Hotel Balairung Raih Hotel Etnik Award, Sandiaga Uno : 2023 Kita Pasang Target 7,4 Juta Wisman

  • Bagikan

MENPARKERAF Sandiaga Uno menyerahkan Hotel Etnik Award kepada Hotel Balairung Jakarta yang diterima langsung Dirut Hotel Balairung Buchari Bachter di Atotel Suites Mangkuluhur Jakarta, Jumat (16/12) malam. (Foto : Awe/HI)

JAKARTA (HARIANINDONESIA.ID) : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkeraf) Sandiaga Uno mengajak para pengusaha yang bergerak dalam bidang kepariwisataan untuk bergandengan dengan pemerintah mencapai target kunjungan wisatawan mancanegara pada 2023 sebanyak 7,4 juta orang.

“Are you ready,” kata Sandiago Uno saat menyampaikan sambutan pada acara 13th Indonesia Travel and Tourism Award di Atotel Suites Mangkuluhur Jakarta, Jumat (16/12) malam.

Dalam penyerahan award bagi pelaku pariwisata nasional ini, Hotel Balairung Jakarta, hotel milik Pemprop Sumbar dan Pemda kabupaten dan kota, juga berhasil meraih Award dengan kategori hotel etnik atau hotel yang mencerminkan nuansa kedaerahan, Minangkabau di Jakarta.

Penyerahan Award untuk Hotel Balairung dilakukan langsung oleh Menparkeraf Sandiaga Uno dan diterima langsung oleh Dirut PT Balairung Jaya, Ir. Buchari Bachter MT, disaksikan juga oleh GM Hotel Balairung Anna Augriana.

Selain Hotel Balairung terdapat puluhan hotel, dan pelaku wisata lain yang beroperasi di Indonesia yang mendapatkan Award dari ITTA.

Menparkeraf Sandiaga Uno diawal sambutannya mengemukakan bahwa meskipun sempat dilanda Covid -19 tetapi pariwisata Indonesia masih mengalami perkembangan positif selama satu tahun terakhir, ditandai dengan pencapaian target kunjungan wisman sampai November 2022 sebanyak 5,2 juta orang.

Sebelumnya, Kemenparkeraf ditargetkan kunjungan wisman diangka nominal 3,6 juta dan target maksimal 3,92 juta wisman.

“Alhamdulillah, meskipun sempat melewati masa pandemi Covid -19 tetapi kita berhasil melampaui jauh dari target kunjungan wisman menjadi 5, 2 juta,” papar mantan Cawapres Prabowo Subianto ini.

SIMAK JUGA :  Pengamat: Ganjar-Sandi Barang Bagus dari Seluruh Penjuru Mata Angin

Selain mengalami peningkatan kunjungan Wisman, Indonesia selama tahun 2022 juga mendapatkan perolehan devisa dari sektor wisata sebesar 5 miliar dolar AS, atau naik tajam dari target 1,7 miliar dolar AS.

Tahun 2023, tambah Menparkeraf, target kunjungan wisman akan ditingkatkan lagi menjadi 7,5 juta dari target terendah 3,2 juta dan target tinggi 4 juta wisman.

Untuk ini, Sandi mengajak semua pelaku pariwisata agar bersama sama pemerintah mencapai target kunjungan wisman 7,5 juta itu.

“Are ready,” kata Sandi yang disahuti siapppp oleh para pelaku pariwisata yang menerima award di acara 13th ITTA Award Foundation.

Sementara itu, Presiden ITTA Foundation Panca Rudolf Sarungu, sebelumnya menyebutkan bahwa indeks kepariwisataan Indonesia secara internasional kini sudah semakin membaik. Hal itu, menurut dia, disebabkan kualitas pelaku pariwisata nasional kini juga semakin membaik.

Direktur Utama PT Balairung Buchari Bachter mengapresiasi pemberian award kualifikasi hotel etnik untuk hotel yang dipimpinnya. Pemberian award dari lembaga foundation sebesar ITTA akan memotivasi dirinya untuk benar benar mempertegas konsep hotel Balairung sebagai hotelnya orang Minang.

“InsyaAllah saya akan bawa hasil pemberian award hotel etnik ini ke dalam rapat untuk membuat formula pelayanan Hotel Balairung sebagai hotel yang mengedepankan identitas hotel orang Minang, termasuk dalam konsep F&Bnya,” ujar Ketua Kadin Sumbar ini. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *