Panglima TNI Solid Bersama Kapolri Jaga Pesta Demokrasi 2019

  • Bagikan

JAKARTA, harianindonesia.id – Panglima TNI yang baru dilantik Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan pihaknya bersama Polri akan mengamankan jalannya Pemilu yang bakal digelar pada 2018 dan 2019.

Hal itu disampaikan oleh Hadi usai dilantik Presiden di Istana Kepresidenan. Dalam keterangan itu, Hadi sendiri didampingi oleh pendahulunya, Jenderal Gatot Nurmantyo.

“Kami akan netral bagi jalannya pemilihan (umum). Kita melaksanakan kegiatan ini bersama-sama dengan polisi, kita solid dengan polisi untuk menjaga jalannya pesta demokrasi,” kata Hadi kepada pers di Istana Negara.

Dia memastikan netralitas juga akan di atas segalanya. Ketika ditanya apakah ada pesan khusus dari Presiden, Hadi menyatakan belum ada pesan khusus dari Jokowi.

“Hanya foto bersama, tak ada pesan khusus dan ada Jenderal Gatot juga,” katanya sambil tertawa.

Presiden Joko Widodo resmi melantik Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI. Pelantikan Hadi dilaksanakan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (8/12) sore.

Hadi yang sebelumnya menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) itu dilantik berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 83 TNI Tahun 2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Hadi direkomendasikan jadi Panglima TNI untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang pensiun pada 1 April 2018.

Pelantikan Hadi diawali dengan lagu Indonesia Raya yang dilanjutkan pembacaan Keppres soal pemberhentian dan pengangkatan Panglima TNI. Selanjutnya Jokowi memandu Marsekal Hadi membacakan sumpah jabatan.

Sejak Kapolda Metro

Dua hari yang lalu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyambut baik Marsekal Hadi Tjahjanto yang akan menjadi Panglima TNI menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo. Ia meyakini, di bawah Hadi Tjahjanto, hubungan Polri dengan TNI semakin baik.

“Saya sangat optimis bahwa hubungan Polri dengan TNI akan semakin baik, terutama dalam melaksanakan tugas-tugas mengamankan negara, terutama dalam pilkada,” kata Tito di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12/2017).

Tito memastikan, selama ini memiliki komunikasi yang baik dengan Marsekal Hadi. Bahkan, sejak menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya dirinya telah menilai Marsekal Hadi merupakan sosok yang memiliki pribadi yang sangat baik.

SIMAK JUGA :  Jelang Masuki Masa Pensiun, DPR Minta Presiden Tetapkan Pengganti Panglima TNI

“Sangat baik sekali, dan beliau sangat memiliki interpersonal skill yang baik. Artinya, kemampuan berkomunikasi sangat baik sekali. Saya pun sudah kenal beliau pada waktu saya Kapolda Metro dan beliau Sesmil, dan komunikasi kami sangat baik sekali. Sampai hari ini baik juga,” tutur dia.

BEN IBRATAMA TANUR

Sumber:kabarpolisi.com

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *