Indonesia Ikuti Ajang Promosi Wisata di Arab Saudi

  • Bagikan

Jakarta, harianindonesia.id – Sebagai upaya untuk menjaring lebih banyak wisman Timur Tengah berkunjung ke Indonesia. Pemerintah Indonesia mempromosikan sejumlah destinasi wisata alam di Tanah Air pada pameran pariwisata terbesar di Arab Saudi yakni Saudi Aramco Travel Show 2019.

Melalui Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Indonesia menjadi satu-satunya National Tourism Organization (NTO) yang akan mempromosikan destinasi pariwisata saat ajang Saudi Aramco Travel Show di Al Midra Tower, Dammam, Arab Saudi, yang digelar pada 31 Maret – 2 April 2019.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kemenpar, Nia Niscaya, di Jakarta, Kamis (28/3/2019) mengatakan pihaknya menerapkan strategi “Shifting to the Front” atau menggeser ke depan anggaran promosi pariwisata termasuk salah satunya untuk menarik wisatawan mancanegara (wisman) asal Timur Tengah khusunya Arab Saudi.

Oleh karena itulah pihaknya mengalokasikan anggaran secara khusus untuk berpromosi dalam ajang Saudi Aramco Travel Show yang digelar di awal tahun.

“Berpromosi di Arab Saudi perlu terus dilakukan lantaran wisman di kawasan itu memiliki potensi yang sangat besar sebagai salah satu fokus pasar di Timur Tengah,” kata Nia.

Meskipun pada tahun lalu wisman Arab Saudi yang berkunjung ke Indonesia menurun karena berbagai sebab, diantaranya faktor bencana yang terjadi di Tanah Air.

Pada 2018, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat kunjungan wisman dari wilayah Arab Saudi sebanyak 165.895 atau turun 8,89% dibanding pada 2017 yang mencapai 182.086 wisman.

“Kami menargetkan pada 2019 bisa mendatangkan setidaknya 200.000 wisman Arab Saudi berkunjung ke Indonesia,” kata Nia.

Nia menambahkan, dalam ajang tersebut akan dipromosikan berbagai destinasi menarik favorit wisman di kawasan Timur Tengah di antaranya destinasi wisata Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Bali.

SIMAK JUGA :  Ketua MUI Solok Selatan Apresiasi Lancarnya Pemilu 2019

“Kami berharap ini bisa menjadi daya tarik wisman Arab Saudi ke Indonesia,” ujar Nia.

Wisman asal Arab Saudi sendiri, lanjut Nia, cenderung lebih menyukai destinasi wisata alam, pegunungan dengan udara yang sejuk, suasana alam yang tenang, dan fasilitas akomodasi berbintang lima.

“Jadi yang kami promosikan dalam acara ini adalah destinasi favorit berdasarkan karakteristik wisman Arab Saudi serta beberapa destinasi potensial baru lainnya,” sebut Nia. (Wisja)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *