SHINTA Kamdani Warning Dunia Usaha, Berhati hati Ekspansi pada 2023

  • Bagikan

(foto : kredit BisnisCom)

JAKARTA (HarianIndonesia.id) ‐‐ Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Maritim, Investasi, dan Luar Negeri Shinta Kamdani memperkirakan pengusaha akan lebih waspada dalam ekspansi bisnis pada 2023 karena risiko resesi global.

“Sebenarnya, kami optimistis, tapi tetap berhati-hati. Kalau ekspansi dan lain-lain, kita mesti lihat demand-nya (permintaan) pasarnya, dan lain-lain. Yang penting sekarang, di perusahaan cost itu (biaya) tidak mempengaruhi efisiensi,” ujarnya dalam Bincang Bersama BKPM, Bappenas dan Kadin seperti dilansir Antara, Selasa (25/10).

Adapun, investasi pada sektor-sektor ekonomi yang sudah menerapkan prinsip tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) diperkirakan tetap tumbuh ke depan.

Hal ini dikarenakan Indonesia masih memiliki potensi yang belum dioptimalkan. “Perekonomian Indonesia diproyeksikan lebih baik dari negara lain, termasuk di area tertentu seperti kendaraan listrik. Itu mungkin akan terus jalan,” kata Shinta.

Investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pun, sambung dia, akan terus berlanjut karena pembangunannya menerapkan konsep smart city yang sesuai dengan prinsip SDGs.

“Selama kita bisa menjustifikasi permintaan, pasar, dan siapa saja yang akan pindah, saya rasa investor akan mau berinvestasi. Apalagi, kalau kita fokus ke investasi yang berkelanjutan,” imbuh Shinta.

Selanjutnya, sektor padat karya diperkirakan banyak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebagaimana sektor startup.

“Jadi, padat karya untuk dipertahankan karyawannya itu sulit. Bahkan mereka berupaya untuk tidak melakukan PHK, tapi sekali lagi ini sulit karena permintaan dan pasarnya menurun signifikan. Jadi, mereka banyak melakukan efisiensi,” tandasnya. (*)

Sumber CNNIndonesia.
Editor : Awaluddin Awe

SIMAK JUGA :  Dedi Mizwar : Rumdin Diperiksa Mungkin Kuatir Ada yang Hilang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *