Mubes PKDP VI Sekaligus Iven Ughang Piaman Baralek Gadang Disepakati Maret 2023

  • Bagikan

KETUA Dewan Kehormatan DPP PKDP Indonesia Mayjen CPM (Purn) Syamsu Jalal sedang memberikan arahan kepada Peserta Rapimnas DPP PKDP Indonesia di Hotel Balairung, Sabtu (3/12/2022). (Foto : Awe/HI)

JAKARTA (Harianindonesia.id) – Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) DPP PKDP Indonesia di Hotel Balairung, Matraman Jakarta, Sabtu (3/12/2022) menyepakati pelaksanaan Mubes sekaligus acara Ughang Piaman Baralek Gadang di tiga lokasi yakni Padang, Padang Pariaman dan Kota Pariaman.


“Tanggalnya sudah kita sepakati. Mubes 1-3 Desember 2022 dan acara Baralek Gadangnya dimulai tanggal 25 Februari 2023. Jadual ini sekaligus mengakhiri kisruh dualisme pelaksanaan Mubes PKDP antara Desember dan Maret 2023 yang sempat mencuat sebelum ini,” ujar Sekjen DPP PKDP Indonesia Dr Yuliandre Darwis, saat mengumumkan hasil Rapimnas didampingi Ketua DPP PKDP Indonesia Refrizal, Ketua Dewan Penasihat Prof Musril Zahari, Ketua Dewan Penyantun serta sejumlah Pengurus DPP dan DPW PKDP.

Sebelumnya DPP PKDP Indonesia melakukan rapat pleno yang juga dipimpin Yuliandre Darwis. Rapat dilakukan secara offline dan hybrid. Ketua Panitia Pelaksana Mubes Rustian juga hadir secara hybrid karena sedang berada di Cianjur, Jawa Barat dalam rangka tugas dinas BNPB.

Ketua Panitia Daerah Syaharman Zanhar juga melaporkan kesiapan DPW PKDP Sumbar untuk melaksanakan iven baralek gadang Ughang Piaman secara hybrid. Menurut Syaharman, iven baralek gadang Ughang Piaman akan diisi dengan 17 kegiatan besar yang diyakini akan memotivasi kepulangan perantau Piaman pada saat Mubes.

Sekjen DPP PKDP dalam pengantar kesimpulan Rapimnas juga menyebut bahwa momentum Mubes PKDP kali ini akan memancing semangat para perantau untuk sekaligus pulang ke Kampung.

“Sebab selama masa Covid-19 kita tidak memiliki kesempatan untuk melihat kampung. Sekalian juga waktu pelaksanaan Mubes juga dekat dengan masuknya bulan Suci Ramadhan sehingga bisa dimanfaatkan untuk silaturahmi dan bermaafan dengan keluarga di kampung,” papar Andre bersemangat.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada sejumlah DPW yang sebelumnya sempat meminta Mubes dipercepat pada bulan Desember 2022. Setelah melalui sejumlah pendekatan dan pembicaraan para Ketua DPW ini setuju dan sepakat Mubes dilaksanakan sesuai jadual semula, Maret 2022.

Ketua Panitia Pelaksana Mubes VI Rustian, yang juga menjabat sebagai Deputi Penanggulangan Bencana BNPB Pusat menjelaskan bahwa pembukaan Mubes tetap akan dilaksanakan di Hotel Trumtun Padang Padang dengan dihadiri sejumlah menteri.

Menurut dia, kehadiran para menteri tersebut bukan ‘berarti menjual PKDP’ tetapi sebagai salah satu bentuk ‘menaikan kelas’ PKDP dari hanya dikenal oleh lingkungan internal menjadi diketahui oleh elit nasional.

“Ambo (saya) yakinkan bahwa Mubes VI akan bebas dari intervensi politik. Ini saya lakukan hanya untuk menambah pembobotan PKDP sebagai organisasi nasional, mumpung saya lagi menjabat di lembaga nasional,” aku Rustian secara jujur.

SIMAK JUGA :  H. Buyung Lapau, S.Sos,MSi Masuk Tiga Besar Sekdako Sawahlunto

Menurut dia, tidak ada satu keinginan pun di dalam dirinya untuk melakukan praktik politik pada Mubes VI. Sebab dirinya bukan orang Politik. “Ini murni hanya untuk menaikan kelas PKDP sebagai paguyuban yang bersifat nasional,” kata Rustian mengulangi pernyataannya.

Dan, Rustian juga berharap dukungan dan doa dari semua Pengurus DPP, DPW dan DPD PKDP se Indonesia agar dapat menggelar iven Mubes VI di tiga daerah sekaligus yakni Padang, Padang Pariaman dan kota Pariaman.

Ketua Umum DPP PKDP Indonesia Refrizal menambahkan bahwa pelaksanaan Mubes VI dan Acara Ughang Piaman Baralek Gadang harus disukseskan secara bersama sama. Sebab ini menyangkut marwah dan harga diri urang Piaman.

“Bila perlu, iven ini juga melibatkan para perantau Piaman se Dunia. Sehingga mereka juga bisa menyaksikan acara dari negara rantaunya masing masing,” ulas Refrizal.

Sebelumnya Refrizal sempat melakukan pertemuan terpisah dengan Plt Ketum PKDP Indonesia versi sejumlah DPW PKDP Irwan dan Wakil Ketua Umum DPP PKDP Indonesia yang sempat terseret versi DPP versi DPW M Yusuf.

Menurut Refrizal, pertemuan mereka menyepakati untuk tidak menyebut nyebut lagi soal cerita lama yang pernah terjadi dan sempat menjadi catatan digital PKDP Indonesia.

Ketua Dewan Kehormatan DPP PKDP Indonesia Mayjen CPM (Purn) Syamsu Jalal SH, Mantan Dan Denpom TNI yang kini menjadi Pengacara, merasa bersyukur atas kembalinya sejumlah DPW dan Waketum DPP PKDP Indonesia ke pangkuan DPP PKDP.

“Saya bersyukur ini. Sehingga kita dapat menggelar Mubes dan acara Baralek Gadang secara bersama sama. Para perantau Piaman pasti senang dengan perkembangan ini,” ujarnya.

Syamsu Jalal meminta DPP, DPW dan DPD PKDP se Indonesia agar selalu menjaga rasa persatuan dan silaturahmi sesama, sebagai salah bentuk menjaga harmonisasi para perantau dengan kampung halaman.

Sementara itu sejumlah Ketua DPW merespon positif penyatuan penyelenggaraan Mubes di Padang, Padang Pariaman dan kota Pariaman. Namun mereka meminta pembahan secara spesifik soal logo dan mars PKDP.

Selain itu, sebagian DPW meminta acara Baralek Gadang Ughang Piaman tidak perlu banyak kegiatan tetapi nilai kemeriahannya menjadi perhatian lebih dari Panitia daerah.

Hadir secara offline dalam Rapimnas ini Ketua DPW PKDP Jawa Timur Novendri Yusdi, Ketua DPW PKDP Kaltim Jon Kennedy, Sekretaris DPW PKDP Kepri Mulawarman dan Pjs Wakil Ketua DPW Sumbar Awaluddin. (*)

Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *