Prabowo Pimpin Kembali Partai Gerindra Periode 2020 – 2025

  • Bagikan

TERPILIH – Prabowo Subianto menyatakan kesediaannya kembali memimpin Partai Gerindra periode 2020 -2025 dalam Rapimnas virtual, Jumat (4/6) sampai dinihari. (foto : Kompas/Akun Instagram Resmi Partai Gerindra)

JAKARTA, HARIANINDONESIA.ID — Seluruh pengurus daerah Partai Gerindra meminta Prabowo Subianto kembali memimpin partai yang didirikannya itu untuk periode 2020-2025. Atas keinginan itu, Prabowo menyanggupi. Aspirasi daerah dianggapnya sebagai perintah partai yang harus dijalankan.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad, Jumat (5/6/2020), mengatakan, aspirasi dari seluruh pengurus daerah Gerindra itu disampaikan saat Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra yang digelar pada Kamis (4/6/2020) malam.

Dalam rapat yang digelar secara virtual dan berlangsung mulai pukul 19.00 hingga pukul 01.30 Jumat dini hari itu, pimpinan dari 34 DPD Gerindra tingkat provinsi yang membawa aspirasi seluruh DPC tingkat kabupaten/kota meminta Prabowo kembali menjadi Ketua Umum Gerindra 2020-2025.

”Dengan pertimbangan Gerindra masih butuh perekat, masih butuh figur pengayom, dan masih butuh figur yang memimpin perjuangan Gerindra ke depan,” kata Dasco.

Perjuangan itu di antaranya dalam memenangi pemilihan kepala daerah dan tantangan partai merebut hati pemilih di tengah munculnya ide menaikkan ambang batas parlemen pada Pemilu 2024. ”Seluruh komponen daerah Gerindra meminta Prabowo memimpin perjuangan tersebut,” tambahnya seperti dikutip Kompas.id, Jumat (5/6/2020).

Hasil Rapimnas Gerindra tersebut selanjutnya akan dibawa ke Kongres Gerindra untuk dikukuhkan. Namun, kapan waktu digelarnya kongres, Gerindra belum memutuskan. Tak tertutup kemungkinan kongres digelar tahun ini dengan cara virtual karena adanya pandemi Covid-19.

Ketua DPD Gerindra Sumatera Barat Andre Rosiade membenarkan keputusan rapimnas tersebut. Suara yang menginginkan Prabowo memimpin kembali Gerindra dan disuarakan pimpinan DPD saat rapimnas merupakan suara dari pengurus DPC Gerindra di tingkat kabupaten/kota. Adapun DPC menangkap aspirasi itu dari konstituen Gerindra.

SIMAK JUGA :  La Nyalla Dimintai Uang 150 Milyar oleh DPD Gerindra Jawa Timur

Ia mencontohkan di Sumbar. Hasil Rapat Pimpinan Daerah Gerindra yang dihadiri pengurus dari 19 DPC di Sumbar, awal Maret lalu, bulat menginginkan Prabowo kembali memimpin Gerindra.

Prabowo dinilai perlu memimpin kembali Gerindra karena, menurut Andre, dia merupakan tokoh paling berpengaruh di Gerindra. ”Kami belum punya tokoh semumpuni beliau,” tambahnya.

Pilpres 2024

Bahkan, tak sekadar memimpin kembali Gerindra, Andre Rosiade mengatakan, suara arus bawah Gerindra dan masyarakat Indonesia dinilai menginginkan Prabowo maju kembali menjadi calon presiden di Pemilu Presiden 2024. Pengurus Gerindra di daerah pun menangkap hal ini dan menyampaikan hal tersebut saat rapimnas.

”Seluruh DPD di Indonesia menginginkan karena itu aspirasi kader yang juga kami tangkap dari bawah (masyarakat),” katanya.

Meski demikian, keputusan mengenai pencalonan presiden itu belum akan diambil dalam kongres. Keputusan tersebut biasanya diambil partai sekitar enam bulan sebelum gelaran pilpres.

”Pak Prabowo bilang di dalam rapimnas, urusan pilpres itu 2024, masih lama. Kami biasanya selalu mengambil keputusan enam bulan sebelum pilpres. Ini terlalu cepat mengambil keputusan. Nanti saja, kami mengambil keputusan yang rasional,” ucap Andre.

(Awe/*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *