SATUPENA Hadirkan Slamet Hendro Kusumo Pada Diskusi Memotret Kritik Politik Dalam Pameran Lukisan dan Karya Seni Visual

  • Bagikan

HARIANINDONESIA.ID – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mendiskusikan tentang memotret kritik politik dalam pameran lukisan dan karya seni visual.

Obrolan Hati Pena #121 tentang memotret kritik politik itu akan berlangsung di Jakarta, Kamis 8 Februari 2024, pukul 19.00-21.00 WIB.

Pembicara pada diskusi ini ialah Dr. Slamet Hendro Kusumo, SH., MM, Ketua Dewan Penasihat Satupena Jawa Timur.

Panitia diskusi menyatakan, pameran lukisan dan karya seni visual Slamet Hendro Kusumo, yang berjudul “Owah Gingsir” ditampilkan di Kota Batu, Jawa Timur pada awal Februari 2024 ini.

Fenomena politik di satu sisi dipuja karena menggiurkan, bahwa kuasa itu dipandang sebagai hal paling puncak dalam capaian peradaban manusia.

Politik dimaknai tidak saja sebagai persoalan tentang hal-hal yang ideal. Politik adalah satu cara yang sistematik untuk menata, mengatur, bagi kehidupan berbangsa dan bernegera secara koneksitas.

Politik kadang dapat meneror kehidupan, menghancurkan nilai-nilai kemanusiaan, dan menghasilkan kondisi yang disebutnya sebagai “owah gingsir” atau zaman kegelapan.

Demokrasi, yang seharusnya melibatkan setiap individu, terkadang terpinggirkan dan melenceng dari idealisme filosofisnya.

Slamet Hendro Kusumo menggambarkan kondisi politik sebagai gejala kaliyuga, menciptakan jiwa-jiwa yang sakit, dan mengubah manusia menjadi figur serakah dan kejam.

Dalam konteks ini, ia menyatakan keprihatinannya terhadap hilangnya empati, musyawarah mufakat, keadilan, dan kesejahteraan dalam dunia politik modern.

Acara diskusi ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena121. Juga bisa melalui livestreaming: Youtube Channel, Hati Pena TV.

Selain itu, lewat Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena.

Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan. (K) ***

SIMAK JUGA :  Usai Diguyur Hujan, Masih Ditemukan 5 Titik Api di Palangka Raya
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *