Kapolri Luncurkan Buku tentang Polisi Era Demokrasi di Auditorium LIPI

  • Bagikan

JAKARTA, harianindonesia.id – Kapolri Jenderal Polisi Muhammad Tito Karnavian meluncurkan buku berjudul ‘Democratic Policing’ tentang polisi di era demokrasi.

“Ini sudah cukup lama, 2 tahun lebih saat Asrena (asisten perencanaan) memikirkan road map strategi polisi. ada tahapan trust building, partnership building, membangun kemitraan, kemudian tahap membangun organisasi Polri yang kuat dapat menjadi contoh bagi yang lain,” kata Kapolri di auditorium Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Buku itu ditulis Tito Karnavian bersama peneliti LIPI Hermawan Sulistyo. Buku setebal 494 halaman tersebut membahas paradigma polisi era demokrasi di Indonesia tentang polisi bukan merupakan alat kekuasaan negara melainkan mengabdi dan melindungi masyarakat secara umum. Namun Tito melihat kepercayaan masyarakat terhadap polisi masih kurang.

“Saya pikir harus buat road map ulang, maka saya kumpulkan pemikir dan tokoh yang peduli pada polisi,” kata mantan Kapolda Papua itu.

Menurut Kapolri, karyanya bersama Hermawan dapat menjadi rujukan standar polisi ideal bagi seluruh anggota Polri dan menjadi referensi bagi akademisi atau pemerhati bidang kepolisian.

“Buku ini bisa menjadi rujukan standar policing bagi segenap anggota Polri. Di samping, pemerhati kepolisian di kalangan akademisi,” ucap Tito.

Di tempat yang sama, Hermawan sedikit bercerita mengenai kekhawatiran Tito menuangkan ide-ide tentang sosok polisi di era demokratis dalam sebuah karya tulis. Hermawan, dalam hal ini, berkontribusi menjadikan buku Democratic Policing sebagai buku yang sistematis dan sesuai harapan Tito.

“Saya bilang pak Tito jangan khawatir soal penyusunan, saya kumpulkan dan catat ide beliau kemudian kita kirim ke Pak Tito lalu kita susun bersama,” kata Hermawan. (Rizal)

Sumber:kabarpolisi.com

SIMAK JUGA :  Sindir Kapolri, Politisi Demokrat: Udah Mulai Tertular Jokowi Juga
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *