SATUPENA Hadirkan Fanny J. Poyk dalam Diskusi tentang Tips Mempertahankan Hidup sebagai Penulis

  • Bagikan

JAKARTA – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan menyelenggarakan diskusi bertema Tips Mempertahankan Hidup sebagai Penulis.

Obrolan Hati Pena #111 tentang cara mempertahankan hidup sebagai penulis itu akan berlangsung di Jakarta, pada Kamis, 23 November 2023, pukul 19.00-21.00 WIB.

Pembicara pada diskusi ini adalah penulis Fanny J. Poyk dengan pemandu Elza Peldi Taher dan Anick HT.

Panitia diskusi menyatakan, di tengah kian berkurangnya media mainstream atau koran yang beredar sekarang ini, kehidupan seorang penulis, baik cerpenis, penyair atau kolomnis akan mengalami kegelisahan, yang diam-diam menghantui pikirannya.

Terlebih lagi bagi mereka yang berharap honor pada media cetak seperti selama ini.

Secara nyata, honor di media cetak pastinya lebih besar dibanding di media online. Malah terkadang ada media online yang tak memberinya bayaran.

Lalu apa yang harus dikerjakan oleh penulis agar bisa menghidupi dirinya dan keluarganya?

Ada beberapa tips yang bisa dilakukan menurut Fanny J. Poyk , seorang cerpenis yang amat produktif menulis, di dalam menghadapi situasi seperti itu.

Fanny J. Poyk adalah wartawan dan redaktur lulusan jurnalistik di Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta (IISIP) dan mulai menggeluti profesinya 1994-2004 di Tabloid Fantasi.

Selain itu, ia pernah menjadi Pemimpin Redaksi Majalah Sastra Komodo Courier dan Majalah Orchid Magazine, yang sebelumnya bertugas sebagai konsultan media di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan SMA.

Kecintaannya pada cerita fiksi sudah ada sejak remaja dan menuangkannya dalam sebuah tulisan yang dimuat di berbagai media massa lokal, beberapa karyanya adalah Pelangi di Langit Bali, Sayonara Narkoba, dan Perkawinan Lintas Budaya.

Seiring berkembangnya teknologi, ia merambah ke dunia digital dan menjadi penulis di salah satu website lingkungan hidup. Tidak cukup disitu saja, ia juga aktif dalam membagikan ilmu jurnalistiknya pada beberapa aktivis.

SIMAK JUGA :  Sukseskan Pemilu Serentak 2024, Rezka bersama KPU Gelar Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih

Diskusi ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena111. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan. (K) ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *