Musfi Yendra dan Istri Terima Penghargaan Ayah-Bunda GenRe Sumbar 2023

  • Bagikan

PADANG (Harianindonesia.id) – Pasangan suami istri Musfi Yendra dan Syafitri Ikhnas terima penghargaan Ayah-Bunda Generasi Berencana (Ayah-Bunda GenRe) tahun 2023 dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatera Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Provinsi Sumatera Barat, Gemala Ranti, didampingi oleh Bunda GenRe Sumatera Barat, Harneli Mahyeldi dan Sekretaris Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Nova Dewita, pada malam kegiatan GenRe Awards, 29 Juli 2023, di Hotel Truntum, Padang.

Musfi Yendra menerima penghargaan Ayah GenRe kategori Inspirator. Penghargaan kategori ini diberikan kepada akademisi yang menunjukan komitmen melakukan pembinaan terhadap remaja. Terutama GenRe di lingkungan perguruan tinggi, Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) yang telah mendapatkan prestasi minimal tingkat kabupaten dan kota di Sumatera Barat.

Musfi merupakan dosen Univeritas Ekasakti yang aktif membina generasi muda secara formal di kampus. Selain itu juga membina berbagai organisasi dan komunitas remaja di berbagai perguruan tinggi dan ekstra kampus.

Melalui lembaga Dompet Dhuafa Singgalang yang ia bina, juga menyalurkan berbagai bentuk beasiswa kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu.

Sementara istrinya Syafitri Ikhnas, menerima penghargaan Bunda GenRe kategori Motivator. Bunda Motivator diberikan kepada pegiat sosial yang aktif melakukan pengasuhan dan pembinaan terhadap anak-anak serta remaja. Sisi panggilan akrabnya adalah seorang pelatih pendidikan keluarga nasional di Yayasan Rangkul Keluarga Kita Berdaya (Rangkul). Melalui lembaga itu ia aktif memberikan edukasi dan pelatihan parenting di berbagai sekolah, organisasi dan komunitas.

Sekretaris Perwakilan BKKBN Sumatera Barat Nova Dewita mengatakan, tolak ukur pemberian penghargaan Ayah Bunda GenRe Awards ditentukan secara langsung oleh Tim Penghargaan Internal Perwakilan BKKBN Sumatera Barat.

“Tim penilaian dipimpin langsung oleh Kepala Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Sumatera Barat dan dilaporkan kepada Gubernur. Pengharagaan ini  diberikan kepada tokoh, akademisi, kepala daerah, pegiat sosial serta guru yang memiliki komitmen dalam pembangunan sumber daya manusia melalui program Generasi Berencana di kabupaten dan kota,” ungkapnya.

Ditambahkannya, untuk Ayah Bunda GenRe dibagi empat kategori pengharagaan. Inspirator untuk rektor dan akademisi, Pengayom dan Kolaborator untuk pimpinan daerah atau istri kepala daerah,  Kreator untuk Kepala sekolah atau guru, dan Motivator untuk pegiat sosial.

SIMAK JUGA :  Kapolres Solok Selatan Intensif Berikan Penyuluhan Covid -19

Sejumlah tokoh dan pejabat daerah yang menerima penghargaan Ayah GenRe yaitu, Musfi Yendra (Akademisi Universitas Ekasakti), Ganefri (Rektor UNP), Erman Syafar (Walikota Bukittinggi), Yulfian Efi (Wakil Bupati Solsel), Zigo Rolanda (Ketua DPRD Solsel), Andriwarman (Bupati Agam), Suhatri Bur (Bupati Padang Pariaman), Fadly Amran (Walikota Padangpanjang), Ridwan Tulus dan Yusrizal KW (Pegiat Sosial).

Sementara untuk kategori Bunda GenRe yaitu Betti Mulyani (Wakil Ketua TP PKK Solsel), Fiona Agyta Erman Syafar (Ketua TP PKK Kota Bukittinggi), Yenni Andri Warman (Ketua TP PKK Agam), Irda Suryani (Kepala Sekolan SMAN 2 Lintau), Alfi Hidayati (Kepala Sekolah SMAN Padangganting), Yurnilis (Kepala Sekolah SMAN Padangpanjang), Yusrita Suhatri Bur (Ketua TP PKK Kab. Padangpariaman) dan Syafitri Ikhnas (Pegiat Sosial).

Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas DP3AP2KB Provinsi Sumatera Barat, Gemala Ranti, mengatakan bahwa melalui program GenRe bisa menyiapkan generasi terbaik ke depan.

“Kita akan menghadapi Indonesia Emas 2045, yaitu peringatan 100 Tahun Kemerdekaan Indonesia, maka kita harus menyiapkan generasi yang memiliki ilmu, skill, akhlak dan iman yang kuat. Kita yakin melalui program GenRe ini akan bisa menyiapkan generasi terbaik untuk masa depan yang penuh persaingan,” ungkapnya.

Musfi Yendra dan istrinya Syafitri Ikhnas mengatakan, penghargaan tersebut menjadi tantangan ke depan untuk terus terlibat aktif membina generasi muda.

“Sebagai Ayah Bunda GenRe, penghargaan ini menantang dan memberikan spirit bagi kami berdua untuk terus konsisten melakukan pembinaan terhadap generasi muda di Sumatera Barat. Terima kasih kami ucapkan kepada Kepala BKKBN Sumbar dan juga Pak Gubernur,” katanya dengan semangat.

Rektor Universitas Ekasakti, Prof. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd, yang hadir dalam acara GenRe Awards 2023, mengapresiasi penghargaan yang diterima Musfi Yendra.

“Musfi Yendra membawa harum nama kampus Universitas Ekasakti melalui penghargaan ini.  Semoga ini juga menjadi motivasi bagi dosen lain agar terus mengabdi kepada masyarakat melalui kegiatan yang bermanfaat,” ungkapnya.(*)

(Relis)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *