Kampanye Pamungkas Ganjar – Mahfud di Solo Dibanjiri Lautan Manusia, Ganjar : Solo Memang Spesial

  • Bagikan

Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud Md tampil bersama Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri pada kampanye pamungkas di Solo, Sabtu (10/2/2024). Mega berjanji, jika Ganjar Mahfud menang akan ada pesta besar di Solo. (Foto : TPNGM)

SOLO – HARIANIndonesia.id :

Kampanye Pamungkas Pasangan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Cawapres Mahfud MD di Solo dibanjiri lautan manusia dari seluruh wilayah Solo Raya. Ganjar menyebut fenomena ini sebagai Solo memang Spesial.

Kampanye Akbar yang menampilkan Grup Band Slank dan sejumlah artis ternama digelar di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024). Hujan sempat menerpa lokasi kampanye tetapi massa tak bergeming.

Selain dihadiri Paslon Ganjar – Mahfud, Kampanye dihadiri langsung Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Ketua, Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Arsjad Rasjid, Ketua DPP PDIP Puan Maharani, Dewan Penasihat TPN Ganjar-Mahfud Yenny Wahid, Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo, Petinggi PPP Sandiaga Uno dan Ketua Umu Partai Hanura Oesman Sapta Odang.

Capres Ganjar Pranowo saat menyampaikan orasi politiknya di depan massa menyebut bahwa Kota Solo selalu mempunyai hal yang spesial di hatinya. Terbukti, dalam ‘Hajatan Rakyat’ kali ini lautan manusia sudah menantinya di Benteng Vastenburg.

“Solo memang spesial, Mohon izin untuk partai-partai lain, memang PDI Perjuangan kandangnya dari sini,” kata Ganjar.

Capres berambut putih ini tak menyangka masyarakat rela datang untuk bertemu dengan dirinya dan Mahfud MD. Padahal, situasi di Kota Solo saat itu sedang turun hujan.

“Ibu-Bapak, saya dan Pak Mahfud menyampaikan terima kasih dukungan Solo raya luar biasa. Setelah kemarin pecah di GBK, kami ke Banyuwangi pecah lagi, kemarin kami di Bogor dahysat sekali. Dan hari ini di Solo Raya,” tutur Ganjar.

“Solo punya caranya sendiri dan gayanya sendiri. Jateng punya kekuatan sendiri dan hari ini ditunjukkan di Solo,” imbuh Ganjar.

Datang ke TPS, Coblos Nomor 3!

Ganjar Pranowo memberikan pesan khusus kepada warga Kota Solo, Jawa Tengah. Salah satu pesannya yaitu memilih pasangan Capres-Cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di tanggal 14 Februari 2024 mendatang.

“Tanggal 14 Februari, datang ke TPS, coblos nomor tiga,” ungkap Ganjar.

“Siap,” jawab warga yang hadir.

Kemudian, Ganjar juga meminta kepada masyarakat Kota Solo untuk dapat mengawasi penghitungan suara dan rekapitulasi pencoblosan.

“Dan pada saat penghitungan dan rekapitulasi, masyarakat perhatikan semua,” tutur Ganjar.

Sebab, kata Ganjar, semua proses penghitungan suara perlu dijaga agar masyarakat bisa mengetahui apakah hasil pemilihan sudah sesuai dengan kehendaknya.

“Kawal semuanya sampai akhir nanti agar masyarakat bisa melihat, itulah kehendak mereka,” tutup Ganjar.

Ganjar Pranowo juga menyerukan kepada seluruh simpatisan dan pendukung Ganjar-Mahfud bahwa Pemilu 2024 harus bisa dimenangkan secara metal atau menang total.

“Angkat tinggi-tinggi, nomor berapa?” tanya Ganjar.

“Tiga,” jawab puluhan ribu orang yang memadati Benteng Vastenburg.

“Tiga memberikan pesan makna yang mendalam. Tiga adalah nomor Ganjar-Mahfud, kita taat sama Tuhan, kita patuh terhadap hukum, dan kita selalu loyal pada kehendak rakyat, dan kita juga harus metal, menang total,” kata Ganjar yang disambut riuh penonton.

Ganjar juga menyampaikan keyakinannya bahwa dalam gelaran pemilu nanti, aparat TNI-Polri hingga ASN akan netral.

“Insyaallah TNI, Polri, ASN, penyelenggara pemilu, semua juga akan netral, semua akan netral,” kata Ganjar.

Megawati Ajak Pendukung Menangkan Solo

Sementara itu, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Prof. Dr. (H.C) Megawati Soekarnoputri mengajak warga Solo untuk memenangkan paslon nomor urut 3 di Pilpres 2024 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Megawati berjanji akan mengajak warga Solo Raya berpesta besar jika Ganjar-Mahfud jadi presiden dan wakil presiden.

Megawati menyampaikan Pemilu merupakan proses untuk mencari pemimpin yang benar. Dan Presiden Kelima RI itu menganggap hanya Ganjar-Mahfud yang bisa memimpin Indonesia dibanding kandidat lainnya.

“Pemimpin yang benar, siapa itu?” tanya Megawati yang disambut kompak lautan massa dengan meneriakkan Ganjar-Mahfud.

Atas tanggapan pendukung itu, Megawati meminta pendukungnya itu agar tidak berbohong dengan memilih paslon lain.

“Kalau bohong sama ibu lalu bagaimana? Sebuah janji, sebuah janji artinya kamu juga berjanji kepada yang di atas, kepada siapa? Kepada Allah SWT, karena kita sudah diberi kesempatan dengan pemilu ini untuk memilih pemimpin terbaik supaya bisa yang namanya Indonesia baik, rakyatnya dicintai,” kata Megawati.

Putri Proklamator RI Bung Karno itu juga menyampaikan rasa pilunya ketika ada pendukung Ganjar-Mahfud di Boyolali dihajar oleh oknum.

“Sampai anak itu saya lihat di rumah sakit pada bonyok mulutnya. Iyalah kayak gitu, terus mau dipilih orang, e, ya, ora usah,” tegas Megawati.

Megawati meminta para pendukungnya tak takut menghadapi intimidasi. Dia menyatakan pemimpin seperti Bung Karno dari umur 16 tahun ke luar masuk penjara bahkan dibuang.

“Untuk apa? Karena teguh mereka semua pendiri bangsa itu ingin yang namanya Nusantara itu menjadi sebuah negara merdeka dan berdaulat,” kata Megawati.

“Jadi, pilih pemimpin yang mengayomi kalian, bukan mengintimidasi, bukan lalu membuat kecurangan,” tambah Megawati.

SIMAK JUGA :  Data BPBD Sulsel: 18 Orang Tewas Akibat Banjir dan Longsor

Megawati mengajak pendukungnya dan kader PDIP untuk memenangkan Solo Raya.

“Kalau nanti Ibu dengar, Solo, kok, kalah, ya. Terus piye, terus piye, terus piye, terus piye, benar? Janji? nanti Ibu datang lagi, loh. Kalau menang kita pesta besar, betul, merdeka, merdeka, merdeka! Menang, menang, menang! Satu putaran!” tegas Megawati.

Ganjar-Mahfud Kirab Naik Gerobak Sapi ke Benteng Vastenburg

Sebelumnya, Ganjar dan Mahfud mengawali Hajatan Rakyat dengan berkumpul di Ono Solo. Keduanya mengikuti acara kirab dari Ngarsopuro hingga ke Benteng Vastenburg.

Ganjar yang ditemani sang istri Siti Atikoh serta anaknya Muhammad Zinedine Alam Ganjar terlihat menaiki gerobak sapi untuk membawa ke lokasi Hajatan Rakyat. Begitu juga dengan Mahfud yang menaiki gerobak sapi dengan ditemani istrinya Zaizatun Nihayati.

Kirab dibuka dengan tarian umbul dungo singkir sukerto. Setelahnya, Ganjar-Mahfud menjalani kirab menulusuri jalanan di Kota Solo.

Nampak masyarakat Kota Solo tumpah ruah untuk menemui pasangan Ganjar-Mahfud walaupun sedang diguyur hujan. Mereka rela hujan-hujanan agar bisa bersalaman atau menyapa langsung Ganjar-Mahfud.

Saat berjalan beberapa meter, rombongan pasangan Capres-Cawapres itu disuguhi penampilan Barongsai dan Liong. Lalu, Ganjar diberikan pada sebagai simbol kesuburan dan Mahfud MD diberikan dandang bambu.

Kemudian, Ganjar-Mahfud stetoskop sebagai simbol 1 desa, 1 puskesmas. Setelahnya, rombongan kirab kembali berjalan dan kemudian singgah sejenak di Balaikota Solo.

Di depan Balaikota Solo, Ganjar-Mahfud menyaksikan sajian wayang orang. Setelah perform pemain wayang orang, para pemain memberikan wayang wisang geni untuk Ganjar dan wayang semar ke Mahfud.

Usai itu, Ganjar dan Mahfud lanjut berjalan kaki menuju ke arah Benteng Vastenburg. Sepanjang jalan, dia kembali dihadang oleh masyarakat yang sudah tumpah ruah untuk hadir ke Hajatan Rakyat ini.

Begitu pula kondisi yang ada di dalam Benteng Vastenburg, sudah ramai lautan manusia sudah siap menyaksikan pidato Ganjar-Mahfud ataupun hiburan yang disajikan.

“Solo menangkan Ganjar-Mahfud,” teriak masyarakat yang hadir.

Setelah kirab, Mahfud memimpin Salawat dan doa. Mahfud mengajak ‘lautan manusia’ yang hadir untuk mengumandangkan Salawat kepada Nabi Muhammad SAW dengan Salawat Badar.

“Kita berdoa dulu untuk memohon ridho Allah SWT. Doa yang makbul diawali dengan pujian kepada Allah SWT dan Salawat. Untuk itu saya akan memimpin Salawat Badar,” ujar Mahfud dalam sambutannya.

Setelah Salawat, Mahfud memimpin doa agar Pemilu 2024 berjalan dengan sukses, aman dan damai. Tak hanya itu, Mahfud juga memohon agar para pemimpin Indonesia tidak menyalahgunakan kewenangannya dalam Pemilu 2024.

“Jadikan Pemilu 2024 sebagai Pemilu yang membuka pintu langit barokah Mu ya Allah. Jauhkanlah Indonesia dari kesewenang-wenangan pemimpinan dan kezaliman para pemimpinnya,” ucap Mahfud.

“Aamiin ya Allah,” teriak masyarakat.

Mahfud juga berharap agar pihaknya diberi kekuatan dan kemenangan Ganjar-Mahfud dalam Pilpres 20224, sehingga menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2024-2029.

“Ganjar-Mahfud tidak akan berarti apa-apa tanpa taufik dan hidayah Mu ya Allah,” tutur Mahfud.

Disisi lain, Mahfud juga mengenakan beskap kapas ramah lingkungan yang terinspirasi dari busana warisan Jawa.

Hajatan Rakyat di Solo ini diisi dari hiburan para artis nasional dan lokal, kirab, hingga pameran pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Konvoi Keliling Kota Solo Bersama Warga

Setelah menghadiri acara Hajatan Rakyat di Benteng Vastenburg, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (10/2/2024), Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD konvoi bersama masyarakat mengelilingi Kota Solo.

Ganjar menaiki mobil Jeep Willys dengan atap terbuka bersama sang istri, Siti Atikoh serta anaknya Muhammad Zinedine Alam Ganjar. Mobil itu dikemudikan oleh Ketua DPC PDIP Kota Solo FX Rudy.

Sementara, Mahfud bersama dengan istrinya Zaizatun Nihayati berada dibelakang mobil Ganjar. Selama perjalanan, mereka turut diantar oleh ratusan Vespa untuk berkeliling Kota Solo.

Selama perjalanan, baik Ganjar dan Mahfud menjadi pusat perhatian warga Kota Solo. Di mana mereka ingin bersalaman ataupun foto bersama.

Bahkan, warga Kota Solo ketika melihat Ganjar dan Mahfud kompak mengacungkan ‘Salam Metal’ kepada mereka yang menandakan bentuk dukungan.

Ganjar dan Mahfud juga membalas salam metal dengan senyuman. Seketika hal tersebut membuat semangat masyarakat yang ada dan mereka meneriakan yel-yel kepada Ganjar-Mahfud.

“Salam metal Pak. Hidup Ganjar-Mahfud,”kata warga Kota Solo kepada Ganjar dan Mahfud.

Lantaran Ganjar-Mahfud konvoi berkeliling Kota Solo, alhasil satu persatu warga yang tengah melintas akhirnya ikut mendampingi pasangan Capres-Cawapres.

Hingga akhirnya Ganjar dan Mahfud sampai di sebuah tempat makan setelah konvoi mengitari Kota Solo. Di sana, Ganjar-Mahfud mengajak warga dan pendukungnya untuk makan siang bersama.

Setelah itu, Ganjar-Mahfud menyampaikan terima kasih kepada warga Kota Solo yang sudah menyambutnya dengan ramah dan luar biasa.

“Solo memang luar biasa,” kata Ganjar.

Usai makan siang bersama dengan warga Kota Solo dan pendukungnya, Ganjar-Mahfud melanjutkan perjalanan ke Semarang untuk hadir di acara Hajatan Rakyat. (*)

Editor : Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *