oleh

Bupati Lampung Barat Serahkan Beasiswa Dalam Kegiatan GSMS 2020

Lampung Barat – Bupati Lampung Barat Hi.Parosil Mabsus memberikan beasiswa kepada 5 siswa/siswi jurusan seni budaya yang diterima di Universitas Lampung saat membuka Acara Pementasan Akhir Pembelajaran Program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Seniman Masuk Sekolah (GSMS).

Acara ini bertempat di Gor Aji Saka Kawasan Sekuting Terpadu Pekon Watas, Kecamatan Balik Bukit, Senin (30/11/2020).

Beasiswa yang diberikan itu terkhusus untuk siswa/siswi asal Lampung Barat yang merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Lampung Barat (Pemda Lambar) dalam menghidupkan seni budaya yang ada di Lambar.

Diketahui, kehadiran Bupati dan rombongan yang terdiri dari Staf Ahli, Assisten, Kepala Organisasi Perangkat Daearh (OPD) itu, disambut dengan Pencak Silat dan arak-arakan Budaya Lampung dari perwakilan Siswa/Siswi se-Lampung Barat.

Selanjutnya pada kesempatan itu, Bupati Parosil memberikan apresiasi kepada GSMS sebagai upaya pemerintah yang bersifat menyeluruh dengan melibatkan warga sekolah dan masyarakat dapat menyaring budaya asing yang mengikis moral generasi muda dengan memacu kapasitas seni budaya yang kaya dan beragam di Indonesia.

“Saya memberikan apresiasi setinggi-tingginya, karena Gerakan Seniman Masuk Sekolah ini merupakan salah satu program yang memberikan peluang dan kesempatan kepada seniman dan sekolah yang bersinergi untuk melatih seni budaya disekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK,” ungkapnya.

Bupati mengharapkan dengan adanya program GSMS itu dapat menghidupkan kembali kesenian atau budaya lokal di sekolah.

“Program GSMS ini untuk menjalin kerjasama yang bersinergi antara sekolah dengan para seniman, kemudian untuk menumbuhkan budaya sekolah yang sehat, menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan dan menguatkan karakter yang pada gilirannya akan membentuk dan membangun sikap kreatif, apresiatif dan inovatif bagi anak didik,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat, Bulki S.Pd., mengatakan bahwa setelah melalui proses undangan sosialisasi dan wawancara dari 97 Kabupaten/Kota dan Provinsi se Indonesia, maka terpilihlah Kabupaten Lampung Barat melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat bersama 15 Kabupaten Kota dan Provinsi lainnya untuk melaksanakan kegiatan Gerakan Seniman Masuk Sekolah dengan mendapatkan kuota Seniman berjumlah 20 orang Seniman dari 219 Seniman yang dibiayai oleh Kemendikbud RI.

“Sebelum melakukan pembelajaran ke sekolah-sekolah Seniman dan Asisten Seniman akan dibekali pengetahuan tentang pembuatan tutorial pembelajaran dan pelaporan secara online oleh Tim GSMS Kemendikbud RI,” pungkasnya. (KMFo/Iyan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed