Anggota DPRD Minta Pemkab Barsel Lebih Perhatikan Kesehatan Warga di Bantaran Sungai Barito

  • Bagikan

Buntok – Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, H. Sudiarto meminta kepada pemerintah daerah untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan masyarakat, terutama terhadap masyarakat desa yang tinggal di bantaran sungai barito.

“Karena, kesehatan masyarakat memiliki peran penting dalam upaya peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),” ucapnya, Senin (25/03/2024).

Selain untuk peningkatan kualitas SDM, kesehatan masyarakat juga dapat menanggulangi masalah kemiskinan ekstrem serta pembangunan ekonomi, dan salah satu komponen utama dalam pengukuran pendidikan serta pendapatan masyarakat dalam Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Maka dari itu masyarakat di bantaran sungai barito dan di pelosok-pelosok pedesaan perlu mendapatkan pelayanan kesehatan yang optimal guna menjamin kondisi kesehatan mereka,” terangnya

Ia menuturkan, sementara untuk meningkatkan pelayanan kesehatan, pemerintah daerah harus memperhatikan ketersediaan tenaga kesehatan, obat-obatan yang lengkap, mutu pelayanan, sara dan prasarana fasilitas kesehatan, serta manajemen yang transparan, sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Dengan begitu warga desa di bantaran sungai barito dapat mengakses layanan kesehatan dengan mudah,” tutur pria yang akrab disapa H. Sudit itu.

Kondisi kesehatan masyarakat mesti diperhatikan sejak dini, hal itu bukan sekadar untuk memastikan SDM yang unggul, melainkan juga untuk mencegah berbagai masalah kesehatan, dan menjaga kualitas kesehatan generasi berikutnya, seperti kematian ibu dan anak serta stunting.

“Dengan kita memperhatikan kondisi kesehatan dapat mengurangi beban penyakit, memperbaiki sjistem kesehatan, dan menciptakan masyarakat yang lebih sehat, berdaya dan unggul,” kata H. Sudiarto. (VG)

SIMAK JUGA :  Agus Rifai PhD : Perpustakaan Sekolah Harus Berani Punyai Konsep Anti Menstrim
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *