Peran Penting Serikat Pekerja Dalam Diversifikasi dan Transformasi Ekonomi

  • Bagikan

SOLO – Ketua Bidang Ekonomi dan Bisnis FSP Kerah Biru-SPSI Marta Uli Emmelia memandang pentingnya keterlibatan peran serta Serikat Pekerja dalam diversifikasi dan transformasi ekonomi. Hal ini dikatakannya dalam wawancara ekslusif dengan media di Solo, Selasa 2 April 2024.

Marta mengatakan bahwa diversifikasi dan transformasi adalah dua konsep penting dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif. Dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 dan seiring dengan transisi yang berkeadilan (just transition),literasi diversifikasi dan transformasi ekonomi harus sedini mungkin agar para pekerja dapat memahami dan mengetahui perannya.

Marta menjelaskan bahwa diversifikasi mengacu pada pengembangan beragam sektor ekonomi di suatu negara atau wilayah, sementara transformasi ekonomi berarti perubahan struktural yang mendalam dalam pola produksi, distribusi, dan konsumsi. Serikat pekerja memiliki peran yang penting dalam kedua proses ini, karena mereka tidak hanya mewakili kepentingan pekerja, tetapi juga memiliki potensi untuk mempengaruhi kebijakan dan praktik ekonomi.

Salah satu cara terpenting di mana serikat pekerja berkontribusi terhadap diversifikasi ekonomi adalah dengan memperjuangkan hak-hak pekerja dalam berbagai sektor industri. Dengan memastikan bahwa pekerja memiliki akses yang adil terhadap pendidikan, pelatihan, dan mobilitas kerja, serikat pekerja membantu menciptakan tenaga kerja yang fleksibel dan berpengetahuan luas yang dapat beradaptasi dengan perubahan dalam ekonomi. Selain itu, serikat pekerja juga sering kali menjadi advokat untuk diversifikasi ekonomi dengan memperjuangkan investasi dalam sektor-sektor baru yang berpotensi untuk menciptakan lapangan kerja yang beragam dan berkelanjutan.

Selain itu, serikat pekerja juga berperan dalam mengadvokasi kebijakan yang mendukung transformasi ekonomi. Misalnya, mereka dapat memperjuangkan upah minimum yang layak, jam kerja yang adil, dan lingkungan kerja yang aman dan sehat. Dengan menegaskan kebutuhan akan keadilan sosial dan ekonomi, serikat pekerja memainkan peran penting dalam memastikan bahwa transformasi ekonomi tidak hanya menguntungkan segelintir orang atau perusahaan besar, tetapi juga memberikan manfaat yang merata kepada semua anggota masyarakat.

SIMAK JUGA :  Seorang Warga Agam Positif Covid-19, Masuk Cluster Pasar Raya Padang

Selain itu perempuan kelahiran Riau tersebut mengatakan bahwa serikat pekerja juga dapat memainkan peran penting dalam mengarahkan transformasi ekonomi menuju keberlanjutan lingkungan. Dengan memperjuangkan kebijakan yang mendukung penggunaan energi terbarukan, penghematan sumber daya, dan pengurangan limbah, serikat pekerja dapat membantu mempromosikan model ekonomi yang lebih ramah lingkungan. Dalam beberapa kasus, serikat pekerja bahkan telah menjadi motor penggerak di balik inovasi dan teknologi baru yang dapat membantu mengubah cara kita memproduksi dan mengkonsumsi barang dan jasa.

“Namun, meskipun serikat pekerja memiliki potensi besar untuk memainkan peran yang positif dalam diversifikasi dan transformasi ekonomi, mereka juga dihadapkan pada tantangan yang signifikan.” ungkap Marta.

Salah satu tantangan utama adalah meningkatnya globalisasi dan liberalisasi perdagangan, yang dapat mengancam posisi pekerja dalam sektor-sektor tradisional dan menghambat upaya untuk mengubah struktur ekonomi. Selain itu, serikat pekerja juga sering kali menghadapi tekanan dari pihak-pihak yang berkepentingan dalam mempertahankan status quo dan mencegah perubahan yang dapat mengancam kepentingan mereka.

Untuk mengatasi tantangan ini, penting bagi serikat pekerja untuk terus beradaptasi dan berinovasi. Ini dapat melibatkan memperluas jangkauan representasi mereka ke sektor-sektor baru yang sedang berkembang, mengembangkan kemitraan dengan pemerintah, perusahaan, dan organisasi lainnya, serta memperjuangkan kebijakan yang mempromosikan inklusi dan keadilan ekonomi.

Secara keseluruhan, serikat pekerja memainkan peran yang krusial dalam diversifikasi dan transformasi ekonomi. Dengan memperjuangkan hak-hak pekerja, mengadvokasi kebijakan yang mendukung keberlanjutan dan inklusi, dan terus beradaptasi dengan perubahan dalam ekonomi global, mereka dapat membantu menciptakan masa depan yang lebih adil, berkelanjutan, dan beragam bagi semua anggota masyarakat. (Rls)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *