Pemkab Dharmasraya Sosialisasikan Tanda Tangan Digital

  • Bagikan

DHARMASRAYA, harianindonesia.id – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan sosialisasi Penerbitan dan Pemanfaatan Sertifikat Elektronik/Tanda Tangan Digital, bertempat di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Sumbar, Rabu (12/11).

Kegiatan yang menghadirkan narasumber dari Balai Sertifikasi Elektronik pada Badan Siber dan Sandi Negara RI itu diikuti oleh para Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian dan Camat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya.

Dilaksanakannya sosialisasi ini bertujuan untuk percepatan implementasi penyelenggaraan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik dalam hal pemenuhan aspek keamanan informasi serta menambah wawasan mengenai Sertifikat Elektronik yang akan berdampak pada meningkatnya pelayanan pada masyarakat.

Wakil Bupati Dharmasraya, H. Amrizal Dt. Rajo Medan saat membuka secara resmi kegiatan tersebut menyampaikan, sertifikat elektronik merupakan salah satu cara untuk mendukung keamanan data informasi pada sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Mengingat hal tersebut, kata wabup, Pemerintah Kabupaten Dharmasraya akan menerapkan dan menggunakan Sertifikat Elektronik berupa tanda tangan digital ke dalam sistem informasi yang dimiliki.

Tanda tangan digital yang akan diimplementasikan pada sistem informasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya merupakan persetujuan penandatanganan atas informasi dan/atau dokumen elektronik yang ditandatangani dengan tanda tangan digital tersebut.

Dengan pemanfaatan tanda tangan digital ini, maka para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dapat menandatangai dokumen atau naskah dinas secara elektronik di manapun dan kapanpun tanpa terbatas tempat dan waktu.

“Saya minta, semua peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Sehingga sepulang dari kegiatan saudara dapat mengimplementasikan dengan baik dan benar. Mengingat pentingnya arti keamanan informasi serta dampakna terhadap penyelenggaraan pemerintahan,” ujar wabup.

Wabup juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada narasumber dari Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia atas kesediaan dan partisipasinya untuk berbagi ilmu pada Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dalam acara sosialisasi ini. “Semoga kedepan dapat terjalin kerjasama yang lebih baik lagi,” pungkas wabup. (Eko/jen)

SIMAK JUGA :  Pawai Obor Sambut Tahun Baru Islam di Belawan
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *