Ganjar Rasakan Energi Kemenangan di Jabar dan Jatim, Meski Ada Tekanan Melarang Memilih Paslon 03

  • Bagikan

Momen Capres Ganjar Pranowo menyapa pemilihnya pada kampanye akbar di Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (21/1/2024). (Foto : TPNGM)

SIDOARJO, JAWA TIMUR – Harianindonesia.id :

Calon Presiden Ganjar Pranowo merasakan energi luar biasa dari rakyat Jawa Timur dan Jawa Barat untuk memenangkan dirinya dan Mahfud MD di Pilpres 2024.

Tetapi disebutkan juga bahwa ada tekanan kepada rakyat di dua propinsi yang memiliki pemilih terbesar di Indonesia itu untuk tidak memilih dirinya dan Mahfud MD.

Pendapat ini disampaikan Capres Ganjar Pranowo saat melakukan kampanye akbar kedua di hari pertama pelaksanaan kampanye akbar di Gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo, Jawa Timur, Minggu (21/1/2024).

“Hajatan Rakyay di Bandung dan Sidoarjo, kami melihat masyarakat yang datang banyak sekali, dan itu menunjukkan bahwa energi di Jabar dan Jatim tinggi untuk Ganjar-Mahfud,” kata Ganjar.

Ganjar terbang ke Sidoarjo setelah sebelumnya melakukan kampanye akbar di lapangan Tegallega Bandung.

Mengawali pidato politiknya, Ganjar mengatakan bahwa dirinya merasakan energi sangat besar yang diberikan rakyat Jatim dan Jabar terhadap dirinya dan Mahfud MD untuk memenangkan Pilpres 2024.

Hal itu, disebut Ganjar, dapat dibuktikan dengan banyaknya rakyat Jatim dan Jabar yang menghadiri Hajatan Rakyat di Bandung dan Sidoarjo.

Ganjar mengatakan, antusiasme masyarakat itu membuatnya optimistis bahwa dukungan untuk Ganjar-Mahfud, betul-betul datang dari rakyat, meskipun ada banyak tekanan dan intimidasi.

“Mudah-mudahan ini dukungan yang memang tulus dari masyarakat dan ikhlas diberikan. Mereka datang dengan kegembiraan, ini menunjukkan mental mereka memang baja,” ungkap Ganjar.

Menang Mutlak di Jawa Timur

Ganjar Pranowo meyakini bahwa pasangan Ganjar-Mahfud akan menang mutlak di Jawa Timur.

“Kita harus menang….betul…harus menang…harus menang…kita harus menang. Seluruh kekuatan harus dikonsolidasikan,” ujar Ganjar dihadapan ribuan massa yang mengikuti ‘Hajatan Rakyat’ di Gelora Delta Sidoarjo.

Ganjar menegaskan, dirinya telah berkeliling seluruh Jawa Timur, dan hasilnya sangat luar biasa. Jawa Timur, menurut Ganjar selalu menggetarkan. Dan itulah sebagai kekuatan yang bisa dikonsolidasikan, kekuatan yang harus disiapkan.

“Selanjutnya kita menyiapkan seluruhnya untuk ke TPS, siap-siap ke TPS, sudah tahu nomor berapa?….tanya Ganjar, dijawab oleh massa, tiga….! Nomor berapa…..tiga…! nomor berapa…tiga….!

Ditambahkan Ganjar, untuk menuju hari pemungutan suara, 14 Februari waktunya tinggal sedikit bukanlah tanpa rintangan. Ganjar membeberkan terkait informasi yang diterimanya bahwa sudah ada kepala desa (kades) yang ditelponin.

“Apakah saudara-saudara takut…..” tanya Ganjar…tidak….jawab massa. Bukan hanya kades-kades, Ganjar melanjutkan bahwa sejumlah kepala daerah juga sudah ditelponin, dan diminta agar tidak terlalu kencang-kencang mengampanyekan Ganjar-Mahfud.

“Bahasanya, ojo kenceng-kenceng toh, begitu….takut……,” tanya Ganjar, tidak….jawab massa.

Alhamdulillah, lanjut Ganjar, dirinya dipasangkan dengan Mahfud MD yang asli Jawa Timur. Dihadapan massa, Ganjar tegaskan, masa iya punya saudara dari Jawa Timur tidak didukung.

“Harus didukung….dukung,….dukung…dukung…Inilah PR kita yang kita siapkan untuk kemenangan di Jawa Timur. Saya titip, saya mohon dukungannya, saya mohon doanya, Insya Allah Jawa Timur menang mutlak,” tegasnya.

“Ganjar-Mahfud……,” teriak Ganjar, “menang…menang..menang,..” disambut massa.

Jangan Takut Pilih Nomor 3

Sementara itu, Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Puan Maharani, pada kesempatan sama meminta kepada para pendukungnya untuk tidak takut memilih capres dan cawapres nomor 3 pasangan Ganjar-Mahfud.

Puan menegaskan bahwa para pendukung yang berkumpul di sini bukan hanya bicara tentang Ganjar, bukan hanya bicara tentang Mahfud MD, tapi bicara tentang masa depan Indonesia.

“Jangan takut pilih nomor 3, gak ada yang takut…? Kita kumpul disini bukan bicara tentang Ganjar, kita kumpul disini bukan bicara tentang Mahfud, kita kumpul disini bicara masa depan Indonesia,” ujar Puan yang juga menjabat sebagai Ketua DPR RI.

Ganjar Mahfud…..Ganjar Mahfud…Ganjar Mahfud….teriak Puan menyemangati massa. Ditegaskan Puan, apa-apa dirinya harus menyebut tiga kali, memanggil Ganjar tiga kali, memanggil Mahfud tiga kali.

Pada kesempatan orasi politik itu, Puan membeberkan sejumlah program dari 21 Program Ganjar-Mahfud. Diantaranya adalah program pemberian insentif kepada guru mengaji dan guru agama.

SIMAK JUGA :  ' Pilpres Urusan Bu Mega', Respon Ganjar Pranowo yang Diancam Sanksi oleh PDIP

“Nanti Insya Allah, kalau Ganjar-Mahfud menang jadi presiden dan wakil presiden, saya akan minta ke Mas Ganjar sebagai presiden untuk memberikan insentif buat guru-ngaji dan guru agama, setuju…..,” kata Puan, disambut massa dengan meneriakkan, setuju….!

Program lainnya, lanjut Puan, yakni insentif kader Posyandu. “Mana suaranya ibu-ibu,..setuju…” kata Puan, dibalas lagi, setuju….!

Puan menegaskan, bahwa apa yang diperjuangkan oleh Ganjar-Mahfud adalah bagaimana menyejahterakan rakyat, membuat Indonesia lebih baik dari kemarin, karena masa depan Indonesia ada di tangan rakyat.

“Sekarang saya ini dipanggil Mbak Puan solid, kenapa? Karena saudara-saudaraku, sedulur-sedulur yang ada disini, mau sama-sama, bersama Ganjar-Mahfud, bersama Mbak Puan solid memenangkan nomor 3 pada pilpres akan datang,” ujarnya.

Jadi, lanjut Puan, jangan takut-takut, Banteng-Banteng semuanya, warga Jawa Timur jangan takut diintimidasi. Semua pilih nomor 3 sampai waktunya.

“Siap….solid…siap..solid..siap..solid…” Puan menutup orasinya.

Kampanye Akbar Ganjar di Sidoarjo juga menampilkan mantan vokalis band Dewa, Once Mekel dan putri presiden keempat Indonesia Abdurrachman Wahid (Gus Dur) Yenny Wahid membawakan lagu baru berjudul ‘Untuk Indonesia’.

Selain itu, sejumlah Artis kenamaan juga ikut memeriahkan suasana di atas panggung. Seperti Krisdayanti, Danang Pradana, Sodiq New Monata, Lala Widy, Niken Salindry dan Nella Kharisma.

Selain Ganjar Pranowo dan istrinya Siti Atiqoh, acara Hajatan Rakyat di Sidoarjo juga dihadiri Ketum Perindo, Hary Tanoesoedibjo; Sekjen PDI-P, Hasto Kristiyanto; Dewan Penasihat TPN, Yenny Wahid; Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung; Ketua TPN, Arsjad Rasjid; Menteri Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Puti Guntur Soekarno, Ahmad Basarah dan Said Abdullah.

Kampanye juga dihadiri tokoh masyarakat, Pelaku UMKM dan kelompok budaya di Jawa Timur.

‘Hajatan Rakyat’ akan digelar di berbagai kota dengan konsep yang sama sepanjang periode kampanye terbuka 21 Jan – 10 Feb 2024. Rencananya, puncak ‘Hajatan Rakyat’ akan mengambil tempat di salah satu kota di Jawa Tengah.

Terik Matahari Tak Surutkan Semangat

Terik panas matahari di lokasi kampanye ternyata tidak menyurutkan semangat puluhan ribu pendukung pasangan calon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD datang ke Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur menghadiri Hajatan Rakyat Jawa Timur.

Mereka datang dari berbagai penjuru Jawa Timur untuk menyatakan dukungan langsung ke Ganjar Pranowo yang hadir.

Salah satunya Indriyani, relawan dari sayap PDIP Blitar. Dia optimis Ganjar-Mahfud bakal memenangkan pemilihan presiden (Pilpres) 2024 lantaran Ganjar-Mahfud adalah pilihan hati nurani rakyat.

“Karena kita yakin misi yang solid, percaya dan pasti Pak Ganjar pasti menang 100 persen karena Pak Ganjar adalah pilihan hati nurani dari kami,” ujar Indriyani, Minggu (21/1/2024).

Dia mengungkapkan salah satu alasan mendukung Ganjar-Mahfud karena sangat mendukung program 1 keluarga miskin 1 sarjana. Program itu diyakini bisa mengurangi angka kemiskinan secara struktural di Indonesia.

“Biaya untuk per satu keluarga miskin satu sarjana. Saya sangat setuju dengan program itu, Ganjar-Mahfud pasti sukses, pasti menang,” ucap Indriyani.

Hal senada diungkapkan Cindy Maghriza selaku Koordinator Wilayah Sukarelawan Srikandi Ganjar Jawa Timur. Cuaca panas dan sengatan terik matahari tak menggentarkan semangat para srikandi milenial untuk datang langsung memberikan dukungan ke Ganjar.

“Perempuan-perempuannya semuanya semangat meskipun panas, terik matahari, mereka tetap terjang,” tegas Cindy.

Dia dan para Srikandi Ganjar milenial menyatakan sangat ingin program GratisIn internet gratis supercepat merata dan program KTP Sakti bisa diimplementasikan di Indonesia.

Menurut Cindy, program Ganjar-Mahfud itu sangat menyentuh rakyat yang nantinya bakal banyak memberikan manfaat untuk rakyat Indonesia.

“Program yang milenial banget dari Ganjar-Mahfud itu internet gratis buat semuanya dan KTP Sakti. Karena mau tidak mau kita milenial, orang tua butuh KTP Sakti biar tepat sasaran,” jelas Cindy.

“Internet itu sangat dibutuhkan semua sasaran. Dari dewasa, milenial, orang tua, karena kita sudah hidup di zaman teknologi. Jadi kita yang dibutuhkan itu internet gratis, bukan makan siang gratis,” lanjutnya. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *