Mao Ning: China akan Ajukan Proposal Perdamaian Menolak Pemindahan Paksa Warga Palestina Oleh Israel

  • Bagikan
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Mao Ning. (Antara)

HARIANINDONESIA.ID – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Mao Ning mengatakan, China akan mengajukan proposal perdamaian tentang Gaza yang berisi menolak pemindahan paksa warga Palesina oleh Israel.

“…melaksanakan sepenuhnya resolusi Dewan Keamanan dan Majelis Umum PBB yang relevan dan segera mencapai gencatan senjata,” kata Mao Ning ketika menyampaikan keterangan rutin kepada media di Beijing, China pada Selasa 21 November 2023.

“Sangat penting untuk mematuhi hukum internasional, khususnya hukum humaniter internasional dan China menentang pemindahan paksa dan relokasi warga sipil Palestina.”

Hal ini, kata Mao Ning, telah disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Wang Yi sewaktu menemui utusan Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Liga Arab yang berasal dari Indonesia, Arab Saudi, Yordania, Mesir, Palestina dan Sekjen OKI pada Senin untuk menggalang dukungan dari negara-negara anggota tetap Dewan Keamanan (DK PBB) agar gencatan senjata dapat dijalankan.

“Selama kunjungan bersama para menteri luar negeri Arab-Islam ke China, kami menguraikan proposal kami untuk mengatasi krisis saat ini di Gaza dan menyelesaikan masalah Palestina,” tambah Mao Ning.

Menurut Mao Ning, China dengan tegas berpendapat bahwa setiap aturan tentang nasib Palestina pada masa depan harus didasarkan pada persetujuan rakyat Palestina dan mengakomodasi kepentingan negara-negara kawasan.

“Jawaban akhir atas masalah Palestina terletak pada penerapan solusi dua negara,” ungkap Mao Ning.

Selain bertemu Menteri Liar Negeri Wang Yi, utusan OKI dan Liga Arab juga bertemu Wakil Presiden Han Zheng.

“Delegasi menjadikan China sebagai perhentian pertama mereka untuk mediasi internasional yang mencerminkan kepercayaan mereka terhadap China dan tradisi saling memahami dan mendukung antara kedua belah pihak,” ungkap Mao Ning.

Dalam pertemuan itu, Mao Ning menyebut China sebagai presiden bergilir Dewan Keamanan PBB pada November 2023 akan memperkuat koordinasi dengan negara-negara Arab dan Islam untuk mendorong tindakan DK PBB lebih bermakna terhadap situasi di Gaza.

SIMAK JUGA :  Pengaduan Pelayanan Publik Adalah Wujud Partisipasi Masyarakat

“Masalah Palestina adalah inti permasalahan Timur Tengah.”

China adalah salah satu anggota tetap Dewa Keamanan PBB bersama empat negara lainnya, yakni Amerika Serikat, Inggris, Rusia, dan Prancis.

Usai dari China, Menteri Luar Negeri OKI selanjutnya akan terbang ke Moskow untuk menggalang dukungan serupa.

Tank-tank Israel mengepung Rumah Sakit Indonesia di Gaza di mana sedikitnya 12 orang tewas dalam serangan Israel sejak Senin pagi waktu setempat. (K/Antara) ***

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *