Genius Umar, Satu satunya Walikota Luar Jawa Terima Satyalencana Wira Karya dari Presiden Jokowi

  • Bagikan

WALIKOTA Genius Umar bersama anak muda Pariaman yang sedang bermain Tambua Tasa. Tambua Tasa adalah alat tradional yang dipakai pada saat iven Tabuik yang setiap tahun digelar di kota Pariaman. (Foto : kredit Diskominfotik Pariaman)

JAKARTA (HARIANINDONESIA.ID) : Walikota Pariaman Dr. Genius Umar, SSos, MSi menjadi walikota satu satunya dari luar pulau Jawa bersama tiga kepala daerah lain yang menerima Satyalencana Wira Karya dari Presiden Jokowi.

Tiga kepala daerah lain menerima penghargaan yang sama dengan Genius adalah Bupati Kulonprogo, Bupati Pasuruan dan Walikota Probolinggo.

“Benar, besok. Insya allah saya akan menerima Satyalencana Wira Karya dari Bapak Presiden,” tulis Genius Umar, dalam satu penjelasannya seperti dikutip oleh Qayyuwnews.id, Senin (12/12/2022) malam.

Genius Umar juga mengakui bahwa dirinya juga sudah menerima undangan dari pihak Istana Negara untuk menghadiri acara tersebut.

Penyerahan penghargaan dari Presiden Jokowi kepada Genius Umar dkk akan dilakukan bersamaan pada acara Peringatan Hari Nusantara 2022 di Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Penghargaan Satyalencana Wira Karya adalah tanda kehormatan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada para warganya yang telah memberikan darma bakti yang besar kepada negara dan bangsa Indonesia sehingga dapat menjadi teladan bagi orang lain.

Penyerahan penghargaan tanda kehormatan ini mulai ditetapkan sejak tahun 1962 lalu. Satya lencana ini juga dapat diberikan secara anumerta. Selain kepada warga negara Indonesia, warga negara asing yang telah memenuhi syarat juga dapat diberikan tanda kehormatan ini.

Satyalancana Wira Karya berbentuk lingkaran berwarna perunggu yang sisi luarnya berupa bentuk setangkai padi dan kapas. Setangkai kapas tersebut terdiri atas 17 daun dan 8 bunga kapas sementara setangkai padinya terdiri atas 45 butir padi.

SIMAK JUGA :  Jaksa Tuntut Jonru 2 Tahun Penjara

Angka-angka ini menunjukkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Di bagian tengah atas Satyalancana terdapat bintang bersudut 5 yang di belakangnya terlukis 11 berkas sinar. Di tengah satyalancana terlukis perisai yang berisi lambang-lambang Pancasila. Di bawah perisai tersebut terdapat pita yang bertuliskan “WIRA KARYA”.

Satyalancana ini digantungkan pada pita penggantung yang berwarna dasar hijau dengan 5 lajur putih di atasnya. Sama seperti satyalancana lainnya, penerima tanda kehormatan ini akan menerima bentuk satyalancana dan miniaturnya. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *