KADIN Indonesia Sosialisasikan Konsep dan Keunggulan Wiki Wirausaha Penunjang UMKM

  • Bagikan

PARAMITA Mentari Kesuma sedang mempresentasikan konsep Wiki Wirausaha di depan peserta sosialisasi perusahaan katalog elektronik di LKPP Jakarta, Kamis (18/2). (Foto : Awe/HI)

JAKARTA (Harianindonesia.id) – Kadin Indonesia bersama jajaran terus menyosialisasikan program perkuatan sektor UMKM yang berjuluk Wiki Wirausaha, sebagai program unggulan Kadin Indonesia menjelang Indonesia Emas 2045.

“Program Wiki Wirausaha merupakan andalan bagi Kadin Indonesia dalam menunjang sektor UMKM. Silahkan kawan kawan dari Kadin dari seluruh Indonesia memanfaatkan fasilitas ini untuk mendorong UMKM di daerahnya,” papar Paramita Mentari Kesuma, Direktur Program Kelompok Kerja Kewirausahaan Kadin Indonesia pada acara Sosialisasi dan Bimbingan Teknis On Boarding Pelaku Usaha Katalog Elektronik di Kantor LKPP Jakarta, Kamis (18/2).

Menurut Mentari – panggilan akrab eksekutif berparas cantik ini, Wiki Wirausaha selain merupakan sarana untuk menunjang pemasaran produk UMKM juga sebagai sarana peningkatan kualitas sumberdaya manusia UMKM Indonesia.

Bergabung di Wiki Wirausaha, papar Mentari, para UMKM mendapatkan minimal tiga kemitraan utama yakni kemitraan inklusif, kemitraan akses pasar dan kemitraan pelatihan.

Dan para UMKM bisa mendapatkan fasilitas kemitraan tadi dari perusahaan besar dan berstandar internasional.

“Jadi tidak ada ruginya sama sekali bergabung dengan program Wiki Wirausaha Kadin Indonesia ini. Malah akan sangat mendukung pengembangan usaha UMKM ke depannya,” papar Mentari.

Tetapi untuk bisa mendapatkan fasilitas ini, para pengusaha UMKM di seluruh Indonesia harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai UMKM binaan Kadin Propinsi, kabupaten dan kota.

Setelah itu, lanjut Mentari, Kadin Propinsi akan menempatkan profil perusahaan UMKM tersebut di halaman wiki milik Kadin propinsi yang ada di Wiki Wirausaha Kadin Indonesia.

“Dari situlah kemudian para UMKM bisa mendapatkan fasilitas layanan yang dimiliki Wiki Wirausaha. Pola kerjanya persis seperti Wiki Pedia. Tetapi Wiki Wirausaha dikhususkan untuk produk UMKM binaan Kadin. Itu saja bedanya,” papar Mentari.

SIMAK JUGA :  KADIN Tawarkan Solusi Holistik Kenaikan Upah : Tingkatkan Daya Beli tapi tak Berakibat PHK

Sampai saat ini sudah ada sejumlah Kadin Propinsi yang sudah memanfaatkan fasilitas Wiki Wirausaha ini. Diantaranya Kadin Jawa Barat dan Kadin Jawa Tengah.

“Kita berharap semua UMKM Kadin Propinsi sudah bisa masuk ke dalam Wiki Wirausaha ini, sehingga pada saatnya nanti, ketika konsep ini berkembang dapat dinikmati oleh para UMKM Kadin Propinsi di seluruh Indonesia,” ajak Mentari.

Sebagai basis dukungan pasar dan mekanisme transaksi internasional untuk mendukung program Wiki Wirausaha ini, Ketum Kadin Indonesia Arsyad Rasyid juga sudah menandatangani kerjasama dengan Kadin Internasional dan PT Visa Worlwide Indonesia. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *