ASRI, Disparpora dan Nagari Kunangan Parit Gowes Bareng di Danau Biru Kamang Baru Sijunjung

  • Bagikan

BUPATI Benny Dwifa Yuswir melepas peserta Gowes rute Danau Biru Minang Gealopark di Kamang Baru Sijujung, Minggu (24/9). (Foto : ZF/HI)

SIJUNJUNG, Harianinfonesia.id – Asosiasi Sepeda Rekreasi Indonesia (ASRI) Sumbar dan Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) kabupaten Sijunjung serta Kenagarian Kunangan Parit Rantang Gowes Bareng dengan tema Explore Danau Biru Minang Geopark Cycling di Kamang Baru kabupaten Sijunjung, Minggu (24/9/2023).

Acara diadakan dalam rangka lebih memperkenalkan potensi pariwisata di kabupaten Sijunjung. Objek Danau Biru ini terletak di kecamatan Kamang baru nagari Kunangan Parik Rantang. Danau Biru ini termasuk ke dalam Geosep Geopark Silokek Sijunjung.

Geopark adalah suatu konsep wisata dimana terdapat edukasi, budaya, alam flora dan faunanya terpadu pada satu Destinasi wisata. Terkhusus untuk Geopark Silokek sekarang dalam proses untuk menjadi Warisan Dunia Unesco.

Pelepasan peserta oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir di Wahana Wisata Telabang Sakti milik Syahbudin Datuak Abu yang juga Wali Nagari Kunangan Parik Rantang.

Bupati Benny mengapresiasi event ini, karena cukup banyak peminat dari Cycling ini, terlebih dengan rute yang dilalui sangat menantang dan memikat mata dengan pemandangan indah danau Biru yang terjadi oleh bekas tambang batubara.

Sebanyak 567 orang dari 52 komunitas sepeda yang terdaftar di panitia untuk mengikuti acara sepeda rekreasi ini yang berasal dari 3 provinsi Sumbar, Riau dan Jambi.

Untuk menambah meriahnya acara ini peserta mendapatkan Dorprize berupa dua buah sepeda motor Mio keluaran terbaru, kulkas, mesin cuci dan puluhan hadiah lainnya, yang didapatkan melalui pengundian.

Hadiah utama sepeda motor matic didapatkan oleh peserta dari tuan rumah Kunangan Parit Rantang dan satunya lagi didapat oleh peserta dari Kerinci provinsi Jambi.

SIMAK JUGA :  Minangkabau Cup II, Empat Semifinalis Zona Pasbar Lakoni Laga Krusial

Kadis Parpora Sijunjung Afrineldi,SH, mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta.

“Semoga kita bisa bertemu pada tahun depan dan terima kasih untuk sponsorship, sehingga acara ini bisa terlaksana. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi dari yang sekarang.” paparnya.

Ketua ASRI Delmiwardi menambahkan bahwa pihaknya akan menjadikan kegiatan ini sebagai event tahunan karena antusias peserta juga rutenya yang bagus.

Kapolsek Kamang Baru AKP Syafrudin Arif yang ikut sebagai peserta mengatakan rutenya sangat menantang dengan jalan tanah yang berbatu serta tanjakan dan turunan yang terjal, juga tikungan extrim sangat menguras tenaga.

Acara dihadiri Pjs Wali Kota Sawahlunto Zefnihan, yang sebelumnya adalah Sekda Kabupaten Sijunjung sekaligus Ketua Geopark Silokek, Ketua Formi Sijunjung Doni Novriedi, Kapolres Sijunjung diwakili oleh Kabag Ops AKP Efendi, Dandim diwakili Danramil 09 SSD Letda Akmal dan Camat Kamang Baru Afrizal. (*)

Zalmendra Faisal

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *