Arsjad Rasjid Fokus di TPN Ganjar Pranowo, KADIN Tunjuk Yukki Hanafi sebagai Pelaksana Harian Ketua Umum

  • Bagikan

ARSJAD Rasjid dan Yukki Hanafi dalam satu kesempatan rapat KADIN Indonesia. (Foto : Humas Kadindo)

JAKARTA, Harianindonesia.id – Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia menerima permintaan cuti Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum selama menjabat Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Bakal Calon Presiden Ganjar Pranowo.

Sebagai Pelaksana Tugas Harian (PTH) Ketua umum, KADIN Indonesia telah menunjuk Yukki Nugrahawan Hanafi, yang sehari hari adalah Wakil Ketua Umum Kordinator I Bidang Organisasi, Hukum dan Komunikasi. WKU Kordinator di Kadin Indonesia membawahi sejumlah Wakil Ketua Umum.

Penerimaan cuti Arsjad dan penetapan Yukki Hanafi ditetapkan dalam satu rapat lengkap Pengurus Harian Kadin Indonesia di markas Kadindo Menara Kadin Kuningan Jakarta, Rabu (27/9/2023). Rapat dipimpin langsung Arsjad Rasjid.

Sesuai Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, KADIN adalah organisasi independen atau tidak berafiliasi terhadap politik tertentu. Oleh sebab itu, organisasi mengatur jika Ketua Umum diminta atau terlibat dalam kepentingan politik maka disyaratkan mengambil cuti selama kegiatan politik tersebut.

“Keputusan ini saya ambil dengan pertimbangan pribadi dan tidak melibatkan urusan organisasi saya di Kadin Indonesia,” tegas Arsjad Rasjid saat rapat.

Arsjad akan mengambil cuti dari jabatan Ketua Umum Kadin Indonesia terhitung sejak Rabu, 27 September 2023.

“Dengan keputusan ini, saya akan berhalangan sementara sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia,“ ungkap Arsjad.

Yukki Nugrahawan Hanafi yang telah ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas Harian Kadin Indonesia, menghormati keputusan yang telah diambil oleh Arsjad Rasjid.

“Kadin Indonesia menghormati keputusan beliau yang berhalangan sementara serta taat pada peraturan yang berlaku di Kadin Indonesia. Kadin Indonesia harus bebas dari konflik kepentingan,” ujar Yukki Hanafi.

Dia juga memastikan bahwa Kadin Indonesia akan melanjutkan peranannya dalam mengemban amanah dari anggotanya dan seluruh masyarakat Indonesia, mempromosikan kebijakan dan inisiatif yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan sosial, selaras dengan Visi Indonesia Emas 2045 yang berdasarkan nilai gotong royong demi Indonesia Maju.

Sebelumnya dilaporkan Arsjad Rasjid kepada media menyampaikan bahwa dirinya akan mengambil cuti sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia dan dari perusahaan yang dipimpinnya PT Indika Engergy Tbk, sebagai bentuk menjaga independensi KADIN dan perusahaanya.

SIMAK JUGA :  Musprop VII Kadin Sumbar Berjalan Dibawah Ancaman Deadlock dan Tuntutan Karateker

“Pada hari ini, Selasa 26 September 2023, saya ingin menyampaikan pesan singkat kepada keluarga dan rekan-rekan media terkait penunjukkan saya sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) bakal calon Presiden (Bacapres) Ganjar Pranowo. Melalui pesan ini dan setelah berkonsultasi dan mendapatkan restu dari orang terkasih disekeliling saya, saya memutuskan efektif pada hari Rabu 27 September untuk bergabung secara resmi menjadi Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Bacapres Bapak Ganjar Pranowo,” kata Arsjad dalam keterangan tertulis, Rabu (26/9/2023) seperti dikutip dari Detik.com.

Siapa Yukki Nugrahawan Hanafi?

Kalangan dunia usaha nasional sudah sangat mengenal sosok Yukki Nugrahawan Hanafi alias Yukki Hanafi, sering dipanggil Kang Yukki. Dia berasal dari Jawa Barat.

Yukki adalah Alumni HIM Montreux–Switzerland dan AHLEI–Florida-USA. Saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Ampat Yasa Intermoda, Komisaris PT Baituna Sakinah, Komisaris PT Sanggraha Inti Jaya, Komisaris Utama Siskem Group, Komisaris PT Promits, dan Komisaris PT Sinar Barokah Buana Sejahtera.

Di bidang organisasi saat ini menjabat sebagai Ketua di ASEAN Federation of Forwarders Associations, Ketua Umum Asosiasi Logistik & Forwarder Indonesia (ALFI), Ketua KADIN Indonesia Komite Singapura, Chairman AFFA (Asean Federation of Forwarders Associations), Wakil Ketua Dewan Penasehat KADIN DKI.

Wakil Ketua Dewan Logistik Indonesia, Wakil Ketua Umum Bidang Keuangan KADIN Provinsi DKI Jakarta, Anggota Tim Kerja Pengembangan Sistem Logistik Nasional Kantor Kementrian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Anggota Dewan Kehormatan Badan Pengurus Daerah Hipmi Jawa Barat.

Selain itu, Kang Yukki tercatat sebagai Anggota Majelis Pemuda Indonesia DPP KNPI, Anggota Dewan Kehormatan Badan Pengurus Pusat Hipmi, Anggota Dewan Kehormatan Badan Pengurus Daerah Hipmi Papua, Anggota Dewan kehormatan Badan Pengurus Daerah Hipmi Banten, Ketua Dewan Kehormatan Badan Pengurus Daerah Hipmi Jaya, Anggota Dewan Pertimbangan DPP HIPPI, dan Anggota Dewan Pertimbangan Ardin Indonesia.(*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *