Maju Pada Pilkada 2024, Kolonel Laut (Purn) Yon E Suhaimi Siap Benahi Limapuluh Kota

  • Bagikan

SARILAMAK – HARIANINDONESIA.ID

Kuatnya aspirasi dari masyarakat menjadi alasan Kolonel Laut (Purn) Yon E Suhaimi, SH menyatakan dirinya siap maju menjadi calon Bupati Limapuluh Kota periode 2024. Kolonel laut (Purn) Yon E Suhaimi, SH berasal dari Nagari Balai Talang Guguak 8 Koto, Kecamatan Guguak, Kabupaten 50 Kota yang pernah menjabat sebagai Kepala Oditur Militer Tinggi II Jakarta dan beberapa Kodam hingga 2018 silam.

Yon mengklaim, jika keseriusan dirinya mencalonkan diri sebagai Bupati Limapuluh Kota atas dasar kuatnya aspirasi dan dorongan dari masyarakat.

“Insya Allah, di Pilkada Limapuluh Kota 2024 mendatang saya siap mencalonkan diri sebagai Bupati Limapuluh Kota,” kata Yon kepada Majalah Rantau, Minggu, 16 April 2023.

Selain dorongan dari banyak pihak untuk mencalonkan diri sebagai Bupati Limapuluh Kota itu karena sebuah panggilan hati. “Karena banyaknya dorongan dari masyarakat akhirnya saya memantapkan diri untuk maju sebagai calon Bupati Limapuluh Kota dan Alhamdulillah keluarga serta kerabat mensuport,” ucap Yon.

Dalam hal ini, Kolonel laut (Purn) Yon E Suhaimi, SH mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergandengan tangan membangun Kabupaten Limapuluh Kota serta hilangkan perbedaan pilihan yang terjadi selama masa Pilkada 2024 mendatang.
“Adapun tujuan kita membangun Kabupaten Limapuluh Kota secara serius dengan kebersamaan, untuk itu mari kita bahu membahu dan bekerjasama demi Limapuluh Kota yang maju dan sejahtera,” ujarnya.
Tidak lupa juga, Kolonel laut (Purn) Yon E Suhaimi, SH mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang mendukung saya untuk membangun kampung halaman,”Terimkasih saya ucapkan kepada semua lapisan masyarakat Kabupaten Limapuluh Kota tanpa terkecuali,” ucapnya.

Lebih lanjut, Yon E Suhaimi mengatakan bahwa tanpa adanya dukungan dari semua pihak tentu tidak akan terwujud niat untuk menjadi Calon Bupati pada Pilkada Limapuluh Kota 2024 mendatang, semoga kedepan bisa bersama-sama menjalankan visi dan misi,”Basamo Mako Manjadi yang diusung nanti,” ujarnya.

Terkait hal ini, Yon E Suhaimi menjelaskan bahwa visi dan misi nanti yang akan diusung adalah sector pendidikan dan kesehatan, “Tanpa kerja sama dan dukungan masyarakat, jajaran Organisasi Perangkat Daerah, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, DPRD dan media maka visi misi ini tentu tidak akan terlaksana dengan baik,” katanya.

Yon E Suhaimi merasa sangat bersyukur atas kepercayaan masyarakat dalam membenahi kampong halaman dan untuk memimpin Limapuluh Kota untuk lima tahun kedepan,”Semoga amanah ini dapat di wujudkan untuk membangun Kabupaten Limapuluh kota kedepannya,” harapnya.

Untuk mambangkik batang tarandam tersebut, Kolonel laut (Purn) Yon E Suhaimi, SH akan mengusung konsep ‘Lima Tuntas’ yang ditawarkan ke masyarakat untuk menyelesaikan berbagai persoalan di daerah itu ke depannya.

Adapun konsep ‘Lima Tuntas’ yang dimaksud Santun dan Pantas yakni :
Pertama, Bidang perkebunan, yang sebagian besar sudah dilakukan jauh hari sebelumnya dan bersosialisasi dengan masyarakat, konsep ini nantinya akan dikolaborasikan dengan apa yang telah dilakukan bersama teman profesi sebagai Petani se Nagari Limapuluh Kota sebelumnya.

Kedua, Tuntas Pendidikan, Kebudayaan dan Pariwisata, dengan mengusung program satu KK satu Sarjana melalui tunjangan Beasiswa. Hal ini dibarengi dengan pendirian Universitas di daerah ini.
Para guru dan murid berprestasi, akan kita berikan apresiasi, ini harus diperhatikan dengan beasiswa nasional, bahkan internasional,”Kita juga berjanji mendorong terciptanya lingkungan sekolah yang bersih dan nyaman bagi proses belajar dan mengajar,” katanya.

SIMAK JUGA :  Ketika Ibu Negara Fatmawati Meninggalkan Istana

Ketiga, Sektor wisata, pihaknya bakal mendorong potensi Objek Wisata menuju dunia sebagai daya tarik wisawatan ke Limapuluh kota, yang dibarengi dengan wisata halal dan ramah anak bagi semua kalangan. Hal ini tentu harus ditunjang dengan kesejahteraan tenaga kesehatan dan kader Posyandu, “Kita juga akan upayakan asuransi bagi pekerja informal yang melingkupi petani, buruh, pekerja bengkel, sopir, tukang, dan lainnya. Bagi yang belum tercakup dalam BPJS, kita upayakan ada asuransi yang menjamin layanan kesehatan terbaik buat mereka,”

Keempat, Tuntas Tata Kelola Pemerintahan. Ini dicanangkan ‘Peduli 24 jam’. Ini tidak sulit, jika terpilh menjadi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Limapuluh kota, banyak bantu UKM dan kelompok Pertanian.
“Bupati serta Wakil siap dihubungi warga yang membutuhkan 24 jam untuk mengatasi kesulitan dan permasalahan warga, apalagi bencana alam dan segala Macam bentuk kesusahan masyarakat,” tegas, Kolonel laut (Purn) Yon E Suhaimi, SH.

Adapun hal ini diakui tokoh masyarakat Limapuluh kota Anjang, dari Nagari Koto Kociak Kabupaten Limapuluh kota.
Ia mengatakan, selama ini Yon Asli Balai Talang Guguak 8 Koto, Kecamatan Guguak selalu bisa hadir di tengah masyarakat pukul berapa pun. Kepedulian ini tentu perlu diturunkan ke Aparatur Sipil hingga tingkat terendah nantinya.
Di bidang ini juga termasuk Tuntas Infrastruktur, IKK (Ibukota Rancak) dan Program Mangkrak. “Sudah kewajiban bagi pemerintahan untuk membangun infrastruktur yang memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari dan peningkatan perekonomian hingga ke pelosok daerah.
“Termasuk di dalamnya menyelesaikan IKK guna mewujudkan Ibu Kota Kabupaten Nan Rancak, dan program-progam yang mengkrak selama ini,” tegasnya.
Pihaknya juga akan memberikan penghargaan termasuk jenjang karir bagi aparatur sipil Negara (ASN) yang berprestasi nantinya.

Kelima, Tuntas Tani. Program ini sangat penting bagi kesejahteraan masyarakat, karena sebagian besar masyarakat Limapuluh Kota bergerak di sektor ini. “Insya Allah kami sudah bertahun-tahun berusaha di bidang ini bersama petani kabupaten Limapuluh kota,”katanya.
Yon E Suhaimi mengatakan dari pengalamannya bersama para petani di Limapuluh Kota sangat membutuhkan peralatan pertanian, benih dan bibit unggul serta pupuk, maka dari itu pentingnya ada Perda Perlindungan Hak dan Pemberdayaan Petani, Hal itu ditunjang dengan disedikannya asuransi hasil pertanian.

Kolonel laut (Purn) Yon E Suhaimi, SH juga mendorong adanya Pasar Tani terbesar di Sumatera Barat, mengingat Limapuluh kota dilalui lintasan dari Riau, dan salah satu pintu Tol ke Pekanbaru,”Kesempatan ini harus dimanfaatkan, agar harga hasil pertanian di daerah ini lebih bagus ke depannya,” katanya lagi.

Tidak itu saja, Kolonel laut (Purn) Yon E Suhaimi, SH akan meningkatkan pemberdayaan UMKM dan BUMNag, pendirian BUMD Tani, layanan Tabungan Tanaman Tua.
“Ini semua sebagai bentuk pengabdian ke masyarakat buah dari koalisi masyarakat yang mengusung saat ini. Kami sampai pada tahap ini karena masyarakat, berjuang bersama masyarakat dan membangun Limapuluh kota bersama, Insya Allah,” ungkapnya.

Kolonel laut (Purn) Yon E Suhaimi, SH dengan mantap mengatakan akan siap mencalonkan diri pada Pilkada 2024 mendatang, dan siap bersinergi bersama masyarakat untuk membangun dan memajukan Kabupaten Limapuluh Kota dan Kesejahteraan Masyarakat. (DEDI)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *