SATUPENA Hadirkan Rosadi Jamani dalam Diskusi Tentang Etnisitas dan Identitas di Kalimantan Barat

  • Bagikan

JAKARTA – Perkumpulan Penulis Indonesia, SATUPENA, akan mengadakan diskusi bertema “Etnisitas dan Identitas: Peluang dan Tantangan di Kalimantan Barat.”

Etnisitas adalah bagian penting dari keberadaan manusia Indonesia.

Obrolan Hati Pena #74 tentang Etnisitas dan Identitas itu akan diadakan di Jakarta pada Kamis, 2 Februari 2023, pukul 19.00-21.00 WIB.

Yang akan berbicara Dr. Rosadi Jamani, dosen Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Kalimantan Barat. Diskusi Etnisitas dan Identitas itu akan dipandu oleh Swary Utami Dewi dan Karyani Tri Tialani.

Panitia webinar menyatakan, sejak dulu kala hingga hari ini, Indonesia didiami ribuan etnis dan subetnis, dari Sabang sampai Merauke. Baik yang lahir di Indonesia, maupun datang ke Indonesia untuk hidup bersama membangun Indonesia.

Mereka sudah turun temurun menjadi bagian penting dari Indonesia sejak zaman pra-kemerdekaan, kemerdekaan, dan pembangunan zaman kebudayaan digital sekarang ini.

Namun, etnisitas juga tidak semata dianggap masalah identitas pada kartu keluarga dan bahan survei statistik. Etnisitas menjadi entitas penting dalam dinamika lokal dan nasional Indonesia, terkait ekonomi, politik, hankam, bahkan singgungan antar-etnis.

Apakah etnisitas dan identitas menjadi berkah ataukah musibah? Bagaimana peran sastrawan dan peneliti, dalam upaya mengelola dinamika hubungan antar etnis, sehingga menjadi berkah bagi bangsa dan negara?

Bagaimana seharusnya sastra dan karya lainnya terlibat dalam usaha tersebut? Berbagai pertanyaan ini akan coba dijawab dalam webinar.

Webinar ini bisa diikuti di link zoom: https://s.id/hatipena74. Juga melalui livestreaming, Youtube Channel: Hati Pena TV. Facebook Channel: Perkumpulan Penulis Indonesia – Satupena. Disediakan sertifikat bagi yang membutuhkan.***

SIMAK JUGA :  Hari Ini, Sebanyak 19 Orang Terkonfirmasi Covid-19 Di Bartim dan Sembuh 20 Orang
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *