Presiden Jokowi Bawa Kabar Baik untuk Kades dan Perangkat Desa, Selamat Ya!!

  • Bagikan

Ilustrasi

Harianindonesia.idJakarta, Kabar baik untuk para kades dan perangkat desa dari Presiden Jokowi. Mulai tahun 2024, kades dan perangkat akan mendapatkan uang pensiun.

Hal ini setelah UU Desa Terbaru diteken Presiden pada Mei 2024 lalu. Berdasarkan undang-undang tersebut, selain menambah tambahan masa jabatan, kades atau perangkat akan mendapatkan tunjangan purna tugas atau pensiun.

Tunjangan pensiun ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 Pasal 26 Ayat 3 Huruf d yang menyebut “Mendapatkan tunjangan purna tugas satu kali di akhir masa jabatan sesuai kemampuan keuangan desa yang diatur dalam peraturan pemerintah.”

Tunjangan purna tugas dianggap sebagai penghargaan yang sah bagi Kepala Desa yang telah menyelesaikan jabatannya.

Undang-Undang Desa juga menjamin tunjangan jaminan sosial, kesehatan, dan ketenagakerjaan untuk pemimpin desa ini.

Aturan lain yang diubah melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2024 adalah masa jabatan. Di mana, masa jabatan kades ditambah dari semula 6 tahun menjadi 8 tahun.

Namun, jumlah periode masa jabatan dikurangi dari tiga periode menjadi dua periode. Dengan demikian, total masa jabatan seorang kades bisa mencapai 16 tahun.

UU Desa yang baru disahkan juga mengamanatkan adanya persyaratan calon dalam kontestasi pemilihan Kades.

Sebagaimana tercantum dalam Pasal 33, di antaranya berusia paling rendah 25 tahun pada saat mendaftar dengan pendidikan terendah tamat SMP atau sederajat.

SIMAK JUGA :  Deklarasi #2019GantiPresiden Tak Perlu Digelar di Sumbar.
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *