Buchari Bachter Tumbangkan Ramal Saleh dengan Skor Telak 44 : 29, Basril Djabar : Ini Kebangkitan Kadin Sumbar

  • Bagikan

WAKETUM Kadin Indonesia Innsanul Kamil menyerahkan pataka Kadin kepada Ketua Umum Kadin Sumbar yang baru Buchari Bachter yang berhasil menyisihkan Ramal Saleh pada Musprop VII Kadin Sumbar di Hotel Grand Basko Padang, 26 September 2022. (Foto : kredit Susi Zetka)

PADANG – Musprop VII Kadin Sumbar berhasil menghantarkan Ir Buchari Bachter MT Datuak Paduko Sinaro sebagai Ketua Umum Kadin Sumbar periode 2022 – 2027 dengan menumbangkan petahana Ramal Saleh dengan skor telak 44 : 29

Pasar di Musprop Sumbar sejak Senin (26/9) pagi sudah memberikan sinyal kemenangan kepada Dirut Hotel Balairung Jakarta ini, setelah para voter dari kabupaten kota dikarantina di Grand Hotel Padang, sejak Ahad (25/9).

Sebagian besar voter merasakan bahwa aura pribadi Ayi – begitu panggilan kecil Ketum Kadin Sumbar ini, lebih mengesankan sebagai pemimpin dunia usaha. Wawasan dan cara pandangnya jauh lebih akomodatif dan familiar.

Selain itu, partisipasi pemilih dari kelompok asosiasi perusahaan yang menjadi Anggota Luar Biasa (ALB) Kadin Sumbar juga melonjak naik dibandingkan musprop gagal 23 Juli dulu, dari semula hanya empat ALB terdaftar menjadi 15 ALB. Dipastikan sebagian besar ALB ini lebih memilih Ayi. Sebab dalam konvensi forum ALB di Hotel Pangeran jauh hari sebelumnya nama Ayi muncul sebagai calon bersama sejawatnya Zuhrizul.

Buchari mendapatkan dukungan maksimal dari voter karena dia dianggap mewakili kepentingan perubahan di Kadin Sumbar pasca ribut internal, dengan pemberhentian tiga ketua dewan dewan dan 80 persen pengurus Kadin Sumbar sebelumnya.

Ayi kemudian bergabung bersama Tim Penyelamatan Kadin Sumbar yang dipimpin Ketunya Aim Zein dan Sekretaris Sam Salam dan dibimbing secara harmonis oleh Ketua Dewan Penasihat Basril Djabar, Ketua Dewan Kehormatan Leonardy Harmaini dan diguiden khusus oleh Ketua Dewan Pertimbangan Budi Syukur.

Buchari juga mendapatkan support luar biasa dari Ketua DPW JAPNAS Sumbar Gun Sugianto dan apresiasi penuh dari sesama keluarga besar HIPMI Andre Rosiade dalam pencalonan dan kemenangan ini.

Kunci kemenangan Ayi juga disuplay dari keberadaan Ketua ketua dan Pengurus Kadin Kabupaten Kota yang juga merupakan mantan Ketua dan Pengurus HIPMI di daerah.

Irvan Amran dan Zigo, juga melempangkan jalan seniornya Buchari Bachter untuk maju menjadi Calon Ketua Umum Kadin Sumbar, setelah dalam konvensi tertutup mantan HIPMI ini di Padang beberapa waktu lalu.

Upaya mengganggu dukungan para voter dari Kabupaten Kota ini terhadap Buchari juga sudah sangat maksimal dilakukan pihak sebelah, tetapi mereka tidak goyah.

Romi, salah satu voter asal Kadin Bukittinggi menyebutkan bahwa mereka sejak awal sudah komit mendukung Buchari, karena memberikan peluang interaksi aktif terhadap Kadin Kabupaten Kota serta memberi ruang regenerasi di dalam kepengurusan Kadin Sumbar ke depannya.

SIMAK JUGA :  Maju Jadi Caketum Kadin Indonesia, Anin Bakrie Minta Restu 'Mamak Rumah'nya di Sumbar

Hal yang sama juga dikemukakan Tamron, Ketua Kadin Solok yang menyatakan kepemimpinan Buchari jauh lebih prospektif untuk pembinaan jaringan bisnis ril di kalangan anggota dan pengurus Kadin ke depannya.

Para Ketua Kadin Kabupaten dan Kota ini juga tidak sungkan meminta pendapat kepada para seniornya seperti dengan mantan Ketua Kadin Kota Bukittinggi Nelson Septiadi tentang pilihan terhadap calon Ketua Umum Kadin Sumbar ini.

“Artinya, para voter sudah sangat paham dalam menganalisa figur calon Ketum Kadin Sumbar dan pilihan itu jatuh kepada Buchari Bachter. Ini adalah kemenangan Kadin Sumbar secara keseluruhan yang saya sebut sebagai era kebangkitan Kadin Sumbar kembali,” tukas Basril Djabar yang dalam usianya sudah renta terus berjuang agar terjadi perubahan dan perbaikan di tubuh Kadin Sumbar.

Ketua Dewan Pertimbangan Kadin Sumbar Budi Syukur menjelaskan bahwa kemenangan Ayi sudah terukur sejak awal, salah satunya melalui partsipasi para ALB yang dikumpulkannya di salah rumah makan di Padang, dua hari menjelang Musprop.

“Estimasi saya tidak meleset. Ini buah perjuangan bersama para ALB dan Kadin Kabupaten Kota yang sudah digarap sejak awal. Alhamdulillah. Selamat untuk Ayi,” tulis Budi melalui WA pribadinya.

Ketua Tim Penyelamatan Kadin Sumbar Aim Zein tidak kuasa menahan perasaan harunya setelah pimpinan sidang Mas Soetrisno mengumumkan kemenangan Buchari Bachter sebagai Ketua Umum Kadin Sumbar.

Menurut Aim ini adalah hasil perjuangan panjang TPKSB dengan melakukan berbagai presure dan tekanan kepada pihak Kadin Sumbar dan Kadin Indonesia. Setelah melakukan berbagai pertemuan, terakhir di Hotel Mercure dimana para anggota TPKSB masuk dalam kepanitiaan Musprop dan bersama sama menjalankan Musprop dengan hasil fantastis, dengan kemenangan anggotanya Buchari Bachter.

“Ini adalah kemenangan kita bersama, sangat layak kita rayakan secara bersama pula,” tulis Aim dalam WAG TPKSB, Senin malam.

Sementara itu Buchari Bachter dalam pesan tertulisnya mengucapkan terimakasih atas semua dukungan yanh diberikan kepada dirinya sehingga berhasil memenangkan Ketua Umum Kadin Sumbar.

Dia juga secara khusus mengucapkan hal yang sama kepada Ketua Kadin Sumbar Ramal Saleh yang bersama dirinya maju dalam pemilihan Ketua Umum Kadin Sumbar yang baru.

“Saya mohon bimbingan dan dukungan dari pak Ramal. Semoga Kadin kita kedepan akan jauh lebih baik lagi sesuai dengan arahan Ketum Kadin Indonesia Mas Arsyad Rasyid tadi pagi,” tulis Ayi.

Sekretaris TPKSB Sumbar menulis perasaan hatinya dengan kemenangan Buchari Bachter dengan narasi Inggrisnya :

Alhamdulillah
The game is over.

The new Chairman of West Sumatera Chamber of Commerce Mr. Buchari Bachter for 2022-2027. (*)

Don MP
Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *