Legislator DPRD Ideham Berharap UMKM Mendorong Pertumbuhan Ekonomi di Barsel

  • Bagikan

Buntok – Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel), Kalimantan Tengah, Ideham berharap sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah setempat,

“Karena, sektor UMKM terbukti mampu membuka lapangan pekerjaan dan menyerap tenaga kerja disaat ekonomi sedang terpuruk,” ucapnya Jum’at (22/03/2024).

Ideham menerangkan, sektor UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia, karena dapat memberikan sumbangan yang signifikan, khususnya dalam pembentukan produk-produk lokal dan penyerapan tenaga kerja, serta dipercaya memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi, sehingga dapat menjadi penopang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian.

“Untuk itu kelompok UMKM perlu diberdayakan, karena pemberdayaan UMKM menjadi salah satu program prioritas nasional yang dapat membantu pemerintah dalam mengurangi jumlah pengangguran,” ujar Ketua Partai Amanat Nansional (PAN) Barsel itu.

Ia menuturkan, dengan perkembangan jaman sekarang kelompok UMKM harus mampu menyesuaikan diri dengan masuk ke pasar digital melalui platform niaga elektronik, karena peran digitalisasi bagi para pelaku UMKM sangat penting agar dapat menggerakkan roda prekonomian dan meningkatkan daya beli konsumen, serta kesejahteraan masyarakat.

“Sehingga sektor UMKM diharapkan dapat mendobrak pertumbuhan ekonomi dan mempercepat pemulihan ekonomi nasional,” terangnya.

Ia melanjutkan, sektor UMKM merupakan pilar penting dalam pembangunan ekonomi Indonesia yang terus didorong agar dapat naik kelas, sehingga bisa memberikan kontribusi lebih besar bagi perekonomian, dan menyerap tenaga kerja lebih banyak terutama di Kabupaten Barsel.

Lebih lanjut, pemerintah juga telah mengeluarkan berbagai bentuk kebijakan untuk meningkatkan akses pembiayaan bagi pelaku UMKM, seperti mempermudah pembayaran iuran jasa penjaminan, dan subsidi bunga dalam Kredit Usaha Rakyat (KUR), yang dananya bersumber dari lembaga keuangan pemerintah.

“Semoga dengan ekosistem pembiayaan yang terintegrasi, mulai dari program bantuan sosial sampai pembiayaan komersial lembaga keuangan, dapat mendorong lebih banyak kelompok UMKM terutama di Kabupaten yang bersemboyan Bumi Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini bisa naik kelas,” tutup Ideham. (VG)

SIMAK JUGA :  Tingkatkan Imtaq Brimobda Polda Banten Laksanakan Binrohtal
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *