Sumbar Capai Status Pasien Positif Covid -19 Terendah, Jasman : Ini Buah Hasil Kerja Bersama

  • Bagikan

Jasman Rizal saat masih menjabat Plt Bupati Solok Selatan (foto : kredit Jasman Rizal)

PADANG – Tanda Covid -19 melandai di Sumbar terlihat dari pemeriksaan sample pada Ahad (19/9) dimana posisi positif rate (PR) mencapai titik terendah, yakni 2,13 persen dalam setahun ini.

“Jumlah pasien positif Covid -19 pada hasil sampling Ahad (19/9) hanya 32 orang atau 2,13 persen dari total hasil pemeriksaan 1.626 sample. Ini menunjukan angka positif terendah dalam satu tahun ini,” kata Juru bicara Satgas Covid -19, Jasman Rizal kepada wartawan di Padang, Ahad (19/9).

Sebaliknya, jelas Jasman, pasien yang sembuh pada periode sama adalah sebanyak 124 orang dan ini kabar terbaiknya juga, orang meninggal karena kasus Covid -19 juga sudah tidak ada lagi alias nol.

Pencapaian sampai Ahad itu, ungkap Jasman Rizal, adalah bukti hasil kerjasama maksimal dari seluruh elemen di Sumatera Barat, baik Pemprof dan jajarannya, Bupati dan walikota bersama jajarannya.

“Termasuk dalam hal ini adalah kontrobusi dari jajaran TNI dan Polri bersama seluruh personilnya yang sejak awal mengawal proses pemulihan Covid -19 di Sumatera Barat,” jelas Jubir Satgas Covid -19 yang juga Kadis Infokom dan Statistik Sumbar dengan wajah cerah.

Berdasarkan proses pemeriksaan sampling pada Ahad (19/9) juga ditemukan kasus Suspek sebanyak 246 orang. Sebanyak 68 orang atau 27,6 persen menjalani perawatan di rumah sakit dan 178 orang atau 72,4 persen menjalan isolasi mandiri.

Secara akumulatif, jelas Jasman Rizal, jumlah pasien positif sejak Maret 2020 hingga Ahad (19/9) mencapai 88.786 orang.

Dari total pasien Covid tersebut tercatat sebanyak 2.047 orang (2,31 persen) sebagai kasus aktif atau positif, 2.087 orang (2,35 persen) meninggal dunia.

SIMAK JUGA :  Sempat Ditolak Keluarga, Jenazah PDP Akhirnya Dimakamkan dengan Protokol Covid-19

“Sementara total pasien sembuh mencapai 84.655 orang atau 95,35 persen dari total pasien positif sejak dari awal kasus Covid -19 hingga Ahad (19/9),” papar Jasman gembira.

Menurut Jasman, sampai saat ini total sampling swab PCR yang sudah diperiksa di labor Unand Padang sejak awal masuknya Corona di Sumbar mencapai 1.045.921.

Sementara jumlah orang yang diperiksa atau memeriksakan langsung status kesehatannya ke Labor Unand sebanyak 700.263 orang.

Jasman mengingatkan situasi membaik ini harus dipertahankan semua pihak dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Saya ingatkan kita tidak boleh lengah, sebab kasus Covid -19 yang sudah melandai bukan berhenti secara penuh, tetapi akan muncul lagi dalam jumlah tak terduga, apabila kita tidak menjaga prokes,” tutup Jasman yang kini juga menjabat Jubir Gubernur Sumbar Mahyeldi. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *