10 Hari Terakhir, China Nol Kematian karena Corona

  • Bagikan

Jakarta, Harianindonesia.id ‐ Sikap tegas Pemerintah China dalam menangani Virus Corona membuahkan hasil. Selama 10 hari terakhir tak ada kasus meninggal terbaru akibat virus corona (Covid-19).

Pada Sabtu (25/4) mereka hanya melaporkan 12 kasus terbaru, yakni 11 kasus berasal dari luar negeri dan satu transmisi lokal di kawasan Heilongjiang.

Saat ini, berdasarkan data Komisi Kesehatan Nasional China, masih terdapat 838 pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit, sementara sekitar seribu orang lainnya menjalani karantina mandiri dan dalam pantauan karena hasil tes positif tapi tak menunjukkan gejala.

Berkurangnya kasus dan angka kematian akibat virus corona membuat pemerintah China memutuskan pada pekan lalu mencabut kebijakan lockdown di Wuhan yang menjadi pusat penyebaran Covid-19. Sebelumnya lockdown telah berlangsung 76 hari, tulis CNNIndonesia.com

China menjadi negara pertama yang menjadi sumber pandemi virus corona. Berdasarkan data Johns Hopkins pada Sabtu (25/4), China telah melaporkan 83.885 kasus positif virus corona dan 4.636 orang meninggal. Sekitar 4.512 kasus meninggal terjadi di Hubei yang menjadi episentrum penyebaran virus.

Hal itu membuat China sempat berada di urutan pertama negara dengan kasus serta jumlah meninggal tertinggi di dunia sejak Februari. 

Namun kini, tingkat penyebaran di China sudah menurun. Penjagaan mulai dikurangi meski mereka tetap bersiap untuk mencegah gelombang kedua virus. Mereka juga memperketat penjagaan di perbatasan dengan Rusia demi menekan penyebaran virus corona.

Saat ini penyebaran virus corona terpusat di Amerika Serikat serta beberapa negara Eropa dan Timur Tengah. AS saat ini menjadi negara dengan kasus terbanyak di dunia yakni 890.524 kasus, diikuti Spanyol, Italia, Prancis, Jerman, Inggris, Turki dan Iran.

SIMAK JUGA :  Sungai Efrat dan Tigris di Arab Alami Kekeringan Terburuk Sejak 900 Tahun Terakhir

Catatan nihil kematian juga terjadi di Korea Selatan yang sempat melaporkan lonjakan pasien positif corona dalam dua bulan terakhir. Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Korea melaporkan 10 kasus baru pada Sabtu (25/4) dengan nihil kematian.

(awe)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *