Pendapatan 2022 Hotel Balairung Naik 20,9 Persen Dibanding 2021, Didorong Paket Meeting

  • Bagikan

GUBERNUR Sumbar Mahyeldi atas nama pemegang saham Hotel Balairung menyimak laporan keuangan hotel yang disampaikan Direktur PT BCS Buchari Bachter pada RUPS tahunan 2022 di Hotel Balairung Jakarta, Rabu (17/5/2023). (Foto : Humas Hotel Balairung)

JAKARTA (Harianindonesia.id) – PT Balairung Citrajaya Sejahtera (BCS), pengelola Hotel Balairung Jakarta membukukan pendapatan tahun 2022 sebesar Rp15,5 miliar lebih, atau mengalami kenaikan sebesar 20,9 persen dibanding tahun 2021.

“Peningkatan pendapatan Hotel Balairung didorong oleh paket meeting yang frekuensi cukup besar selama tahun 2022,” ujar Direktur PT BCS Ir Buchari Bachter MT Datuak Paduko Malano dalam keterangan tertulisnya kepada Wartawan, Jumat (19/5/23).

Buchari Bachter memberikan penjelasan terkait dengan pelaksanaan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan PT BCS di Hotel Balairung, Rabu (17/5/2023).

RUPS juga dihadiri langsung Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah sebagai pemegang saham mayoritas atas nama Pemerintah Propinsi Sumatera Barat dan pesaham lain dari Pemkab dan Pemko Sumbar.

Dari hasil usaha pada tahun 2022, lanjut Buchari, perusahaan juga berhasil membagikan deviden bagi para pemegang saham dengan nilai total Rp650 juta.

Deviden tersebut, menurut Buchari berasal dari perolehan laba diluar beban penyusutan Rp1 miliar lebih. Beban penyusutan aset tetap dan amortisasi Hotel Balairung pada tahun 2022 mencapai Rp3,46 miliar, sehingga pada tahun 2022 Hotel Balairung masih mengalami rugi komprehensif sebesar Rp2,39 miliar atau naik 57% dibandingkan tahun sebelumnya.

Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah, saat menghadiri RUPS Hotel Balairung memahami permasalahan yang dihadapi manajemen.

Untuk mendorong membaiknya pendapatan perusahaan pada tahun selanjutnya, Mahyeldi akan mensupport meningkatkan occupancy dan pendapatan, salah satunya adalah mengimbau ASN Pemprop dan Kabupaten kota untuk menginap di Hotel Balairung.

SIMAK JUGA :  Diklatsar Brigade Hanura dan Uji Nyali

Selain itu, RUPS juga memutuskan memberikan harga promo bagi pemilik KTP Sumbar sebesar Rp400 ribu per malam untuk kamar superior, termasuk sarapan untuk dua orang.

Buchari optimistis pertumbuhan pendapatan perusahaan pada tahun 2023 akan relatif lebih baik, mengingat adanya dukungan dari Gubernur Sumbar untuk mendorong para ASN menginap di Hotel Balairung selama bertugas di Jakarta. (*)

Awaluddin Awe

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *