Perkumpulan Penulis SATUPENA Hadirkan Komaruddin Hidayat dalam Diskusi Buku Imajinasi Islam

  • Bagikan

JAKARTA – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi tentang buku Imajinasi Islam. Buku tebal ini berisi karya Prof Dr Komaruddin Hidayat, serta karya beberapa cendekiawan terkemuka lainnya.

Obrolan Hati Pena #107 tentang buku Imajinasi Islam itu akan berlangsung di Jakarta, Kamis 26 Oktober 2023, pukul 19.00-21.00 WIB.

Pembicara pada diskusi buku Imajinasi Islam itu adalah Prof Dr Komaruddin Hidayat, Rektor Universitas Islam International Indonesia (UIII).

Panitia webinar menyatakan, Komaruddin Hidayat adalah cendekiawan muslim yang amat produktif melahirkan karya-karya, yang mewarnai diskursus kecendekiawanan dan keislaman di tanah air.

Tulisannya tersebar di berbagai media, jurnal akademik dan buku. Tak heran, ia disebut sebagai intelektual penghubung. Penghubung lintas-pemikiran, lintas-agensi dan lintas-iman

Dari sisi pemeluk, umat Islam senantiasa bertambah dari tahun ke tahun dan kini mendekati 1,8 miliar. Namun perkembangan kuantitas ini tidak diiringi dengan perkembangan kualitas, terutama dari aspek sains, teknologi, dan ekonomi.

Ketika sains dan teknologi semakin agresif dan ekstensif menawarkan jasanya, untuk menyelesaikan berbagai problema yang dihadapi manusia, lalu apakah yang paling distingtif yang bisa diperankan agama?

Mengapa perkembangan kuantitas umat Islam itu tidak dibarengi oleh pertumbuhan yang menonjol dalam membangun peradaban, sebagaimana yang pernah dilakukan Islam pada abad pertengahan?

Bagaimana hubungan agama dan negara di masa depan? Bagaimana Islam menyongsong masa depan? Berbagai pertanyaan inilah yang menjadi fokus utama buku Imajinasi Islam.

Buku ini juga sebagai persembahan atas usia Mas Komar, panggilan akrab Komaruddin Hidayat, yang pada Oktober 2023 ini berusia 70 tahun.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https:// s.id/hatipena107.

Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena.

SIMAK JUGA :  Giat Hari Ini Tim Gabungan Pemenangan Ben-Ujang

Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.(K) ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *