Muhammadiyah Kecam Aksi Pengeroyokan Ade Armando, Main hakim Sendiri Tidak Bisa Dibenarkan

  • Bagikan

JAKARTA, – Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti mengecam tindakan pengkeroyokan aktivis Ade Armando saat aksi unjuk rasa menolak wacana penundaan pemilu di depan Gedung DPR, Senin (11/4/2022).

Mu’ti juga prihatin saat melihat video pengkeroyokan Ade Armando. Pasalnya, dalam video itu terlihat sejumlah massa melakukan pengkeroyokan sembari beteriak ‘darah Ade Armando halal dibunuh’. Bahkan, ada massa yang mengucapkan kalimat tauhid saat melakukan pengkeroyokan.

“Apapun alasannya tindakan kekerasan dan main hakim sendiri tidak dapat dibenarkan,” kata Abdul Mu’ti kepada wartawan, Senin (11/4/2022).

Ia menegaskan bahwa Islam melarang segala bentuk kekerasan. Ia menyebut tidak ada alasan yang bisa dibenarkan dalam tindak kekerasan.

“Islam melarang manusia melakukan kekerasan atau menyakiti orang yang tidak bersalah. Betapapun tidak suka, seseorang tidak boleh berbuat kejam kepada orang lain,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia menilai pengkeroyokan itu dapat dikategorikan sebagai bentuk tindakan kriminal. Oleh karena itu, ia meminta aparat kepolisian mengusut tuntas insiden tersebut.

“Dalam hukum positif, main hakim sendiri merupakan tindakan kriminal. Pelakunya harus diusut tuntas dan diproses secara hukum,” pungkasnya.

 

Source : Jitunews

 

Editor : Abil Muhari

SIMAK JUGA :  Sri Mulyani Sebut Negosiasi Divestasi Freeport Rumit
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *