Mentawai Tuan Rumah Sidang MPL-PGI 2024

  • Bagikan

Mentawai, harianindonesia.com

Kabupaten Kepualauan Mentawai jadi tuan rumah Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja Indonesia (MPL-PGI) 2024.

Sidang dilaksanakan selama 4 hari, 26-30 Januari 2024, yang dibuka oleh Ketua Umum PGI, Pdt. Gomar Gultom, Jumat (26/01/2024) di Gereja GKPM Mandiri Pniel, Tuapeijat, Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

 

Kita tidak ingin apabila di tahun politik ini identitas menjadi bagian dari percaturan politik atau yang biasa disebut dengan politik identitas. Kita harus bertekad untuk membangun agar kita dapat menjadikan tahun politik ini sebagai pesta rakyat.

Kemajemukan dan kasih persaudaraan di tengah tahun politik menuju Pemilu 2024 merupakan hal yang sangat penting.

Hal ini disampaikan Dirjend Politik Dan Pemerintahan, Togap Simangunsong saat memberikan kata sambutan.

 

“Mentawai aman dan kondusif dalam index dari kerawanan Pemilu tahun 2024 dengan melihat data bahwa wilayah Mentawai sangat aman terhadap perselisihan dari perbedaan pilihan dalam masyarakat,” imbuh Togap Simangunsong.

 

Di akhir sambutannya, Togap Simangunsong mengingatkan kepada seluruh peserta dan undangan untuk selalu bersatu dan bekerja bersama-sama.

 

“Diharapkan kepada semua komponen bangsa, semua warga bangsa, marilah kita maju bersama dengan bekerja bersama-sama,” pesan Dirjend Politik dan Pemerintahan mengakhiri kata sambutannya.

 

Turut hadir saat pembukaan, Pdt. Gomar Gultom didampingi Sekretaris Umum PGI, Jacklevyn F. Manuputty, dari Mitra PGI, Sekjen UEM, Volker Mathin Dally, Dirjen Politik dan Pemerintahan, Kemendagri, Togap Simangunsong, Direktur Urusan Agama Kementerian Agama RI, Dr. Amsal Yowei, Ketua PGIW Sumatera Barat, Uskup Padang, Mgr. Vitus Robianto Solichin, Kaban Kesbangpol Prov. Sumbar, Ephorus GKPM Pdt. Binsar Parlindungan Sababalat, Sekjend GKPM Pdt. Immerius Sakerebau, Pj. Bupati Kepulauan Mentawai, Fernando Jongguran Simanjuntak, Ketua dan anggota DPRD Kepulauan Mentawai, Forkopimda Kepulauan Mentawai, Pimpinan Sinode Gereja se-Indonesia, serta jemaat.

SIMAK JUGA :  Perindo Usung Pasangan Haidir Gunarto di Pilkada Mukomuko

 

Hadir juga sebagai peserta dan peninjau Sidang MPL-PGI dari Gereja Anggota, PGIW/SAG dan utusan lembaga mitra PGI, seperti PGIW DKI Jakarta, PGIW Jawa Barat, PGIW Jawa Tengah, PGIW Jawa Timur, PGIW Sumatera Utara, PGIW Kalimantan Selatan, PGIW Sulawesi Utara, PGIW Sulawesi Tengah, PGIW Sulawesi Selatan, PGIW Sulawesi Barat, PGIW NTT, PGIW Maluku, PGIW Papua, dan PGIW Sumatera Barat.

 

Sidang MPL-PGI merupakan agenda tahunan dengan Pikiran Pokok, Spiritualitas Keugaharian, “Membangun kehidupan yang demokratis dan berkeadilan serta politik yang bermoral dan beretika.”

 

Agenda sidang MPL-PGI tahun 2024 ini bertemakan, “Aku adalah yang awal dan yang akhir.”(J)

Penulis: JJEditor: Husein
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *