Beranda INDONESIA Padang Panjang Masuk 10 Kota Cerdas di Indonesia

Padang Panjang Masuk 10 Kota Cerdas di Indonesia

Padang Panjang, harianindonesia – Kota Padang Panjang, Sumatra Barat, masuk sebagai 10 Kota Cerdas kategori kota kecil di Indonesia.

Untuk melihat langsung kondisi kecerdasan kota Serambi Mekah ini, Senin (8/10) kemarin, satu tim verifikasi dari Institut Teknologi Bandung (ITB) datang ke Padang Panjang untuk melakukan verifikasi atau tinjauan lapangan.

“Kami datang ke Kota Padang Panjang, setelah Kota berhawa sejuk itu masuk 10 besar sebagai Kota Cerdas (Smart City) kategori kota kecil,”
ungkap ketua Tim  Verifikasi RKCI Hendra Sandi, S. T, M.T ditemui sebelum  melakukan kunjungan lapangan, Senin, (7/10/2019)

Menurut Hendra, ada sebanyak 93 kota di Indonesia yang dinilai dan dipersempit lagi menjadi 30 kota yang terdiri dari 10 kota besar, 10 kota kecil dan 10 kota sedang.

Padang Panjang sendiri, kata Hendra, menjadi 10 finalis dari kota kecil. Dengan posisi seperti ini, Tim ingin melihat apa yang dimunculkan oleh Kota Padang Panjang sebagai kreasinya.

Selain melakukan verifikasi dari tanggal 7 s/d 8 Oktober, Tim RKCI datang ke Padang Panjang dengan tujuan memberikan masukan dalam menangani permasalahan yang muncul di kota  serta memberikan solusi terhadap permasalahan  itu.

“ Karena ini acaranya rating, tidak bicara tentang peringkat, harapannya dari hasil evaluasi ini setiap tahun, masing masing kota di Indonesia bisa belajar satu sama lain,” karanya.

Hendra mengharapkan  kota kota di Indonesia   bisa saling berkolaborasi menyelesaikan permasalah kota.

“Harapannya RKCI bisa membantu itu. Kota – kota itu backbondnya suatu negara. Kalau Kota Kota di Indonesia maju otomatis negara itu akan maju,” sebutnya.

Adapun indikator kota cerdas antara lain, cerdas  ekonomi, cerdas sosial dan cerdas lingkungan. “Cerdas Ekonomi bisa dicapai bila SDM nya baik, tata kelola nya baik dan pengguna teknologinya baik,” ungkap Hendra

Tim RKCI sebelumnya disambut oleh Wakil Walikota Padang Panjang, Drs. Asrul, Sekdako Padang Panjang, Sonny Budaya Putra, AP, M. Si, Plt. Kepala Dinas Kominfo Ampera Salim, SH, M. Si, Kabid E- Gov Kominfo Ario Dian Pratama, ST dan pejabat lainnya.

Wakil Walikota Padang Panjang Drs. Asrul menyampaikan rasa syukur karena Kota Padang Panjang bisa menembus 10 besar kota cerdas yang dirating oleh Tim RKCI ITB.

“Kita bersyukur, Kota Padang Panjang bisa dinilai sebagai kota cerdas. Ini adalah  pendorong semangat untuk seluruh unsur, baik dari pemerintah dan masyarakat di Kota Padang Panjang agar terus meningkatkan SDMnya, tata kelola pemerintahan yang baik, pemanfaat IT yang baik dan yang lainnya dalam  mewujudkan  Kota Padang Panjang sebagai Smart City,” ujar Asrul.

Hari  pertama verifikasi, Tim RKCI yang didampingi Wakil Walikota  Drs. Asrul dan pejabat dari Kominfo mengunjungi sejumlah pelayanan seperti, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, RSUD Padang Panjang, PSC 119 dan Kelurahan Pasar Usang  (Hrs/com/awe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here