Apa Arti Kata Marhaban ya Ramadhan, Ini Penjelasan Lengkapnya

  • Bagikan

JAKARTA

Bagi umat Islam, bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat istimewa.

Keistimewaannya antara lain adalah:

1. Bulan wajib berpuasa sebulan penuh untuk melatih kesabaran dan meningkatkan iman.

2. Bulan yang memiliki satu malam lailatul qadar atau malam yang lebih baik dari seribu bulan.

3. Bulan peringatan turunnya Al-Quran.

4. Bulan pengampunan dosa-dosa yang telah lalu.

5. Bulan yang memiliki pahala berlipat ganda sampai 70 kali lipat.

Melansir bobo.id, dari kata itu, “Marhaban Ya Ramadhan” banyak yang mengartikannya Selamat datang Ramadan.

Tapi, sebenarnya apa arti Marhaban Ya Ramadhan ?

Oleh karena Ramadan itu bulan yang istimewa, maka umat Islam menyambutnya dengan ikhlas dan hati gembira.

Dengan kata lain, tidak terpaksa dan tidak menggerutu.

Jadi sekarang kita sudah tahu, kan, arti kata “Marhaban Ya Ramadan”?

Arti kata Marhaban Ya Ramadhan sebenarnya

Dalam tulisan di quraishshihab.com, Marhaban Ya Ramadhan dijelaskan secara rinci.

Berikut ini penjelasan ulama Quraish Shihab
Begitu bunyi sekian banyak spanduk di jalan raya menyambut bulan Ramadan.

Ia dipahami oleh banyak orang kebanyakan dalam arti “Selamat datang”.

Itu tidak salah, tetapi amat sederhana.

Kata marhaban terambil dari kata raheb yang berarti luas/lebar.

Ia diucapkan kepada tamu untuk menggambarkan bahwa ia disambut dengan hati lapang penuh kegembiraan.

Dari akar kata raheb lahir juga kata yang berarti tempat perhentian musafir untuk memperbaiki kendaraan dan mengambil bekal perjalanan.

Pada hakikatnya, kedua makna di atas inilah yang dimaksud oleh ungkapan di atas.

Yakni pengucapnya menilai bahwa bulan Ramadhan adalah tamu agung yang disambut dengan kegembiraan dan lapang dada didasarkan oleh kesadaran bahwa melalui bulan ini kita dapat memperbaiki apa yang salah dari sikap dan kelakuan kita serta mengambil bekal perjalanan menuju ke akhirat.

Memang betapa ia tidak disambut gembira oleh mereka yang sadar bahwa dosanya banyak, sedang bulan ini adalah bulan pengampunan, umurnya hari ke hari berlalu tanpa diisi dengan baik, sedang di bulan ini ada malam yang lebih baik dari seribu bulan, harapannya pun banyak yang belum terpenuhi, sedang di bulan ini Allah menjanjikan pengabulan bagi yang tulus berdoa.

SIMAK JUGA :  Resesi Singapura akan Berimbas ke Indonesia

Rasul berpesan agar melakukan empat hal pokok dalam bulan ini.

Dua di antaranya menjadikan Allah rida, yaitu mengakui keesaan-Nya dan memohon ampunan-Nya, sedang dua lainnya menurut Rasul jangan tidak diusahakan meraihnya, yaitu memohon surga dan berlindung dari neraka.

Mengesakan Allah bukan sekadar mengakui wujud-Nya yang tidak berbilang, tidak berunsur, tidak beranak dan diperanakkan, tetapi juga tidak mempersekutukan-Nya dalam beribadah, yakni tidak pamrih. Bahkan tidak berkelompok-kelompok yang saling berseberangan sehingga berakibat terpecahnya kesatuan masyarakat (baca QS. ar-Rûm[30]: 32).

Memohon ampunan-Nya menuntut pengakuan dosa disertai dengan penyesalan yang mendalam yang mengantar kepada permohonan maaf dan ampun, baik terhadap Allah maupun sesama manusia.

Memohon surga dan menghindar dari neraka adalah dengan beramal saleh, yakni mengerjakan yang wajib lalu memilih prioritas sunah yang paling sesuai dengan kondisi dan situasi yang dihadapi.

Shalat sunah di waktu malam baik, tapi jangan itu menjadi penyebab terabaikannya kewajiban di kantor.

Mengkhatam al-Qur’an baik, tetapi lebih daripada itu adalah mempelajarinya dan memahami maknanya lalu mengamalkannya walau hanya sekian ayat.

Dalam konteks meraih surga dan menghindari neraka, Nabi saw. berpesan, “Hindarilah neraka walau dengan separuh kurma.”

Maksud beliau, jangan segan melalukan kebaikan walau terasa kecil atau sedikit karena yang kecil lebih baik daripada tiada dan yang sedikit bila berulang menjadi banyak. Beliau juga menyampaikan bahwa, “Seorang yang bergelimang dosa diampuni Allah karena memberi minum seekor anjing.”

Di kali lain beliau bersabda, “Seorang wanita dimasukkan ke neraka karena mengurung seekor kucing tanpa memberinya makan atau melepaskannya mencari sendiri makanannya.”

Kedua contoh di atas adalah amal-amal sederhana, tapi Allah menilainya besar karena keikhlasan dan kasih sayang sosok yang memberi minum anjing dan karena keangkuhan dan ketidakpedulian yang mengurung kucing itu.

Demikian, wa Allah A’lam.

Nah itulah arti kata Marhaban Ya Ramadhan menurut penjelasan Quraish Shihab, sangat bermakna kan seperti dilansir Tribun Kaltim***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *