Bawaslu Sawahlunto dan Jajaran Fokus Awasi Distribusi Logistik Surat Suara Meski Sempat Diguyur Hujan,

  • Bagikan

Seorang Anggota panwascam tengah mengawasi distribusi logistik surat suara di Desa Lumindai, Kecamatan Barangin, Sawahlunto. ( Foto : Indra Yosef)

SAWAHLUNTO – HARIANINDONESIA ID : Distribusi logistik surat suara pemilihan umum serentak 14 Februari 2024 keberbagai gudang PPS di 37 desa dan kelurahan di Kota Sawahlunto, Sumatera Barat, tetap dilakukan dalam pengawasan ketat Bawaslu beserta jajarannya di dukung aparat keamanan Polri dan TNI, meski sempat diguyur hujan beberapa lama pagi tadi, Selasa (13/2024).

Sebelum pendistribusian, KPU Sawahlunto menggelar apel pemusnahan dengan cara dibakar hasil sortir dan kelebihan kirim surat suara dari KPU RI, sebagaimana dikatakan Ketua KPU Hamdani ada 1087 lembar untuk seluruh surat suara pemilihan yang dimusnahkan, dihadiri PJ.Walikota Dr.Zefnihan,S.P, M.Si, Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Heri Subakti,S.Sos, Kajari diwakili Humas Kejaksaan Muhammad Arief, Ketua PN Sawahlunto Tofan Husna Pattimura,SH,MH , Ketua Bawaslu Junaidi Hartoni dan anggota Mitsu Pardede, Febriboy Arnendra, serta sejumlah wartawan.

Ketua Bawaslu Kota Sawahlunto Junaidi Hartoni,S.Kom kepada harianindonesia.id mengatakan, pihaknya di seluruh jajaran Panwascam, PDK, dan Panwas TPS, hari ini hingga hari H pencoblosan 14 Februari besok fokus melakukan pengawasan logistik surat suara pemilu mulai dari gudang KPU Sawahlunto hingga ke gudang PPS yang ada di 37 desa/kelurahan di Sawahlunto.

“Kami fokus melakukan pengawasan logistik surat suara yang dikirim ke berbagai gudang PPS dari gudang KPU Sawahlunto sesuai prosedur tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu. Saya menyarankan dan pastikan KPU harus memperhatikan jenis kendaraan yang digunakan untuk distribusi logistik surat suara harus aman dan pakai atap, bukan bak terbuka yang hanya menggunakan terpal plastik.” Ungkapnya.

Saran Ketua Bawaslu Junaidi Hartoni itu dilandasi atas pemberlakuan khusus dokumen negara yang harus dijaga dalam kondisi aman dan tidak cacat serta rusak diakibatkan kondisi iklim dan cuaca yang tidak bersahabat di musim hujan saat ini. Selain itu, Junaidi Hartoni menghimbau dimasa tenang saat ini diminta seluruh jajarannya mewaspadai adanya indikasi kecurangan politik uang.

SIMAK JUGA :  Fadly Amran Gerakan Mesin Gebu Minang untuk Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi

“Dalam masa tenang ini saya mengingatkan rekan-rekan jajaran Bawaslu tetap lakukan patroli pencegahan politik uang hingga hari pemungutan suara Rabu besok, 14 Februari 2024. Kami akan keliling desa dan kelurahan untuk memastikan ke masyarakat agar meningkatkan partisipasinya menggunakan hak pilih dan mengurangi terjadinya pelanggaran.” Tukuk dia.

PJ Walikota Sawahlunto Zefnihan dibagian sambutan jelang pelepasan alur distribusi logistik surat suara menghimbau masyarakat untuk mensukseskan pesta demokrasi pemilu 2024 berpartisipasi dalam memberikan suaranya dengan menggunakan hak pilih agar tingkat partisipasi pemilih dalam pemilu sekarang ini lebih baik. Selain itu, Zefnihan berharap masyarakat tetap menjaga kerukunan dan situasi politik tetap kondusif.

Kapolres Sawahlunto AKBP Purwanto Heri Subekti menyebutkan, hingga saat ini situasi keamanan secara keseluruhan di Kota Sawahlunto masih terkendali dan kondusif. Dia juga berharap kepada seluruh masyarakat untuk tetap mempertahankan situasi dan kondisi damai sekarang ini dalam mengahadapi pemilu besok.

Untuk kelancaran dan antisipasi terjadinya permasalahan transportasi akibat cuaca dan hak lain yang tidak diduga, Kapolres Purwanto siap untuk mengoperasikan 2 unit kendaraan truk milik Polri yang memiliki atap atau tenda untuk melindungi logistik pemilu dari hujan dan kerusakan. (Indra Yosef)
[13/2 16.56] Donny Magek Piliang: Seorang Anggota panwascam tengah mengawasi distribusi logistik surat suara di Desa Lumindai, Kecamatan Barangin, Sawahlunto. (*)

 

(Indra Yosef)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *