.

Ketua KONI Sumbar Agus Suardi pada kesempatan sama menyampaikan apresiasinya atas dukungan Gubernur Sumbar terhadap Tim PON Sumbar.

Menurut Agus, pemberangkatan atlet PON Sumbar ke Papua dibagi menjadi beberapa tahap, dikarenakan kondisi pandemi.

“Di Papua ada 4 klaster, Kabupaten dan Kota Jayapura, Kabupaten Mimika dan Merauke. Sebab itu, kami terpaksa memberangkatkan menjadi beberapa tahap,” jelas Agus.

Agus berharap meski dalam kondisi pandemi, pihaknya optimis bisa meraih peringkat 10 besar dengan 16 medali emas, atau naik dari perolehan peringkat 11 pada PON IX tahun 2016 lalu dengan sumbangan 14 medali emas.(*)

Rilis
(Awaluddin Awe)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *