Beranda BERITA UTAMA DPP Gerindra Usung Nasrul Abit dan Indra Catri di Pilgub Sumbar 2020

DPP Gerindra Usung Nasrul Abit dan Indra Catri di Pilgub Sumbar 2020

REKOMENDASI – Nasrul Abit dan Indra Catri akhirnya ditetapkan DPP Partai Gerindra sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada Pilkada Sumbar 2020. Keduanya terlihat gembira mengapit Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade dengan pose tangan mengepal. (foto : dok)

Jakarta, Harianindonesia.id – Partai Gerindra memastikan dukungannya kepada Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit dan Bupati Agam Dr Indra Catri sebagai pasangan calon gubernur dan wakil gubernurnya pada Pilkada Sumbar 2020 -2025.

Kepastian dukungan kepada Nasrul Abit dan Indra Catri (NAIC) ini disampaikan Ketua DPD Gerindra Sumbar Andre Rosiade melalui status whatsappnya di satu grup WA, Senin (22/6).

Di situ Andre Rosiade menulis :

Assalamualaikum wr wb
Salam Indonesia Raya

Bapak dan Ibu Pejuang Politik Partai Gerindra. Alhamdulillah DPP Partai Gerindra sudah mengeluarkan Rekomendasi untuk Cagub dan Cawagub Prov Sumbar. Mari kita bersiap dan berjuang bersama memenangkan Calon yang diusung oleh Partai Gerindra. Bersama kita bangun Prov Sumbar yang lebih baik. Insya Allah besok Calon kita akan konpers di Padang.

Wassalam

Andre Rosiade
Ketua DPD Gerindra Sumbar

Dalam status politik Andre ini tidak disebutkan nama calon, baik cagub maupun cawagubnya. Tetapi Andre melampirkan satu foto dirinya yang berada ditengah Nasrul Abit dan Indra Catri di satu tempat dengan tangan terkepal diangkat arah depan. Pose ketiga tokoh ini terlihat cerah dan gembira, pertanda puas dengan hasil rekomendasi partai besutan Prabowo Subianto ini.

Pada bagian atas caption status Andre tertulis kalimat pengantar, bahwa besok, Selasa (23/6) akan dideklarasikan pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit – Indra Catri oleh DPD Gerindra Sumbar, untuk bertarung di Pilkada Sumbar 2020 mendatang.

Calon Wakil Gubernur Nasrul Abit, Dr Indra Catri yang dikonfirmasikan tentang telah keluarnya rekomendasi DPP Partai Gerindra ini membenarkan bahwa dirinya dan Nasrul Abit memang telah diputuskan akan diusung pada Pilkada Sumbar 2020.

“Alhamdulillah, Insya Allah, saya dan pak Nasrul Abit maju sebagai pasangan calon Cagub dan Cawagub Partai Gerindra pada Pilkada Sumbar. Mohon doa dan restu dari semua pihak, terutama sekali dari masyarakat saya dari Agam dan Bukittinggi,” ujar Indra Catri melalui jaringan WA pribadinya, Senin (22/6) malam.

Bupati Agam dua periode ini tidak menutup kegembiraan hatinya bisa maju di Pilkada Sumbar berpasangan dengan Nasrul Abit, sekaligus memastikan mereka sebagai paslon ketiga yang telah pasti maju pada Pilkada Sumbar.

Sebelumnya pasangan independen, Fakhrizal dan Genius Umar telah mendaftarkan pencalonan mereka ke KPU sumbar. Pasangan ini sekaligus juga mengantarkan bukti dukungan KTP masyarakat terhadap pencalonan mereka.

Kedua pasangan ini memiliki dua kesamaan asal daerah antara cagub dan cawagub yang berbeda. Jika Nasrul Abit berasal dari daerah pesisir bersama Cawagub Genius Umar, maka Cagub Fakhrizal dan Cawagub Indra Catri justru berasal dari daerah yang sama yakni Agam.

Sepertinya kedua pasangan ini akan menjanjikan pertarungan politik wilayah darek dan lauik secara tajam. Pada pilkada Sumbar lima tahun lalu, Nasrul Abit bersama Irwan Prayitno berhasil menumbangkan pasangan Cagub asal Padang Pariaman Muslim Kasim (almarhum) yang saat itu berpasangan dengan mantan Walikota Padang dua periode, DR Fauzi Bahar.

BACA JUGA :  Perang Strategi dan Taktik Tim Ahli

Pasangan kedua yang telah mengumumkan maju di Pilkada Sumbar adalah Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy. Tetapi kepastian maju pasangan ini baru diumumkan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sementara mitra koalisi partai pendukung Paslon ini yakni PKS, sampai saat ini belum juga mengumumkan dukungannya, meski satu calon PKS lainnya yakni Riza Palepi, walikota Payakumbuh sudah mengumumkan tidak akan maju di Pilkada Sumbar pada 2020 ini.

Jika pasangan Mahyeldi – Audy positif maju, maka jumlah calon dari Agam Bukittinggi bertambah menjadi tiga yakni Fakhrizal, Indra Catri dan Mahyeldi. Sementara Audy berasal dari Solok.

Saat ini masih tersisa satu pasangan calon lagi yang juga berasal dari kawasan Agam Bukittinggi yakni Mulyadi yang disebut sebut akan berpasangan dengan Adik Fikri, adik Irwan Prayitno, atau dengan Bupati Solok Gusmal dan atau dengan Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni.

Jika pasangan Mulyadi Cs gagal maju, maka satu pasangan canggih akan maju di Pilkada Sumbar yakni Ali Mukhni dan Fauzi Bahar. Hasil survey pasangan senior ini di kota Padang, kabarnya, berhasil mengungguli cagub Mahyeldi Ansharullah. Kemenangan itu dipicu sentimen positif Fauzi Bahar dan dukungan warga PKDP terhadap Ali Mukhni.

Sejak ditinggalkan Genius Umar yang maju bersama Fakhrizal, Ali Mukhni disebutkan aktif menggalang komunikasi dengan perantau Pariaman di seluruh kabupaten dan kota, termasuk di kota Padang. Faktor itulah yang kemudian mengangkat nama Ali Mukhni dan Fauzi Bahar pada survey di kota Padang tersebut.

NAIC, pasangan Ideal

Kabar telah ditetapkannya pasangan Nasrul Abit dan Indra Catri (NAIC) sebagai calon Partai Gerindra dengan cepat meluas sampai ke perantau Pesisir Selatan di Jakarta.

Seperti dikutip situs berita lokal Forum Sumbar.Com, Senin (22/6) Perantau Pessel di Jakarta, Okferiadi Rasyid Dt Rajo Nan Mudo menilai bahwa pasangan NAIC adalah paling ideal memimpin Sumbar ke depan.

Dia berpendapat, komitmen dan kontribusi keduanya dalam membangun Sumbar sudah tidak diragukan lagi. “Mereka telah menunjukkan karya dan sumbangsihnya untuk Sumbar, bukan sekadar coba-coba dan baru memulai,” ujar Okferiadi.

Apalagi, lanjutnya, dengan diusung oleh Partai Gerindra, sebagai partai pemenang Pemilu 2019 di Sumbar, ditambah lagi dengan pengaruh Prabowo masih sangat kuat di Sumbar maka sangat berpotensi memenangkan NAIC di Pilkada Sumbar.

Dan tak kalah penting adalah soliditas suara masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan (kampung Nasrul Abit ; Red), yang sudah teruji dalam setiap kontestasi politik di tingkat Sumbar.

“Pokoknya, pasangan Nasrul Abit – Indra Catri, dengan pengaruh Prabowo yang masih kuat dan soliditas suara Pessel sebagai basis suara, diyakini memenangkan Pilkada Sumbar,” tegas Okferiadi optimis.

(awe)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here