Gubernur Irwan Prajitno Ikut Melayat ke Rumah Duka Orang Tua Genius Umar

  • Bagikan

DOA – Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Walikota Pariaman Genius Umar terlihat sedang berdoa disebelah jasad Alm Ali Umar BA yang berpulang Rabu (27/5). (foto : ist)

Pariaman, harianindonesia.id — Gubernur Sumbar Irwan Prayitno ikut melayat ke rumah duka Almarhum Ali Umar BA, ayahnda Walikota Pariaman Dr Genius Umar, yang meninggal dunia Rabu (27/5) di rumahnya di Kampuang Sato Desa Pauh Timur Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Irwan datang ke rumah duka bersama istrnya Nevi dikawal ajudan dan sopir menjelang Zuhur. Tapi tak lama IP meninggalkan kediaman almarhum Ali Umar BA, setelah sebelumnya sempat berdoa disamping jasad almarhum didampingi Genius Umar.

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni juga terlihat hadir di rumah duka Almarhum Ali Umar BA dan sempat terlibat pembicaraan panjang dengan Genius Umar.

Ketua PKB Sumbar Febby Dt Bangso, juga terlihat hadir bersama Ali Mukhni di kediaman ayah Genius Umar untuk memberikan ucapan dukanya.

Jenazah alm Ali Umar sempat
tertunda dimakamkan dan baru terkubur menjelang Magrib karena harus menunggu kedatangan anaknya Jusri Umar yang juga seorang Jaksa dari Jakarta. Selama ini Jusri Umar memang sering bolak balik ke Pariaman guna melihat ayahnda yang memang sudah uzur.

Tetapi saat almarhum berpulang Jusri Umar sedang tidak berada di kampung. Sebab itu juga keluarga rela menahan pemakaman almarhum sambil menunggu Jusri Umar datang.

“Setelah Ajo Jusri Umar datang saat Ashar baru mayat dibawa ke pemakaman, sehingga penguburan baru selesai menjelang Magrib,” tulis H. Buyung Lapau, salah satu pejabat eselon II Pemko Pariaman yang juga teman satu kuliah Genius Umar di UGM.

Ali Umar BA, ayah Walikota Pariaman yang juga Calon Wakil Gubernur Sumbar dari jalur independen Dr Genius Umar, SSos, yang mantan Kadis Pendidikan era Bupati Anas Malik meninggal dunia, Rabu (27/5) pukul 10.00 WIB, dalam usia 82 tahun.

SIMAK JUGA :  Banjir dan Longsor di Jayapura, 1.300 KK Terdampak

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) kota Pariaman H. Buyung Lapau, SSos, MSI menyampaikan kabar duka ini kepada Harianindonesia.id melalui jaringan WhatApps pribadinya, Rabu siang tadi.

“innalihiwainailaihirojiun. Telah berpulang kerahmatullah Bapak Ali Umar, Ayahnda Walikota Pariaman Dr Genius Umar pukul 10.00 WIB tadi,” tulis Buyung Lapau.

Jenazah almarhum sebelumnya disemayamkan di rumah duka Kampuang Sato Desa Pauh Timur Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Menurut rencana, kata Buyung Lapau, jenazah Alm Ali Umar BA dimakamkan di Pandam Pekuburan Desa Pauh Barat Kecamatan Pariaman Tengah.

Kabar meninggalnya Ali Umar BA dengan cepat meluas ke kalangan pendidikan di kota Pariaman dan kabupaten Padang Pariaman.

Ali Umar BA semasa menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Padang Pariaman masa kepemimpinan Bupati Anas Malik pada tahun 1987-an ke atas, dikenal sebagai pribadi pendidik dan birokrat pendidikan yang simpatik.

Sikapnya yang lugas, tegas dan penuh perhatian membuat dirinya disukai banyak orang, tidak hanya kalangan dunia pendididikan tetapi juga di kalangan wartawan.

Almarhum Ali Umar BA adalah salah satu kepala dinas saat itu yang paling populer dikalangan wartawan. Sebab sikapnya sangat terbuka dan berjelas jelas, sehingga semua wartawan yang meliput di Pemda Padang Pariaman tak ada yang tidak mengenal dirinya.

Dalam bertugas Ali Umar dikenal tegas tapi penuh perhatian dan sangat memahami posisi guru. Masa kepemimpinan Ali Umar hampir tak pernah didengar ada guru dimutasi ke daerah terisolir.

Dan dimasa kepemimpinan Ali Umar BA pula gonjang ganjing tentang permainan di dinas pendidikan nyaris tak terdengar.

Atas prestasi itu pula Ali Umar BA menjadi salah satu pejabat eselon II yang disenangi Bupati Anas Malik dan selalu masuk dalam job eselon II setiap kali terjadi mutasi di Pemda Padang Pariaman.

(awe)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *